Berita Utama

Penyebab Lidah Sariawan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Sebagian orang belum mengetahui apa penyebab lidah sariawan terlihat di area mulut yang lunak ini. Untuk mengunyah makanan dan berbicara pun sulit karena adanya rasa sakit. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi memang membuat rasa tidak nyaman.

Tidak banyak yang tahu, sariawan rupanya bisa mengganggu selaput mulut yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, penyebab sariawan di lidah ini perlu dikenali. Sebagai upaya penting untuk mencegah sariawan di lidah datang kembali.

Apa Saja Penyebab Lidah Sariawan?

Sariawan merupakan penyakit yang dapat terjadi pada mulut dan cukup menyakitkan. Daerah mulut tempat sariawan biasanya ditemukan di bibir, bagian dalam pipi, lidah, dan permukaan gusi. Kondisi ini seringkali terlihat dalam bentuk luka di permukaan kulit di dalam rongga mulut gusi.

Sariawan bisa berukuran besar atau kecil dan biasanya berwarna keputihan atau agak merah. Begitu juga, saat mengalami sariawan di lidah. Berikut ini penyebab lidah sariawan yang perlu diketahui, antara lain:

1. Adanya Luka Pada Lidah

Mungkin sebagian orang pernah mengalami lidah tergigit secara tidak sengaja saat mengunyah makanan. Akibat dari gigitan yang tidak sengaja ini bisa menimbulkan luka ringan yang pada akhirnya akan berkembang menjadi sariawan.

Tidak hanya karena gigitan tidak sengaja, luka di lidah bisa terjadi ketika menyikat gigi terlalu keras hingga menyebabkan luka dan sariawan. Seseorang yang memakai kawat gigi juga rentan mengalami sariawan di lidah yang disebabkan saat menyikat gigi terlalu keras.

2. Adanya Jamur Berlebih di Mulut

Salah satu penyebab sariawan di mulut, termasuk pada bagian lidah yang umum yaitu karena pertumbuhan jamur Candida albicans yang berlebihan.

Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, bakteri menguntungkan yang ada di dalam tubuh akan membantu menjaga jamur Candida albicans terkendali.

Namun, ketika sistem kekebalan tubuh seseorang sedang terganggu atau keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh terganggu, jamur tersebut bisa berkembang di luar kendali. Hal ini yang akhirnya menyebabkan orang sedang sakit rentan terkena sariawan di lidah.

3. Faktor Makanan Tertentu

Lidah bisa mengalami iritasi ketika mengonsumsi makanan tertentu yang ternyata membuatnya lebih sensitif. Contohnya yaitu makanan pedas dan asam.

Selain itu, makanan atau minuman yang terlalu panas juga bisa membuat lidah iritasi hingga berakibat pada sariawan tersebut.

Makanan jenis ini juga bisa memperparah gejala sariawan. Untuk itu, sebaiknya berhati-hati saat sedang mengonsumsi jenis makanan tertentu dan pastikan tidak mengonsumsi makanan yang terlalu panas.

4. Perubahan Hormonal

Bagi beberapa wanita, kondisi yang berkaitan dengan perubahan hormon ternyata dapat menyebabkan sariawan di lidah. Misalnya, menjelang menstruasi atau terjadi pada masa kehamilan.

Dipercaya bahwa kadar progesteron yang tinggi membuat jaringan mukosa mulut membengkak, sehingga memicu pertumbuhan bakteri berbahaya dan mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh.

5. Terjadinya Kekeringan di Mulut

Tanpa disadari, saat mulut kering kuman dan bakteri penyebab sariawan tumbuh dan berkembang biak. Mulut kering juga bisa menyebabkan sariawan. Air liur berperan penting dalam menjaga kelembapan mulut.

Pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali ini membuat mulut rentan terhadap infeksi dan menimbulkan luka pada lidah.

Cara Mengatasi Lidah Sariawan

Setelah mengetahui penyebab lidah sariawan, menggunakan beberapa bahan alami yang berada di sekitar sebagai obat sariawan. Berikut ini cara mengobati sariawan di lidah secara alami yaitu:

  • Menggunakan Tea Bag (Kantong Teh). Tea bag (kantong teh) mengandung asam tanat yang memiliki sifat antivirus yang dapat dengan cepat menyembuhkan sariawan di lidah. Kantong teh (tea bag) juga bisa menetralkan asam di mulut karena bersifat basa.
  • Menggunakan Madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan anti radang yang bisa membantu mempercepat proses pemulihan dan mengurangi rasa sakit.
  • Menggunakan Kelapa. Cara memperoleh manfaatnya sangat mudah, hanya perlu meminumnya atau kumur-kumur dengan air kelapa. Bila ingin menggunakan minyak kelapa, cukup dioleskan saja atau bisa juga dengan berkumur.

Itulah beberapa penyebab lidah sariawan dan bagaimana cara mengatasinya yang harus diketahui. Oleh karena itu, jika melihat gejala sariawan yang tidak biasanya seperti sering berdarah atau nyeri hebat, segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button