Berita Utama

Berapa Lama Cedera Lutut Sembuh? Ini Jawaban dan Tips Mempercepat Penyembuhannya

Cedera lutut cukup sering dialami oleh orang yang melakukan kegiatan berat atau olahraga seperti para atlet basket, voli, dan lainnya. Pertanyaan yang cukup sering muncul saat mengalami cedera lutut adalah berapa lama cedera lutut sembuh dan bagaimana cara menyembuhkannya.

Cedera lutut sering kali menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman untuk dirasakan. Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami cedera lutut akan cenderung tidak mampu untuk bergerak karena rasa sakit yang dialaminya.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Cedera Lutut Sembuh?

Cedera lutut memiliki dua macam jenis, mulai dari cedera lutut ringan atau biasa dikenal dengan lutut yang terkilir dan cedera lutut berat atau ACL (Anterior Cruciate Ligament) yaitu ligamen lutut yang rusak atau robek.

Berapa lama cedera lutut sembuh dapat dilihat pada luka yang dialami karena setiap luka memiliki proses dan cara penyembuhan yang berbeda. Jika cedera itu adalah cedera lutut ringan maka waktu yang dibutuhkan untuk sembuh sekitar 2-4 minggu.

Sementara untuk cedera lutut berat atau ligamen yang robek dan membutuhkan operasi mungkin akan membutuhkan waktu kurang lebih 6 sampai 12 bulan setelah operasi untuk penyembuhan total. Cedera lutut ringan lebih cepat sembuh karena hanya ada pergeseran otot dan bukan robekan otot.

Tips Mempercepat Penyembuhan Cedera Lutut

Setelah mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk sembuh, maka sekarang adalah tips untuk mempercepat penyembuhannya.

Perlu diingat bahwa cedera lutut dapat sembuh dengan sendirinya hanya saja membutuhkan waktu dan berikut tips untuk mengoptimalkan atau mempercepat penyembuhan cedera lutut:

1. Mengurut Lutut yang Cedera

Tips yang pertama tentu saja sering dilakukan bahkan menjadi pengobatan pertama yang terpikirkan saat mengalami cedera lutut. Mengurut lutut yang cedera merupakan alternatif pertama yang dilakukan oleh semua orang. Akan tetapi apakah ini merupakan cara yang benar?

Mengurut lutut yang cedera memang memungkinkan untuk dilakukan, namun itu hanya dapat dilakukan pada cedera lutut ringan bukan untuk ligamen yang robek. Sementara untuk ligamen yang robek dapat melakukan pemeriksaan dan pengobatan sendiri oleh dokter.

2. Melakukan Aktivitas yang Tidak Menimbulkan Rasa Sakit

Pada saat mengalami cedera lutut rasa sakit yang dialami akan membuat tubuh tidak bisa bergerak dan memilih untuk diam agar rasa sakit pada lutut sedikit menghilang. Cara ini akan dilakukan oleh tubuh untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Akan tetapi, semakin banyak berdiam diri maka cedera lutut yang dialami akan semakin lama untuk sembuh. Semua cedera lutut ringan memiliki waktu penyembuhan yang sama, namun dapat dioptimalkan waktu penyembuhannya agar lebih cepat.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gerakan atau aktivitas yang tidak menimbulkan rasa sakit. Misal, saat berolahraga dan akan menekuk lutut timbul rasa sakit maka hentikan gerakan tersebut dan jangan dilakukan kembali.

Cukup lakukan gerakan olahraga yang tidak mengikutsertakan lutut, gerakan apa pun itu selagi tidak menimbulkan rasa sakit. Hal yang terpenting adalah tetap jaga tubuh untuk bergerak dan tidak berdiam diri.

Demikianlah penjelasan mengenai berapa lama cedera lutut sembuh dan tips untuk mempercepat penyembuhannya. Jika cedera yang dialami adalah cedera ringan, maka dapat melakukan tips di atas. Namun, jika itu adalah cedera ligamen yang robek maka lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button