Berita Utama

Apa Penyebab Bronkitis? Begini Penjelasan Lengkapnya

Saat melihat orang di lingkungan sekitar mengalami bronkitis, pernahkan berfikir apa penyebab bronkitis? Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab dari penyakit bronkitis yang bisa terjadi pada siapa saja.

Penyakit bronkitis sendiri adalah penyakit dalam bentuk gangguan infeksi pada saluran udara utama di paru-paru. Bagian paru-paru yang dimaksud adalah bronkus yang bisa menyebabkan pernapasan menjadi meradang, berikut 7 penyebabnya:

1. Merokok

Seseorang yang merokok secara aktif maupun berada di sekitar perokok sebagai perokok pasif berisiko tinggi mengalami bronkitis. Faktanya, risiko lebih tinggi bisa terjadi pada wanita perokok jika dibandingkan dengan pria perokok.

Selain itu, risiko tinggi bronkitis karena merokok juga bisa terjadi pada orang tua yang sering terpapar asap rokok. Jawaban pertama untuk pertanyaan apa penyebab bronkitis? adalah merokok, baik pada wanita maupun pria.

2. Mengonsumsi Alkohol

Seseorang yang mengalami penyakit bronkitis juga bisa disebabkan oleh faktor lain, salah satunya dikarenakan efek minuman alkohol. Apalagi jika mengkonsumsinya secara berlebihan, akanĀ  berisiko lebih tinggi dalam menyebabkan penyakit bronkitis.

Alkohol bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit bronkitis dan secara umum dapat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Risiko juga akan semakin tinggi jika seseorang memanfaatkan minuman alkohol secara berlebihan dan membuatnya menjadi sakit pada paru-paru.

3. Status Sosial dan Ekonomi Rendah

Selain dua penyebab sebelumnya, faktor penyebab penyakit bronkitis juga bisa dikarenakan oleh status sosial ekonomi yang buruk. Jenis pekerjaan dan juga tingkat pendidikan seseorang juga dapat mempengaruhi risiko terkena bronkitis.

Seseorang dapat mengalami peningkatan risiko terkena penyakit bronkitis kronis dikarenakan oleh tingkat pendidikan yang rendah. Selain itu, dampak kemiskinan juga bisa mempengaruhi kualitas gizi yang bisa menyebabkan penyakit paru-paru seperti bronkitis.

4. Kekebalan Tubuh yang Lemah

Apa penyebab bronkitis? Salah satu jawabannya adalah dapat dipengaruhi oleh kondisi kekebalan tubuh yang kurang baik. Jika seseorang sedang mengalami penyakit pilek maupun penyakit lainnya yang bersifat kronis dapat memicu kekebalan tubuh yang buruk.

Beberapa kelompok umur seperti anak kecil, bayi dan orang lanjut usia juga berisiko tinggi mengalami infeksi, termasuk bronkitis. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik bisa membantu mengatasi masalah infeksi yang dapat menyebabkan bronkitis.

5. Kualitas Udara yang Buruk

Jika memiliki banyak aktivitas di lingkungan dengan kualitas udara buruk juga dapat memicu seseorang mengalami penyakit bronkitis. Misalnya ketika bekerja pada tekstil, pengolahan biji-bijian maupun jenis zat kimia berbahaya lainnya.

Salah satunya juga bisa disebabkan jika seseorang menghirup udara yang kurang baik seperti hidrogen sulfida. Beberapa ciri yang ditunjukkan seperti mengalami batuk, sesak napas, bahkan hingga adanya pendarahan pada bagian bronkial.

6. Mengalami Refluks Asam Lambung

Hal lain yang dapat menyebabkan penyakit bronkitis pada seseorang adalah adanya refluks asam lambung yang berbahaya. Kondisi refluks asam lambung ini berisiko membuat iritasi pada tenggorokan dan bisa membuat seseorang terkena bronkitis.

Jika asam lambung sudah masuk ke bagian saluran pernapasan, dapat menyebabkan penyakit GERD sebagai pemicu dari bronkitis. Seseorang yang mengalami GERD perlu segera mengkonsultasikan kepada dokter agar tidak berisiko lebih tinggi lagi.

7. Tidak Melakukan Vaksin

Pertanyaan terkait apa penyebab bronkitis? Bisa juga dikarenakan oleh seseorang yang tidak melaksanakan vaksin seharusnya. Seseorang perlu memperoleh vaksin flu tahunan secara rutin agar tidak terkena virus penyebab bronkitis.

Setiap orang bisa saja berisiko mengalami penyakit bronkitis sehingga perlu mengetahui berbagai penyebabnya yang mungkin. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka dapat seminimal mungkin tidak melakukan penyebab penyakit bronkitis tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button