Berita Utama

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Jerawat Agar Tidak Meradang

Memiliki wajah yang mulus, sehat dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang dapat menghindar dari adanya jerawat. Untuk itu perlu merawat, dengan mengkonsumsi makanan yang harus dihindari saat jerawat seperti berikut.

1. Fast Food

Salah satu makanan yang kerap menjadi favorit, namun menjadi penyebab timbulnya jerawat yakni makanan fast food. Ada banyak jenis makanan cepat saji atau fast food ini yakni nugget, kentang goreng, burger, soda, milkshake dan lainnya.

Telah diketahui sejak lama bahwa fast food disinyalir menjadi penyebab datangnya jerawat. Namun, tentunya tidak semua fast food memiliki kandungan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Hal ini perlu dilakukan penelitian, yang terpenting adalah tidak memakan makanan fast food yang memang mengandung seperti minyak, lemak berlebih, mengandung soda atau alkohol.  Dimana, hal tersebutlah yang membuat jerawat timbul.

2. Makanan yang Mengandung Alkohol

Berikutnya, makanan yang harus dihindari saat jerawat adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol. Perlu diketahui, bahwa alkohol ini dapat meningkatkan produksi urine. Hal ini akan membuat tubuh semakin cepat kehilangan cairan serta tubuh akan terasa lebih kering.

Ketika kulit kering, maka tubuh akan dapat menghasilkan banyak minyak untuk menghilangkan kekeringan yang terjadi. Dengan pengeluaran minyak yang berlebihan, jika tidak dirawat dengan baik, maka bisa tersumbat di pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Untuk itu, sebaiknya hindari asupan alkohol agar kulit lebih sehat. Selain itu, bisa menjaga kesehatan tubuh pula.

3. Makanan yang Berminyak dan Tinggi Garam

Bagi yang sering mengkonsumsi banyak makanan berminyak, maka sebaiknya kurangi jika ingin jerawat tidak tumbuh kembali. Pasalnya, makanan yang berminyak serta tinggi garam menjadi alasan banyak timbul jerawat.

Hal ini karena makanan berminyak memiliki kandungan seperti lemak jenuh, trans, serta minyak yang sudah dehidrogenasi. Nantinya, jika dikonsumsi lemak-lemak tersebut akan menumpuk pada sel tubuh.

Kemudian, akan menyumbat di pori-pori wajah, yang akan menimbulkan adanya jerawat serta komedo. Makanan berminyak serta tinggi garam biasanya ada di goreng-gorengan, dan lainnya.

4. Makanan yang Mengandung Gluten

Berikutnya, makanan yang harus dihindari saat berjerawat adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi. Biasanya gluten tinggi ada pada makanan seperti pasta, gandum, sereal, roti serta tepung terigu.

Makanan tersebut akan menyebabkan adanya masalah di pencernaan, peradangan serta gula darah meningkat. Mengapa makanan mengandung gluten perlu dihindari saat jerawat? Sebab akan membuat produksi minyak bertambah.

Dengan begitu, minyak berlebih akan bisa menyumbat pori-pori, sehingga timbul bakteri di wajah. Hal inilah yang membuat jerawat bisa timbul lebih banyak. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang ada glutennya.

5. Makanan dengan Tinggi Gula

Sebagian orang mungkin akan menyukai makanan manis, yang sekarang ada bermacam-macam. Namun, bagi yang ingin menghindari adanya timbul jerawat di wajah, sebaiknya hindari makanan dengan tinggi gula.

Hal ini dikarenakan, makanan tinggi gula bisa memicu hormone yang akan membuat timbul jerawat. Bahkan kandungan gula yang terlalu banyak akan bisa merusak kolagen serta serat elastin.

Dengan begitu, akan membuat sel-sel kulit yang sudah mati serta kotoran akan menimbun. Hal inilah yang akan memicu timbulnya jerawat dengan mudah.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat jerawat. Tentunya, mengonsumsi makanan yang sehat dan rajin merawat akan mampu melindungi kulit dari jerawat. Selain itu, lakukan pembersihan wajah secara rutin agar tak ada kotoran yang menimbun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button