Berita Utama

Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain Alami Tak Harus Pakai Obat

Migrain adalah sakit kepala yang hanya terasa pada salah satu bagian kepala saja, bisa bagian kiri ataupun kanan. Meskipun hanya sebagian saja, namun membuat tidak nyaman. Dengan begitu, dibutuhkan cara mengatasi sakit kepala Migrain agar tidak kambuh kembali.

Pada umumnya penderita Migrain langsung minum obat agar sakit kepalanya reda. Namun, akan lebih disarankan untuk tidak langsung menggunakan obat karena Migrain masih bisa diatasi dengan alami tanpa harus pakai obat. Beberapa caranya antara lain:

1. Kompres Dahi Dingin Ataupun Hangat

Cara mengatasi sakit kepala Migrain sering dilakukan dengan mengompress dahi baik hangat ataupun dingin. Pilihan compress untuk dahi disesuaikan dengan kenyamanan penderita sakit kepala Migrain ini sendiri. Bisa pula disesuaikan dengan kebiasaan penderita ketika mengalami Migrain.

Meskipun bebas memilih antara kompres dingin atau hangat yang akan digunakan untuk meredakan sakit kepala Migrain, namun kompres dingin lebih sering dipilih. Orang yang terkena sakit kepala Migrain lebih sering memilih menggunakan kantong berisi es.

2. Olahraga Yoga Atau Meditasi

Meditasi atau Yoga bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat meredakan sakit kepala Migrain. Hal ini dikarenakan ketika melakukan olahraga Yoga atau meditasi tubuh akan mendapatkan ketenangan, sehingga sakit kepala Migrain juga dapat mereda.

Sakit kepala Migrain dapat mereda dengan menenangkan tubuh dan pikiran karena Migrain bisa terjadi disebabkan oleh banyaknya hal yang memenuhi pikiran. Ketika kepala sudah sangat lelah memikirkannya maka kepala akan terasa sakit atau nyeri.

3. Gunakan Aromaterapi

Tidak hanya olahraga Yoga saja yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Ada cara sederhana lainnya untuk membuat tubuh lebih rileks dan mengatasi sakit kepala Migrain yaitu dengan menghirup Aromaterapi yang wanginya menenangkan untuk tubuh.

Banyaknya jenis Aromaterapi yang tersebar di pasaran akan membuat penderita Migrain dapat lebih memilih aroma yang paling nyaman untuk dihirup ketika sedang Migrain. Dengan demikian, ketika Migrain kembali terasa bisa cepat diatasi dengan Aromaterapi.

4. Lakukan Pijatan Akupresure

Cara mengatasi sakit kepala Migrain yang tidak kalah cepat dan ampuhnya juga bisa dilakukan dengan melakukan pijatan Akupresure. Pijatan Akupresure dilakukan dengan menekan titik tertentu pada tubuh untuk meredakan rasa sakit pada tubuh.

Mengatasi sakit kepala Migrain dengan pijatan Akupresure bahkan sudah diakui ampuh oleh banyak ahli kesehatan. Cara ini juga sangat gampang untuk dipraktikkan di rumah ketika terasa sakit kepala Migrain yang hadir secara tiba-tiba.

5. Minum Minuman Jahe Hangat

Tidak hanya pijatan Akupresure, minuman jahe hangat untuk meredakan sakit kepala Migrain juga diakui ampuh oleh pendapat ahli. Hal tersebut tidak mengherankan karena memang jahe banyak dipakai untuk berbagai masalah kesehatan.

Minuman jahe ampuh untuk meredakan sakit kepala Migrain karena kandungannya yaitu senyawa antioksidan serta antiinflamasi. Meminum minuman jahe hangat juga akan membuat anggota tubuh terasa lebih hangat dan nyaman.

6. Tidur Cukup Dan Teratur

Sakit kepala baik Migrain atau yang lainnya juga bisa terjadi disebabkan karena kurangnya tidur atau tidur yang tidak teratur. Dengan demikian, tidur yang cukup dan teratur akan menghindarkan dari sakit kepala Migrain.

Jika sakit kepala Migrain muncul ketika tidur sedang tidak teratur atau kurang tidur maka hendaknya melakukan istirahat terlebih dahulu untuk beberapa waktu. Setelah itu, usahakan untuk selalu tidur dengan teratur agar Migrain tidak kembali lagi.

Demikianlah uraian tentang beberapa cara mengatasi sakit kepala Migrain dengan alami tanpa harus pakai obat. Dengan menggunakan cara yang alami sebagaimana telah dijelaskan tersebut akan menghindari diri dari ketergantungan terhadap obat sakit kepala.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button