Berita Utama

5 Cara Menyembuhkan Mencret dengan Cepat Agar Tidak Dehidrasi

Diare atau mencret merupakan salah satu masalah pencernaan yang bisa dialami oleh siapapun. Adapun cara menyembuhkan mencret dengan cepat ini ternyata bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Sehingga penderita tak perlu merasakan sakit perut yang terlalu lama. Seperti yang telah diketahui bahwa, jika sedang mengalami diare atau mencret, tentu badan akan terasa tidak nyaman dan sewaktu waktu ingin buang air besar.

Selain itu, jika terlalu lama, maka penderita bisa sampai dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Sehingga hal ini cukup membahayakan bagi penderitanya.

Oleh karenanya, dalam uraian berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan mencret dengan waktu yang cepat. Berikut diantaranya:

1. Banyak Minum Air Mineral

Saat dalam proses pemulihan, selain menggunakan oralit sebagai solusi. Bagi yang mengalami diare disarankan untuk meningkatkan asupan air mineral guna memperbaiki tingkat hidrasi tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 liter air mineral agar keseimbangan cairan dalam tubuh dapat pulih.

Tidak hanya air mineral, alternatif lain yang dapat dipertimbangkan adalah minuman isotonik yang umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat berolahraga, atau juga jus buah alami.

2. Mengkonsumsi Oralit

Ketika mengalami keadaan diare, tubuh akan kehilangan cairan yang terbuang bersama dengan tinja. Salah satu konsekuensi dari hal ini adalah munculnya rasa lemah pada tubuh sebagai gejala diare.

Kehilangan cairan pada saat mengalami diare dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi, yang jika tidak ditangani dengan tepat, dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan bagi penderita diare untuk mengkonsumsi larutan oralit.

Larutan ini merupakan solusi alami untuk mengatasi diare yang terdiri dari campuran air, gula, dan garam. Kandungan mineral dan elektrolit dalam larutan oralit dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama mengalami diare

3. Mengkonsumsi Teh Jahe

Alternatif dari larutan oralit, terdapat pilihan cara menyembuhkan mencret dengan cepat yang dapat diperoleh dari ekstrak teh jahe. Selain memberikan sensasi hangat bagi tubuh, komponen aktif dalam teh jahe juga memiliki efek antinociceptive, anti-bakteri.

Selain itu anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat mengurangi ketidaknyamanan pada perut ketika sedang mengalami gangguan pencernaan. Jahe juga terbukti efektif dalam menurunkan akumulasi cairan di dalam usus yang sering menyebabkan gejala mual, muntah, dan kram perut selama diare.

Metode penyajian teh jahe cukup sederhana, yakni dengan merebus potongan jahe dalam air selama beberapa menit. Kemudian menambahkan perasan lemon atau madu untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih nikmat.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Saat mengalami diare, gejala BAB berlendir seringkali muncul dan bisa mengganggu. Ada beragam solusi alami yang dapat membantu meredakan masalah ini baik untuk anak-anak maupun dewasa. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan (contohnya pisang dan apel).

Serta sayuran (seperti kentang rebus atau wortel) yang dapat membantu mengurangi lendir dalam tinja. Selain itu, penting untuk memperhatikan asupan cairan dengan cukup, terutama air putih, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Namun, jika gejala BAB berlendir terus berlanjut atau disertai dengan tanda-tanda lain yang mengkhawatirkan seperti demam tinggi atau nyeri perut yang parah. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

5. Istirahat yang Cukup

Solusi untuk mengatasi gangguan perut yang disebabkan oleh seringnya buang air besar adalah dengan memberikan tubuh istirahat yang memadai. Ketika terjadi diare, tubuh sedang berjuang melawan infeksi atau iritasi yang memicunya.

Oleh karena itu, memberikan waktu yang cukup untuk istirahat menjadi sangat penting. Istirahat tidak hanya membantu tubuh untuk fokus pada proses penyembuhan dan pemulihan.

Akan tetapi juga dapat mengurangi tingkat stres yang dapat memperparah gejala diare. Menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat dan mencoba untuk bersantai selama periode diare dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Itulah beberapa cara menyembuhkan mencret dengan cepat. Sehingga dengan menerapkan beberapa metode tersebut, penderita akan segera sembuh sebelum dehidrasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button