Berita Utama

Mengapa Payudara Kanan Terasa Nyeri Tapi Tidak Ada Benjolan?

Terkadang bagi sebagian perempuan merasakan nyeri secara tiba-tiba pada payudaranya. Rasa nyeri pada payudara bisa saja menjadi gejala awal dari kanker payudara. Akan tetapi, jika payudara kanan terasa nyeri tapi tidak ada benjolan itu disebabkan oleh apa?

Perlu diketahui bahwa kanker payudara ini bisa terjadi pada wanita di umur berapapun. Untuk itu, jika terjadi suatu kejadian yang tidak wajar pada payudara segera cari tahu penyebab dan cara penanganan yang tepat.

Penyebab Payudara Terasa Nyeri

Semua wanita haruslah tahu bahwa tidak semua nyeri yang terjadi pada payudara ini menjadi gejala awal dari adanya kanker. Jadi, tak perlu khawatir saat merasakan nyeri secara tiba-tiba pada bagian payudara tertentu.

Ketika dilakukan pengecekan secara mandiri tidak ditemukannya adanya benjolan apapun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, ada sejumlah penyebab lain yang bisa menyebabkan bagian dari payudara ini terasa nyeri secara tiba-tiba.

1. Perubahan Hormon Menstruasi

Pada usia remaja, hormon yang terjadi saat memasuki masa menstruasi ini terkadang akan menyebabkan payudara terasa nyeri secara tiba-tiba. Hal ini sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada wanita dewasa.

Apabila merasakan nyeri yang datang secara tiba-tiba pada bagian payudara, segera cek kapan masa menstruasi akan tiba. Pasalnya, sangat memungkinkan jika penyebab dari nyeri tersebut karena adanya perubahan hormon saat memasuki masa menstruasi.

2. Ukuran Bra Tidak Sesuai

Setiap wanita tentu memiliki ukuran bra yang berbeda dan hal ini haruslah menjadi perhatian cukup penting. Pasalnya, ketika menggunakan bra yang ukurannya tidak sesuai, bisa saja menyebabkan nyeri pada payudara.

Ketidaksesuaian ukuran dalam menggunakan bra ini juga bisa mengganggu aktivitas harian yang dimiliki. Karena hal ini bisa menekan payudara dan terkadang bisa membuat sesak nafas saat melakukan aktivitas tertentu.

3. Pola Makan Tidak Sehat

Meskipun tidak memiliki riwayat sakit yang mungkin saja bisa kambuh dan tidak memiliki pantangan dalam memakan apapun, pastikan untuk tetap memakan makanan yang sehat.

Penyebab dari nyeri pada payudara ini bisa saja terjadi ketika seseorang memiliki pola makan yang tak sehat. Maka dari itu, usahakan untuk memperhatikan asupan dan pola makan yang lebih sehat.

4. Terjadi Cedera

Saat suatu bagian tubuh mengalami cedera, biasanya rasa yang akan muncul ini adalah nyeri. Begitu pula pada payudara yang mengalami cedera ini akan terasa nyeri ketika disentuh ataupun muncul secara tiba-tiba.

5. Efek Konsumsi Obat Tertentu

Penyebab lain dari payudara kanan terasa nyeri tapi tidak ada benjolan ini bisa terjadi karena sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Bahkan, meski mengkonsumsi obat herbal pun tidak menutup kemungkinan payudara bisa terasa nyeri.

Cara Mengatasi Payudara Kanan Terasa Nyeri Tapi Tidak Ada Benjolan

Dari penjelasan sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa nyeri pada payudara dapat diakibatkan oleh beberapa hal tertentu. Jika mengalami hal tersebut, ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Alternatif pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan nyeri pada payudara ini bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dalam hal ini bisa dimulai dengan sering mengkonsumsi buah yang kaya serat dan vitamin.

2. Gunakan Ukuran Bra Yang Sesuai

Penggunaan ukuran bra yang salah bisa menjadi pemicu nyeri yang terjadi di payudara. Untuk itu, pastikan menggunakan bra dengan ukuran yang sesuai agar nyeri berkurang dan terasa lebih nyaman.

Itulah informasi mengenai penyebab dari payudara kanan terasa nyeri tapi tidak ada benjolan apapun. Pastikan untuk minum air yang cukup dan menghindari konsumsi makanan junk food agar kesehatan tubuh dapat terus terjaga.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button