Berita Utama

Cara Cepat Menyembuhkan Bisul di Dubur dengan Tepat

Bisul merupakan sebuah masalah kesehatan berupa yang cukup mengganggu penderitanya, karena dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Bisul juga dapat tumbuh di area sekitar dubur, Cara cepat menyembuhkan bisul di dubur dengan tepat perlu diketahui agar tidak terjadi komplikasi.

Penyebab dari timbulnya bisul di bagian tubuh sangat beragam, oleh karena itu langkah penanganan perlu dilakukan secara tepat dan cermat agar bisul tidak semakin besar dan dapat kempes, Berikut ini ulasan terkait penyebab bisul dan cara menyembuhkannya.

Penyebab Bisul di Dubur

Bisul dapat timbul akibat bakteri yang menyerang, yaitu bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini akan terus menumpuk pada area kulit bagian bokong, terlihat seperti sel kulit yang telah mati disertai nanah.

Akibat bakteri yang terus-menerus menumpuk karena jarang dibersihkan, maka akan menimbulkan peradangan di sekitar kulit.

Awalnya akan terlihat seperti kemerahan, lalu bermanifestasi menjadi sebuah benjolan yang mengeluarkan cairan, dan nyeri.

Ini Cara Menyembuhkannya

Perlu cara cepat menyembuhkan bisul di dubur dengan tepat, agar tidak semakin mengganggu dalam beraktivitas, berikut adalah upaya yang bisa dilakukan:

1. Kompres Air Hangat

Cara yang terbilang mudah dan sederhana, namun cukup ampuh dalam menyembuhkan bisul. Kompres air hangat ternyata dapat mengeluarkan cairan yang terdapat di dalam bisul, sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Untuk caranya, cukup siapkan sebuah lap bersih beserta air hangat, kompres kan pada kulit bagian bokong yang mengalami bisul selama 10 menit sampai 15 menit. Perlu pengulangan 3 atau 4 kali sehari.

2. Gunakan Antibiotik

Antibiotik sering digunakan untuk permasalahan yang berhubungan dengan infeksi bakteri, bisul salah satunya, Oleh karena itu antibiotik dapat digunakan sebagai cara cepat menyembuhkan bisul di dubur dengan tepat.

Antibiotik yang digunakan tidak selalu dalam obat namun ada juga yang salep. Akan tetapi, penggunaan antibiotik tidak bisa sembarangan, harus berdasarkan resep dokter agar tidak salah dosis, dan ampuh membunuh bakteri penyebab bisul.

3. Tidak Memencet dan Memecahkan Bisul

Biasanya bisul dapat sembuh dan mengeluarkan cairan dengan sendirinya. Namun masih banyak orang-orang yang salah tindakan, padahal tidak disarankan untuk memencet apalagi memecahkannya sendiri.

Justru berbahaya jika ditekan karena akan memperparah bisul akibat terlalu sering disentuh. Apabila bisul pecah dengan sendirinya, maka bisa dilapisi dengan kain steril agar terhindar dari kontaminasi.

4. Menjaga Area Bisul Tetap Kering dan Bersih

Area sekitar dubur adalah area yang lembab dan sering basah karena cebok BAK atau BAB. Sangat perlu diantisipasi agar hal tersebut tidak membuat bakteri semakin berkembang biak, dan memperparah bisul.

Cara yang bisa dilakukan yaitu selalu mengeringkan area dubur setelah BAK atau BAB, serta rutin membersihkan area sekitar bisul agar tetap steril. Gunakan handuk atau lap bersih, dan ganti pakaian dalam 2 kali sehari.

5. Tindakan Bedah

Cara ini dilakukan apabila bisul di bagian dubur dalam kondisi yang cukup parah, dan mengganggu kesehatan tubuh. Dan langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil,

Langkah ini hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional dokter, yaitu dengan membuat sebuah sayatan di bagian dubur yang bisul kemudian mengangkat bisul dengan mengeluarkan cairannya.

Itulah beberapa cepat menyembuhkan bisul di dubur dengan tepat yang bisa dilakukan apabila mengalami bisul. Kunci pentingnya agar selalu menjaga kebersihan area bisul agar tetap steril dan mempercepat penyembuhan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button