Berita Utama

Kenali Ciri Sakit Batu Ginjal, Jangan Dibiarkan!

Waspada! Ketika mengetahui ciri sakit batu ginjal yang mudah dikenali. Seringkali seseorang menyepelekan apabila terjadi gangguan dalam kesehatan dan merasa dirinya baik-baik saja. Hal inilah yang bikin penyakit menjadi komplikasi.

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh garam dan mineral hingga memadat di dalam ginjal. Sehingga dapat mengganggu saluran urine dan menimbulkan rasa sakit apabila batu tersebut dengan ukuran yang besar.

Ciri Sakit Batu Ginjal

Apabila terjadi ciri-ciri yang menyerupai dan sakit yang tidak kunjung sembuh, lebih baik untuk konsultasi kepada dokter. Namun, jangan sampai self diagnose karena ini berbahaya.

Self diagnose akan menimbulkan penyakit baru akibat beban pikiran. Hal ini dapat memperburuk keadaan fisik hingga menimbulkan penyakit baru. Berikut ciri sakit batu ginjal:

1. Sakit Pada Bagian Punggung

Rasa nyeri di bagian punggung diakibatkan adanya kontraksi pada ureter untuk mengeluarkan batu yang ada di dalam ginjal. Rasa nyeri kerap muncul secara tiba-tiba dan dapat berdampak pula pada bagian perut atau pinggang.

Rasa sakit ini juga bisa dikarenakan adanya penyumbatan yang akan menimbulkan tekanan pada ginjal. Karena tekanan itu dapat memberi sinyal ke saraf otak akan rasa sakit.

2. Ketika Buang Air kecil Terasa Sakit

Rasa sakit ini disebut dengan disuria. Batu yang mengalir di saluran kemih menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Sakit yang diderita tergantung pada besarnya batu ketika urin keluar.

3. Urin Berbusa

Ketika muncul gejala ini perlu waspada. Jika warna urin keruh dan berbusa secara terus menerus, lebih baik konsultasi kepada dokter. Hal ini dikarenakan adanya serpihan batu ginjal, sehingga menginfeksi saluran kemih.

Bakteri yang terjadi karena infeksi, mengakibatkan urin berbau tidak sedap. Disarankan untuk tidak menunda buang air kecil ketika kebelet agar tidak terkena batu ginjal.

4. Mual atau Muntah

Menjadi salah satu gejala yang paling umum ketika diderita oleh penyakit batu ginjal. Mengapa demikian? Dikarenakan saraf terhubung dengan saluran pencernaan yang berefek dari batu ginjal.

Besarnya batu yang ada di dalam tubuh juga mempengaruhi saluran pencernaan. Sehingga, menimbulkan reaksi mual hingga muntah pada pasien.

Cara Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Dalam cara pengobatan penyakit ini tergantung seberapa besarnya batu yang ada di dalam. Namun, apabila terdapat gejala yang sudah mengganggu aktivitas, lebih baik lakukan hal dibawah ini:

1. Menjalani Pengobatan Medis

Terkadang orang merasa takut periksa ke medis. Akan tetapi, suatu penyakit yang di diamkan lama-lama lebih membahayakan. Menjalani pengobatan medis menjadi solusi terbaik yang dapat dilakukan.

2. Banyak Minum Air Putih

Apabila batu yang ada di dalam tubuh berukuran kecil, minum air putih dengan kadar 2-3 liter per hari menjadi salah satu solusi. Dengan minum air putih, endapan batu ginjal dapat terdorong melalui saluran kemih.

3. Meminum Obat Nyeri

Ketika mengalami gejala yang sangat mengganggu aktifitas, disarankan untuk meminum obat dengan kadar dosis anjuran dokter. Hal ini akan meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh batu ginjal.

4. Minum Obat Herbal

Obat herbal dapat menjadi alternatif lain. Herbal yang mengandung senyawa bioaktif laknoid dipercaya dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal. Apabila ragu, disarankan untuk konsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai ciri sakit batu ginjal serta cara mengatasinya. Mengenai gejala yang timbul, lantaran bisa dari gaya hidup yang tidak sehat hingga perokok bebas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button