Berita Utama

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat Secara Maksimal

Saat wajah sudah pernah berjerawat, maka pori-porinya akan membesar. Jika terganggu dengan hal tersebut, maka harus paham cara mengecilkan pori pori bekas jerawat secara maksimal. Melalui proses yang tepat, maka pori-pori akan mengecil.

Setidaknya ada lima cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Setiap penjelasan akan diberikan secara menyeluruh agar mudah dipahami, yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan Es Batu

Pilihan cara pertama dan yang paling mudah adalah menggunakan es batu. Karena es batu memiliki sifat dingin, maka saat diaplikasikan bisa meredakan pori-pori dan menutupnya. Proses ini bisa memberikan hasil yang sangat cepat.

Untuk melakukannya, bungkus saja es batu dengan handuk atau kain yang halus. Setelah itu, tempelkan bungkusan es batu ke wajah. Lakukan proses ini secara merata di wajah sampai 15 menit dalam batas maksimal.

Jika wajah sudah tidak kuat sebelum 15 menit, maka sudahi prosesnya. Hal yang terpenting adalah melakukan proses ini secara konsisten. Apabila prosesnya dilakukan setiap hari, maka lama kelamaan hasilnya akan baik.

2. Gunakan Bahan Alami untuk Masker

Kemudian cara lain yang bisa dilakukan adalah memakai bahan alami untuk masker. Meski sekarang ada banyak masker wajah yang bisa langsung dibeli, namun jenis yang alami akan memberikan hasil yang lebih baik.

Ada banyak bahan yang bisa dipakai masker. Seperti air rendaman beras, kopi, lemon, pepaya, kentang, bengkoang, kulit jeruk, alpukat, dan beberapa bahan lain. Jika bahan-bahan tersebut dipakai, maka bisa jadi hasilnya akan baik untuk wajah.

Proses pemanfaatan bahan alami untuk masker ini juga harus dilakukan secara konsisten. Hasilnya memang tidak akan terlihat secara instan. Namun jika prosesnya konsisten, maka hasilnya akan terlihat dalam waktu yang lebih cepat.

3. Pilih Produk Kecantikan Berbahan Ringan

Cara mengecilkan pori pori bekas jerawat selanjutnya adalah dengan memakai produk kecantikan berbahan ringan. Saat memilih produk kecantikan, prosesnya harus dilakukan secara hati-hati dan lebih selektif.

Apabila kandungan bahan dalam produknya terlalu berat, maka pori-pori tidak akan mereda dan justru bisa memancing jerawat yang baru. Oleh karenanya, pilih produk berdasarkan kandungannya agar pori-pori tidak tertutup.

Misal dalam memilih foundation, pastikan untuk menggunakan produk dengan bahan air yang cukup banyak. Atau jika ingin aman, ganti dengan CC cream atau cushion yang ringan. Hal ini juga berlaku untuk produk kecantikan lainnya.

4. Pakai Pelembab

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembab sebelum memakai make up. Banyak orang yang menghindari pelembab saat memiliki wajah berminyak agar pori-pori tidak tertutup. Padahal, pelembab ini tetap harus dipakai.

Hanya saja, pemilihan pelembabnya harus dilakukan secara tepat dan jangan sampai salah. Untuk meredakan pori-pori bekas jerawat, maka pilih pelembab yang bahan utamanya lidah buaya. Biasanya, produk seperti ini akan cocok untuk dimanfaatkan.

Saat pelembab rutin dipakai, maka kulit wajah menjadi lebih sehat dan pori-pori bekas jerawat bisa mengecil. Oleh karenanya, jangan pernah tinggalkan pelembab karena bisa memberi dampak buruk untuk wajah.

5. Gunakan Sunscreen

Proses menyamarkan pori-pori bekas jerawat juga bisa dilakukan dengan menggunakan sunscreen. Dengan penggunaan sunscreen ini, maka masalah negatif pada kulit juga bisa dihindari dengan lebih baik saat usia semakin bertambah.

Semua cara mengecilkan pori pori bekas jerawat tersebut bisa dijadikan pedoman. Ikuti saja prosesnya satu per satu sampai selesai. Jika prosesnya diikuti dengan baik, maka pori-pori bekas jerawat yang ada di wajah bisa mereda dan mengecil.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button