Berita Utama

Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Operasi, Ternyata Mudah

Tidak jarang ada beberapa orang yang merasa ketakutan dengan pengobatan medis, terutama jika hal itu berhubungan dengan mata minus. Maka dari itu berikut ini akan dibahas cara mengurangi mata minus tanpa operasi yang bisa jadikan solusi, diantaranya:

1. Konsumsi Wortel

Sudah tidak asing lagi jika Wortel merupakan sejenis sayuran yang sering dijadikan solusi dalam mengatasi masalah mata minus. Kandungan beta-karoten untuk memproduksi vit A pada wortel sangat berguna dalam kesehatan mata.

Mengkonsumsi jus wortel 2 gelas sehari dalam kurung waktu 30 hari dapat membuat minus pada mata berkurang. Selain dijadikan jus, wortel juga dapat dikonsumsi secara langsung atau  digunakan cemilan, tentunya dalam keadaan sudah dicuci bersih terlebih dulu.

2. Konsumsi Tumbuhan Lidah Buaya

Mengonsumsi jus dari lidah buaya secara teratur selama tujuh hari dapat dipercaya mengurangi mata minus, dikarenakan kandungan nutrisi didalamnya. Terlebih lagi tumbuhan yang mudah hidup di alam tropis seperti Indonesia ini, tentunya tidak sulit dijumpai.

Tumbuhan yang disebut Aloe Vera ini juga memiliki kandungan beta-karoten untuk pembentukan Vit A yang merupakan antioksidan. Dimana hal itu mampu mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti minus/silinder.

3. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih juga bisa dipercaya menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah minus pada mata.  Hal itu dikarenakan daun sirih mempunyai kandungan minyak esensial kavikol yang dapat menghancurkan virus dan mempunyai peran antioksidan pada tubuh.

Beberapa cara mengurangi mata minus tanpa operasi dengan daun sirih, bisa dipraktekkan dengan menggunakan daunya yang sudah tercuci bersih pada air mengalir. Kemudian tempelkan pada kedua mata ketika menjelang tidur lalu biarkan sampai pagi hari.

4. Fokuskan Penglihatan Menggunakan Telunjuk

Selain menggunakan beberapa sayuran atau tumbuhan, mengurangi mata minus juga dapat dilakukan dengan adanya beberapa teknik. Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk juga dinilai mampu menjadi solusi mengurangi masalah minus pada mata.

Latihan ini dapat dilakukan dalam posisi diam dan tempatkan jari telunjuk kurang lebih 15 cm di depan hidung. Fokuskan pada telunjuk lalu alihkan fokus ke arah belakang telunjuk kemudian fokuskan kembali pada telunjuk, lakukan dengan melihat tanpa menggeser kepala.

5. Melakukan Senam Mata

Senam mata yang dimaksud disini yakni menggerakkan mata ke samping kanan/kiri begitu juga sebaliknya, lalu memutar dan berkedip. Selain dapat mengurangi minus, melakukan hal tersebut juga bertujuan membersihkan mata yang kotor akibat debu.

Dalam teknik ini juga dapat ditambahkan pijatan ringan pada kedua pelipis mata agar  mata lebih terasa rileks. Teknik melakukan senam mata ini dapat dilakukan pada waktu siang saat terasa capek dan malam sebelum tidur.

6. Lepaskan Kacamata Ketika Tidak Diperlukan

Seringnya menggunakan kacamata terkadang membuat tidak sadar bahwa hal itu menimbulkan rasa ketergantungan yang tentunya kurang baik terhadap mata. Terlalu sering fokus pada lensa membuat otot mata akan terasa kaku karena tidak dapat bergerak ke arah lainnya.

Maka dari itu berikan ruang pada mata untuk beristirahat dengan melepas kacamata apabila sudah tidak terlalu penting. Dengan otot mata yang rileks akan membantu mengurangi mata yang minus agar tidak semakin parah.

Pembahasan mengenai cara mengurangi mata minus tanpa operasi yang tersaji dapat dijadikan sebagai solusi.  Namun, Solusi-solusi diatas tentunya harus dilakukan secara rutin agar dapat membantu menyembuhkan mata minus sesuai yang diinginkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button