Berita Utama

Bagaimana Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Untuk Diet Setiap Harinya?

Bagi sebagian orang, berat badan yang dimilikinya ini bisa menjadi suatu hal penyebab dari rasa insecure yang dimilikinya. Banyak yang mencoba diet sehat dengan mengurangi kalori. Cara menghitung kalori yang dibutuhkan untuk diet setiap harinya ini haruslah sesuai.

Ketika terjadi kesalahan dalam penghitungan kalori ini bisa berakibat pada terganggunya kesehatan tubuh. Saat kalori yang dibutuhkan setiap harinya mengalami kekurangan, maka tubuh akan terasa lemas dna bisa menyebabkan pingsan.

Cara Menghitung Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Diet Setiap Harinya

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian yang tak sama, hal ini bisa bergantung dari jenis kelamin, usia, berat badan hingga aktivitas harian yang dilakukan. Untuk wanita yang berada di usia 19-30 tahun ini rata-rata membutuhkan 2000-2400 kalori per hari.

Sedangkan untuk wanita yang berada di antara 31-60 tahun membutuhkan kalori sebanyak 1800-2200 per harinya. Ketika menjalankan diet dengan mengurangi kebutuhan kalori harian, maka bisa mengurangi sebanyak 200-500 kalori setiap harinya.

Sebaiknya dalam mengurangi kalori ini dilakukan secara bertahap, untuk di beberapa minggu pertama turunkan jumlah kalori sebanyak 100-200 saja. Pada minggu selanjutnya, tambah pengurangan kalori 50/minggunya. Agar tubuh tidak merasa lemas dan kesehatan tetap terjaga.

Dalam mengurangi kalori harian pada saat ini janganlah dilakukan secara langsung dan dalam tingkat yang berlebih. Pasalnya, ketika tubuh kehilangan kalori harian dalam jumlah yang banyak di waktu yang cepat justru akan membuat kesehatan terganggu.

Pengurangan kalori harian ini bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah kalori makanan utama seperti nasi. Karena kalori pada nasi ini cukup tinggi untuk orang yang sedang menjalankan diet. Dan dapat dilakukan penggantian dengan kalori dari lauk, sayur atau buah.

Tips Dalam Menjaga Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Diet Setiap Harinya

Dalam menjalankan diet dengan mengurangi kalori harian ini akan sulit dilakukan pada tahap awal. Pasalnya, godaan untuk makan makanan yang diinginkan ini akan datang lebih dahsyat saat sedang menjalankan diet.

Melalui tips berikut ini diharapkan dapat membantu siapapun dalam menjalankan diet agar tetap bisa menjaga asupan kalori harian. Pastinya, hal ini tidak akan membatasi secara ketat dalam mengkonsumsi makanan kesukaannya.

1. Ganti Makanan Pokok

Nasi menjadi makanan pokok yang seakan wajib dikonsumsi oleh orang Indonesia. Bahkan sebagian orang mengkonsumsi nasi bersamaan dengan makan mie. Tentu hal ini akan membuat kalori yang masuk ke tubuh menjadi berlebihan.

Saat menjalankan diet yang sehat ini, kalori dari makanan pokok nasi ini bisa diganti dengan sumber karbohidrat lainnya. Misalnya dari kentang, singkong, jagung, dsb. Alternatif lainnya, jumlah nasi yang dikonsumsi ini bisa dipangkas secara bertahap.

2. Kurangi Makanan Junk Food

Tentu semua orang mengetahui bahwa junk food ini memiliki kalori yang sangat tidak baik bagi tubuh. Pasalnya, hampir semua junk food sulit dilakukan penghitungan kalori yang terkandung didalamnya. Hal ini tentu akan menyulitkan orang yang sedang menjalankan diet.

Meskipun begitu, orang yang sedang menjalankan diet ini masih bisa mengkonsumsi makanan tersebut. Hanya saja, intensitas dalam memakannya dikurangi dan porsinya pun tidak berlebihan.

Tentu tujuannya agar program diet sehat melalui pengurangan kalori harian ini dapat sukses dilakukan. Namun pastikan bahwa kalori yang dibutuhkan untuk diet tidak dikurangi cukup banyak agar tidak menimbulkan permasalahan kesehatan lainnya.

Itulah cara menghitung kalori yang dibutuhkan untuk diet setiap harinya beserta dengan alternatif lain yang bisa dilakukan dalam diet sehat. Dalam melakukan diet sehat ini, masih bisa mengkonsumsi makanan favorit yang diinginkan asalkan tidak berlebihan untuk setiap minggunya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button