Berita Utama

Inilah 5 Ciri Ciri Kanker Serviks Gejala Awal yang Perlu Diwaspadai

Serviks merupakan bagian yang vital dan bisa terkena kanker, ciri ciri kanker serviks gejala awal perlu diketahui. Dengan begitu, penyakit dapat dideteksi lebih dini dan penanganannya pun dapat dilakukan lebih dini sebelum terlambat.

Sel kanker yang menyerang serviks adalah satu dari beberapa jenis kanker yang cukup berbahaya bagi wanita. Bahkan kanker ini menduduki peringkat kedua dari beberapa kanker yang memiliki penderita paling banyak.

Ciri ciri Kanker Serviks Gejala Awal

Organ vital yang disebut serviks ini terletak di bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina. Seperti organ tubuh lain, serviks juga bisa ditumbuhi sel kanker, berikut ini 3 gejala yang bisa menjadi indikasi terjadinya kanker:

1. Keputihan Tidak Normal

Mengalami keputihan merupakan salah satu hal yang biasa terjadi dan sangat lumrah dialami oleh para wanita. Keputihan yang normal berwarna jernih serta transparan, biasanya cair dan lengket, terkadang tidak berbau dan terkadang berbau menyengat.

Sedangkan keputihan pada kanker serviks warnanya tidak biasa, baunya tidak sedap, tekstur dan konsistensinya juga berbeda. Keputihan tersebut disebabkan karena serpihan jaringan nekrotik dari serviks yang keluar dengan cairan tumor yang ada di dalam serviks.

2. Buang Air Kecil Lebih Banyak

Hal ini bisa terjadi karena sel kanker yang awalnya ada di leher rahim menyebar hingga ke saluran kemih. Tak hanya menjadi sering, pada beberapa kasus, penderita kanker serviks terkadang merasakan nyeri ketika buang air kecil.

Namun, gejala di atas bisa disebabkan oleh hal lain salah satunya mungkin adanya infeksi pada saluran kemih. Oleh karena itu, jika mendapatkan gejala tersebut, alangkah baiknya memeriksakan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan yang sebenarnya.

3. Pendarahan Tidak Normal pada Vagina

Pada wanita, yang pertama kali ada di pikiran mengenai keluarnya darah dari alat kelamin adalah menstruasi. Namun, jika darah tersebut keluar pada waktu yang bukan termasuk jadwal menstruasinya, maka perlu diwaspadai.

Darah wanita yang mengalami kanker serviks hampir mirip dengan darah menstruasi, yaitu coklat kehitaman dan berbau. Maka perlu diperhatikan apakah darah keluar pada periode menstruasi atau di luar tanggalnya, dan perhatikan pula gejala-gejala lainnya.

4. Panggul Sakit

Sakit pada panggul merupakan salah satu gejala dari penyakit kanker serviks, rasa sakit atau nyeri tersebut disebabkan adanya peradangan. Selain itu bisa jadi ada infeksi bakteri dari vagina yang menyebabkan peradangan dan membuat panggul sakit.

Radang pada panggul ini tidak seperti radang pada umumnya, sehingga kebanyakan orang yang mengalaminya sangat merasa kesakitan. Namun, mengalami sakit pada panggul bukan berarti pasti terkena kanker serviks, bisa jadi nyeri haid, atau adanya mioma.

5. Mudah Lelah

Hal ini bisa terjadi disebabkan darah yang keluar banyak dari vagina sehingga penderitanya akan kekurangan darah. Ketika seseorang kekurangan sel darah merah, ia akan menjadi mudah lelah karena suplai oksigen tidak memadai.

Oleh karena itu, jika sudah mulai terjadi pendarahan yang tidak wajar hingga menyebabkan anemia, harus diwaspadai. Pendarahan tidak wajar bisa menjadi gejala awal, jika dibiarkan terus menerus tubuh akan semakin banyak kehilangan sel darah merah.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Mengalami kanker serviks tentunya menjadi hal yang berat bagi para wanita yang mengidapnya dan ditakuti bagi yang tidak mengalaminya. Sebelum hal yang ditakuti tersebut terjadi, alangkah baiknya para wanita melakukan hal-hal berikut ini:

  • Vaksin HPV.
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan yang bisa mencegah kanker serviks.
  • Tidak merokok.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Melakukan hubungan seks yang tidak beresiko.
  • Melakukan pemeriksaan pap smear rutin.

Demikian artikel yang membahas tentang 4 hal yang merupakan ciri ciri kanker serviks gejala awal yang semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup yang sehat agar selalu selalu terhindar dari berbagai penyakit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button