Berita Utama

Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Anak Secara Alami

Biang keringat merupakan sebuah masalah kesehatan yang lazim dialami oleh anak. Agar tidak semakin parah, maka perlu tahu cara menghilangkan biang keringat pada anak. Hal ini karena kulit dari anak sendiri, terutama yang masih bayi masih cukup sensitif terhadap paparan dari berbagai macam benda.

Untuk menanganinya, banyak sekali cara menghilangkan biang keringat pada anak secara alami, namun tentunya tidak berbahaya untuk anak. Berikut adalah cara-cara yang bisa digunakan.

1. Mandi Air Dingin

Jadi dengan mandi dengan air dingin dapat meredakan biang keringat. Karena dapat membuka pori-pori sehingga dapat mengatasi biang keringat.

Namun tetap dipastikan setelah dimandikan dengan air dingin, tubuh anak langsung dikeringkan agar tidak menimbulkan iritasi.

2. Minum Air Putih dengan Cukup

Perlu diketahui minum air putih itu dapat membantu menjaga tubuh dari dehidrasi dan selalu terhidrasi. Selain itu juga menjaga suhu tubuh agar tetap dingin, sehingga anak tidak terkena biang keringat.

Jadi Air putih itu banyak manfaat khususnya bagi tubuh, jangan sampai anak kekurangan cairan. Untuk itu cukupi kebutuhan untuk air putih dengan meminum minimal delapan gelas setiap hari.

3. Oatmeal

Cara menghilangkan biang keringat secara alami selanjutnya adalah menggunakan oatmeal. Ini karena oatmeal bermanfaat dapat mengobati gatal, ruam, dan radang pada tubuh.

Cara mengolahnya yaitu dengan memasukkan satu atau dua cangkir oatmeal yang dimasukkan ke dalam air hangat. Kemudian air tersebut digunakan untuk mandi dengan cara berendam selama kira-kira 20 menit.

4. Daun Mimba

Terdapat beberapa penelitian dari berbagai ahli yang mengatakan bahwa daun mimba memiliki sifat yang baik yaitu anti radang serta bakteri, serta mampu mengobati biang keringat.

Cara menggunakannya yaitu dengan cara menumbuk daun mimba hancur halus, dan dicampurkan dengan air sedikit saja. Setelah tercampur maka oleskan daun mimba tadi pada kulit yang mengalami biang keringat. Bersihkan daun mimba hingga bersih menggunakan air, namun sebelum itu pastikan telah kering beberapa menit.

5. Lidah Buaya

Lalu cara menggunakan lidah buaya sebagai cara mengatasi biang keringat dengan mencampurkannya dengan air mawar. Kedua bahan ini cukup mudah untuk ditemukan, yaitu bisa ditemukan di supermarket terdekat.

6. Lemon

Untuk mengatasi biang keringat selanjutnya dapat menggunakan lemon. Lemon dipercaya dapat mengontrol minyak dan keringat yang berlebih, yang menjadi penyebab biang keringat.

Cara mengolahnya yaitu dengan mencampur perasan lemon dengan air, setelah itu oleskan di kulit yang terkena biang keringat.

7. Cendana

Belum banyak diketahui, ternyata cendana dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi biang keringat yang muncul pada anak.

Cara mengolahnya yaitu menggunakan bubuk cendana yang dicampurkan dengan air mawar, sama halnya dengan lemon. Kemudian mengoleskannya pada tubuh yang mengalami biang keringat.

8. Salep Hidrokortison

Merupakan sebuah produk yang bisa langsung digunakan untuk mengobati ruam akibat biang keringat pada anak. Tentunya dosis yang digunakan untuk salep Hidrokortison ini adalah salep dengan dosis rendah, yang aman untuk anak.

Obat salep akan meredakan ruam, radang, dan gatal akibat biang keringat. Namun perlu diperhatikan untuk salep Hidrokortison ini memerlukan resep dari dokter.

9. Kentang

Kentang juga dapat digunakan untuk mengobati biang keringat karena dapat mengurangi radang pada kulit yang muncul akibat biang keringat.

Caranya yaitu dengan mendinginkan kentang terlebih dahulu, kemudian diiris-iris, setelah itu gosokkan secara merata pada bagian kulit yang mengalami biang keringat.

Itulah cara menghilangkan biang keringat pada anak secara alami. Sangat banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan sebagai metode dalam mengatasi biang keringat pada anak. Semuanya dikembalikan kepada orang tua ingin menggunakan cara apa untuk menghilangkan biang keringat yang ada pada anak tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button