Berita Utama

Cara menjaga kebersihan Vagina Agar Tetap Bersih dan Sehat

Bagi setiap wanita mengetahui tentang cara menjaga kebersihan vagina yang tepat merupakan sebuah keharusan. Hal itu dikarenakan vagina termasuk salah satu bagian organ tubuh wanita yang sangat sensitif dan sangat mudah terinfeksi.

Terdapat kekeliruan dalam menjaga kebersihan vagina bagi beberapa orang. Menjaga kebersihan vagina sebenarnya tidak perlu menggunakan sabun khusus karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam vagina. Berikut ini beberapa cara menjaga kebersihan vagina yang tepat:

1. Membersihkan Vagina Secara Teratur

Vagina perlu dicuci atau dibersihkan secara teratur setidaknya sekali sehari menggunakan air. Hindari penggunaan sabun yang memiliki kandungan bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit sensitif pada sekitar area vagina.

2. Menggunakan Pakaian Dalam yang Bersih

Pakaian dalam harus diganti setiap hari supaya bakteri tidak menumpuk dalam vagina yang dapat menyebabkan infeksi. Bahan pakaian dalam yang baik digunakan yaitu yang berbahan katun sejuk. Sebaiknya menghindari pakaian dalam berbahan katun seperti nilon atau spandek.

3. Rajin Mengganti Pembalut Saat Menstruasi

Saat menstruasi sebaiknya sering mengganti pembalut minimal setiap 3-4 jam sekali. Pasalnya, saat menstruasi pertumbuhan bakteri dalam vagina dapat lebih cepat apabila vagina dalam kondisi lembab. Hal ini berlaku juga pada penggunaan tampon atau menstrual cup.

4. Tidak Menggosok Vagina dengan Handuk

Vagina merupakan area yang sangat sensitif sehingga tidak disarankan untuk menggosokkannya menggunakan handuk. Hal ini dikarenakan dapat membuat vagina mengalami iritasi. Untuk mengeringkan vagina cukup dengan menempelkan handuk hingga benar-benar kering.

5. Tidak Menggunakan Panty Liner Bila Memungkinkan

Sering menggunakan panty liner dapat meningkatkan resiko infeksi pada vagina karena area intim menjadi hangat dan lembab. Apabila vagina lembab dapat mendukung bakteri untuk lebih cepat tumbuh. Apabila memang harus menggunakan panty liner sebaiknya ganti seserig mungkin.

6. Usahakan Vagina Tetap Kering

Cara selanjutnya adalah jaga area vagina untuk selalu tetap dalam kondisi kering. Seringlah mengganti pakaian basah setelah berenang ataupun berolahraga. Apabila menggunakan pakaian basah terlalu lama dapat membuat vagina menjadi lebih lembab dan dapat mengiritasi kulit.

7. Kurangi Penggunaan Produk Kewanitaan

Menggunakan banyak produk kewanitaan tidak menjamin selalu dapat membuat vagina menjadi bersih. Bahkan sebenarnya vagina cukup dibersihkan dengan air bersih saja. Karena vagina sebenarnya termasuk dalam organ tubuh yang dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami.

8. Jaga Kebersihan Tangan

Cara menjaga kebersihan vagina selanjutnya adalah membersihkan vagina dengan tangan yang bersih. Tangan yang kotor akan membawa bakteri masuk ke vagina sehingga dapat mengiritasi dan menginfeksi vagina. Hal itu sangat berbahaya bagi Kesehatan vagina.

9. Hindari Mencukur Habis Rambut Kemaluan

Rambut yang berada pada sekitar daerah kemaluan berfungsi untuk melindungi vagina dari paparan bakteri yang dapat mempengaruhi kondisi vagina. Maka dari itu, tidak disarankan untuk mencukur habis rambut kemaluan untuk menjaga kesehatan vagina.

10. Membasuh Vagina dengan Tepat

Ternyata terdapat cara khusus untuk membasuh vagina. Cara yang tepat membasuh vagina yaitu membasuhnya dari arah depan ke belakang. Dengan cara membasuh seperti itu bakteri yang terdapat dalam anus tidak masuk ke vagina sehingga vagina tetap bersih.

Nah, beberapa cara menjaga kebersihan vagina di atas dapat dilakukan agar vagina selalu berada dalam kondisi bersih. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan seluruh tubuh dan menjaga pola makan untuk meningkatkan kesehatan daerah vagina.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button