Berita Utama

Cara Diet Jeruk Nipis dan Manfaat Menggunakannya

Jeruk nipis yakni salah satu dari banyak buah yang sering dipakai saat program diet atau penurunan berat badan. Cara diet jeruk nipis juga terbilang murah dan mudah. Orang-orang yang ingin diet, bisa dengan mudah mendapatkan jeruk nipis baik di pasar swalayan maupun supermarket.

Kandungan vitamin C, asam askorbat, protein dan vitamin B1 yang ada didalamnya terbukti ampuh untuk membakar lemak dalam tubuh. Jadi, tak perlu heran jikalau banyak orang yang tertarik menggunakan jeruk nipis untuk diet. Di bawah ini ada beberapa cara sekaligus manfaat dari jeruk nipis.

Cara Simpel Turunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Vitamin C terkandung di dalamnya yang tergolong tinggi membuat jeruk nipis efektif untuk membakar lemak pada tubuh manusia. Wajar saja jika program diet sehat selalu memasukkan jeruk nipis sebagai bahan alami yang aman.

Cara diet jeruk nipis pun sangat mudah dilakukan, berikut beberapa cara tepat mengkonsumsi jeruk nipis untuk diet:

1. Mencampur dengan Air Hangat

Ketika seseorang memutuskan untuk diet menggunakan jeruk nipis, sebaiknya dicampur menggunakan air hangat. Hal ini karena, air hangat lebih mudah dan cepat dicerna oleh tubuh manusia.

Tentu hal tersebut terbilang cukup ampuh dalam mempercepat siklus metabolism di dalam tubuh. Dengan begitu, hasil dietnya akan lebih optimal.

2. Menambahkan Irisan Jahe

Jika ingin membakar kalori yang terdapat dalam tubuh dengan cepat, maka rimpang jahe adalah solusinya. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan mencampur irisan jahe ke dalam gelas yang berisi air perasan jeruk nipis.

Setelah tercampur rata, bisa segera dikonsumsi. Bisa juga dengan menghancurkan atau blender jahe dengan segelas air.

Setelah jahe halus, ampasnya bisa disaring dan cukup ambil airnya saja. Kemudian campur dengan 1 buah air perasan jeruk nipis dan ramuannya siap dikonsumsi.

3. Membuat Infused Water

Bagi yang suka berolahraga dan merasa tidak sempat membuat ramuan diet, cara diet jeruk nipis yang satu ini mudah dilakukan. Cukup menyiapkan 1 botol air dan masukkan irisan jeruk nipis didalamnya. Agar terasa lebih segar, bisa menggunakan air dingin saat membuatnya.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Setelah mengetahui cara diet yang benar dengan menggunakan jeruk nipis, tentu perlu mengetahui manfaat baiknya untuk tubuh. Selain untuk diet, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini ada manfaat lainnya dari jeruk nipis:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ternyata buah ini juga mempunyai manfaat lain yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan nutrisi yang berlimpah, membuat buah ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Flavonoid yang terkandung di dalamnya bekerja untuk meningkatkan produksi enzim. Zat inilah yang dibutuhkan untuk dapat mengurai makanan dengan baik sehingga lebih mudah dicerna.

2. Memaksimalkan Pembakaran Lemak Tubuh

Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa, zat aktif yang ada di dalam jeruk nipis mampu membakar lemak 30% lebih banyak. Terlebih ketika dikonsumsi saat akan beraktivitas maupun berolahraga.

Hal itu tentunya akan membuat program diet berjalan semakin lancar. Namun pastikan mengkonsumsinya secara rutin agar hasil maksimal.

3. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Rasa asam yang ada pada jeruk nipis selain memberikan rasa segar ternyata bisa meningkatkan metabolisme sehingga proses pencernaan lebih cepat.

Buah yang kaya antioksidan dan Polifenol ini terbukti bisa mencegah penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh. Jadi, sistem metabolisme berjalan lancar dan tubuh terasa lebih enteng.

Itulah cara diet jeruk nipis serta manfaat buahnya bagi tubuh. Bagi penderita maag atau asam lambung, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi buah ini. Ditakutkan kadar asam yang tinggi membuat maag atau asam lambungnya meningkat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button