Anjuran Konsumi Ikan untuk Ibu Hamil

ikan untuk ibu hamil

Keluarga sehat, kita tahu jika makan ikan membawa banyak manfaat, apalagi saat hamil. Namun ada anjuran konsumsi ikan untuk ibu hamil, alias tidak boleh sembarangan. Ikan yang mengandung beragam vitamin, nutrisi dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Walau banyak kandungan nutrisi yang baik, tetapi ibu hamil tetap harus berhati-hati jika ingin makan ikan, ya. Apabila sembarangan mengonsumsi ikan, bisa-bisa kesehatan ibu hami dan janin bisa terancam lho.

Manfaat Makan Ikan untuk Ibu Hamil

Apa saja manfaat dari makan ikan untuk ibu hamil? Di bawah ini adalah beberapa macam manfaat ikan untuk ibu hamil. Silahkan disimak :

Otak Janin Berkembang Baik

Yang pertama adalah membantu perkembangan otak janin dalam kandungan. Karena ikan mengandung banyak protein dan juga asam lemak omega-3, sehingga bisa mencegah kecacatan pada saraf dan otak janin yang dikandung.

Cegah Preeklamsia

Karena juga mengandung banyak vitamin D, maka asupan vitamin D yang cukup mampu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil juga.

Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil sering merasakan susah tidur dan agar bisa tidur lebih nyenyak, maka mengonsumsi ikan bisa dicoba. Karena kandungan vitamin D yang terdapat pada ikan ternyata diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.

Cegah Anemia

Jika makan ikan saat hamil juga bisa mencegah anemia, itu karena ikan kaya akan zat besi dan vitamin B12 juga. Oleh sebab itu, komplikasi yang dapat timbul akibat anemia secara otomatis juga dapat dicegah dengan baik. Contoh beberapa di antaranya adalah kelahiran bayi prematur, janin terlahir cacat, atau bayi lahir dengan berat rendah, bahkan kematian pada ibu dan bayinya.

Aturan Makan Ikan untuk Ibu Hamil

Lalu bagaimana supaya bisa aman mengonsumsi ikan untuk ibu hamil? Ikuti aturan keamanan dalam mengonsumsi ikan yaa. Nah, berikut adalah hal-hal yang perlu untuk diperhatikan oleh ibu hamil bila ingin mengonsumsi ikan, silahkan disimak :

Memilih ikan dengan kadar merkuri yang paling rendah

Aturan pertama ikan untuk ibu hamil adalah ikan yang kandungan merkurinya rendah, misalnya ikan teri, nila, udang, salmon, sarden, lele dan juga ikan tuna. Hindari mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi, misalnya makarel, todak,i kerapu, dan hiu. Sebab paparan merkuri yang tinggi selama kehamilan, maka bisa menghambat perkembangan janin dalam kandungan

Memasak Ikan Sampai Matang

Ikan untuk ibu hamil harus matang dan hindari konsumsi ikan mentah atau yang setengah matang sekalipun. Itu karena ikan mentah atau sekadar ikan yang belum benar-benar matang tak bisa dipastikan aman, bisa saja mengandung bakteri dan mengandung parasit berbahaya, akhirnya mengancam janin dan ibu hamil.

Memang makan ikan saat hamil tetap penting, namun jangan lupa supaya memerhatikan keamanannya ya. Apabila masih merasa was-was memilih ikan untuk ibu hamil. maka bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.