Adakah Manfaat Jahe untuk Kesehatan Wanita?

Infokeluarga.com – Adakah Manfaat Jahe untuk Kesehatan Wanita?. Jahe adalah salah satu jenis rempah yang sering kali digunakan sebagai bumbu atau bahan masakan. Bukan hanya bisa menambah cita rasa, jahe juga memiliki manfaat bagi tubuh. termasuk untuk wanita. Ketahui apa saja manfaat jahe untuk wanita di bawah ini.

Sejumlah manfaat jahe untuk wanita

Adakah Manfaat Jahe untuk Kesehatan Wanita?

Jahe adalah rempah berupa umbi-umbian yang terdiri dari beberapa jenis, di antaranya yaitu jahe merah dan jahe putih.

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Maka dari itu, ada banyak sekali masakan dari daerah ini yang menggunakan jahe sebagai bahannya.

Selain karena bisa menambah rasa pada makanan, jahe sering digunakan karena diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, jahe mengandung gangerol, yaitu kandungan alami pada akar jahe yang memiliki manfaat bagi sistem pencernaan.

Jahe juga mengandung L-ascorbic acid, magnesium, dan potasium yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain khasiat di atas, tahukah Anda jika jahe juga memiliki manfaat tersendiri untuk wanita?

Meski juga bermanfaat bagi pria, jahe bisa membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang sering kali dialami oleh para wanita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe, baik putih maupun merah, untuk wanita.

1. Mengurangi mual saat hamil

Adakah Manfaat Jahe untuk Kesehatan Wanita?

Salah satu manfaat jahe untuk wanita adalah mengurangi rasa mual yang kerap dialami ketika memasuki masa kehamilan.

Rasa mual sering kali dirasakan oleh ibu hamil pada pagi hari. Berdasarkan penelitian dari American Academy of Obstetrics and Gynecology, jahe telah teruji bisa membantu meredakan mual dan muntah saat hamil.

Namun, tidak hanya itu, jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi mual akibat mabuk perjalanan, mabuk laut, serta efek setelah operasi dan kemoterapi yang bisa menyebabkan rasa mual.

Manfaat jahe untuk wanita ini bisa diperoleh baik dari semua jenis jahe, termasuk jahe putih atau jahe merah.

Namun, untuk memperoleh manfaat jahe merah, Anda tidak bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan, melainkan hanya untuk obat.

Sementara untuk jenis jahe yang lain, Anda bisa menambahkan bubuk jahe ke dalam makanan atau minuman Anda untuk bisa mengurangi rasa mual yang Anda alami.

2. Meredakan kram perut saat menstruasi

Sebagian wanita mungkin pernah mengalami menstruasi yang disertai dengan gejala, seperti kram perut, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi kram perut saat menstruasi, Anda bisa mencoba mengonsumsi jahe, misal dengan minum air rebusan jahe.

Jahe diketahui mengandung zat antioksidan yang bisa mengurangi kadar enzim pemicu peradangan.

Oleh karena itu, jahe bisa membantu meredakan kondisi peradangan pada tubuh yang disertai rasa nyeri, seperti yang terjadi saat timbul kram menstruasi.

3. Meredakan nyeri sendi dan otot

Jahe ternyata juga bisa berdampak pada sendi dan otot. Pada penelitian yang dilakukan, jahe berpotensi membantu meredakan nyeri otot akibat osteoarthritis yang merupakan penyakit yang sering terjadi pada wanita.

Zat antioksidan di dalam jahe berperan dalam meredakan nyeri untuk jangka panjang, sehingga bisa membantu meredakan nyeri sendi lebih lama dibandingkan dengan obat pereda nyeri.

Bukan hanya nyeri pada sendi, jahe juga bisa membantu mengatasi nyeri sendi akibat olahraga yang terlalu ekstrem.

Pada kondisi ini, zat antiperadanganlah yang membantu meredakan peradangan dan nyeri pada otot.

4. Menurunkan berat badan

Kandungan yang terdapat dalam jahe mampu meningkatkan suhu di dalam sistem pencernaan. Hal ini akan membuat compositions metabolisme di dalam tubuh Anda ikut meningkat.

Peningkatan metabolisme tubuh juga akan membantu compositions pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

Maka dari itu, penurunan berat badan, termasuk pada wanita, bisa terjadi lebih mudah dan cepat dengan mengonsumsi bahan rempah ini.

5. Membuat kulit terlihat lebih muda

Manfaat jahe untuk wanita selanjutnya adalah membuat kulit terlihat lebih muda.

Menurut beberapa penelitian, jahe mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas, seperti polusi sinar UV.

Jika kadarnya pada kulit sudah terlalu tinggi, sinar UV bisa merusak kulit. Pada kondisi ini, kulit membutuhkan antioksidan untuk memproduksi kolagen agar kulit tetap halus dan elastis.

Anda bisa memperoleh asupan antioksidan tambahan dengan mengonsumsi jahe, baik sebagai makanan atau minuman. Sebagai contoh, Anda bisa minum air jahe secara rutin.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bukan hanya meningkatkan suhu sistem pencernaan, sensasi panas atau pedas saat mengonsumsi jahe juga bisa memicu aliran darah di pembuluh darah.

Hal ini bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga akan lebih banyak oksigen yang diantarkan ke organ di dalam tubuh dan lebih banyak racun yang dibuang.

Dengan begitu, organ tubuh play on words akan bisa berfungsi dengan lebih baik, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Itu adalah sejumlah manfaat jahe untuk wanita. Dari manfaat tersebut, Anda bisa menggunakan jahe sebagai obat alami untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan wanita yang dialami.

Namun, perlu diketahui bahwa manfaat tersebut bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi jahe dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Mengonsumsi jahe terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit perut, perut kembung, dan rasa panas di dalam tubuh.

Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.