5 Definisi Apa itu Kesehatan Masyarakat

Apa itu kesehatan masyarakat

Apa itu kesehatan masyarakat? Tentu masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai jurusan kuliah yang satu ini. Padahal jurusan kesehatan masyarakat mempunyai peranan yang cukup penting bagi kualitas yang ada pada sumber daya manusia. Selain itu, jurusan kesehatan masyarakat juga berperan untuk menanggulangi kemiskinan serta membangunn ekonomi. Selain pendapatan dan pendidikan, indeks pembangunan pada sumber daya manusia menjadi bagian utama untuk pengukuran kesejahteraan masyarakat. Berbagai pelayanan kesehatan terdiri atas obat serta fasilitas kesehatan, pembiayaan serta manajemen kesehatan, tenaga kesehatan, serta ketersediaan mutu pada fasilitas pelayanan kesehatan. Puskesmas, puskesmas keliling dan puskesmas pembantu menjadi fasilitas pelayanan kesehatan di tingkat pertama. Fasilitas-fasilitas tersebut sudah disediakan di berbagai daerah di Indonesia. Namun dalam hal keterjangkauan dan pemerataan masih menjadi kendala. Padahal di sisi lain, masih banyak permasalahan yang harus ditanggulangi di tengah masyarakat. Hal tersebut perlu adanya perbaikan dalam hal tata kelola pada layanan kesehatan, sistem penganggaran pada layanan kesehatan, serta menguatkan organisasi yang ada di tengah masyarakat sipil. Program yang dirancang pada jurusan kesehatan masyarakat bertujuan untuk memperbaiki kapabilitas, kapasitas, dan kualitas organisasi pada masyarakat sipil.

Apa itu kesehatan masyarakat

apa itu kesehatan masyarakat, simak pemaparan sebagai berikut:

  • Definisi kesehatan masyarakat

Kesehatan masyarakat merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari bidang ilmu yang meningkatkan mutu kesehatan masyarakat dan mencegah penyakit. Jika pada jurusan ilmu kedokteran mempelajari bagaimana langkah menyembuhkan dan memulihkan orang yang sedang sakit. Sedangkan, jurusan kesehatan masyarakat lebih ke langkah promosi dan pencegahan agar tidak terjangkit sebuah penyakit. Sehingga kesehatan masyarakat lebih ke arah bagaimana mensosialisasikan upaya untuk mencegah suatu penyakit. Jurusan kesehatan masyarakat ini erat kaitannya dengan berbagai kalangan di masyarakat dan berkaitan dengan pelayanan yang mengarah pada skala yang besar contohnya seperti komunitas, rakya, keluarga bahkan dunia.

  • Mata kuliah jurusan kesehatan masyarakat

Terdapat beragam mata kuliah yang ada di dalam ilmu kesehatan masyarakat. Contohnya saja seperti mata kuliah yang berkaitan dengan bidang ekonomi, administrasi, sosial serta kesehatan. Pada semester 1 dan 2 mata kuliahnya meliputi dasar kependudukan, dasar ilmu kesehatan masyarakat, anatomi, fisiologi, biokimia, sosio antropologi kesehatan, gizi kesehatan masyarakat dan administrasi & kebijakan kesehatan. Lalu pada semester 3 dan 4 mata kuliahnya meliputi ekonomi kesehatan, promosi kesehatan, epidemiologi penyakit menular, sistem informasi kesehatan, penulisan ilmiah, komunikasi kesehatan, surveilans kesehatan masyarakat dan metode penelitian. Pada semester 5 dan 6 meliputi mata kuliah gizi kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, administrasi kebijakan kesehatan, epidemiologi dan biostatistik. Sedangkan, pada semester 7 dan 8 mata kuliahnya meliputi praktik lapangan dan juga tugas akhir.

Apa itu jurusan kesehatan masyarakat

Apa itu jurusan kesehatan masyarakat? Jurusan kesehatan masyarakat mempelajari seni untukmenghindari berbagai penyakit, langkah menjaga dan merawat kesehatan lewa usaha-usaha yang dilakukan melalui pengorganisasian masyarakat serta bagaimana langkah memperpanjang angka harapan hidup pada masyarakat. Hal tersebut meliputi:

  • Langkah untuk memberantas berbagai penyakit menular
  • Edukasi yang berkaitan dengan kebersihan seseorang
  • Langkah memperbaiki sanitasi yang ada pada lingkungan
  • Mengorganisasi pelayanan medis dan juga perawatan pada diagnosis sejak dini serta langkah pengobatan

Ikatan dokter di Amerika mengatakan bahwa kesehatan masyarakat tidak hanya berkaitan dengan ilmu kedokteran kuratif, sanitasi, ilmu kedokteran pencegahan hingga ilmu sosial. Ilmu kesehatan masyarakat menjadikan ilmu fisika, kedokteran, kimia, biologi, sosiologi, pendidikan, psikologi, kesehatan lingkungan dan antropologi sebagai ilmu dasar. Dengan demikian, kesehatan masyarakat menjadi ilmu multidisiplin. Akan tetapi ilmu berikut yang menjadi penopang utama dalam ilmu kesehatan masyarakat:

  • Gizi masyarakat
  • Administrasi kesehatan masyarakat
  • Statistik kesehatan
  • Kesehatan lingkungan
  • Kesehatan kerja
  • Epidemiologi

Ilmu kesehatan masyarakat menjadi ilmu yang multidisiplin sebab masalah kesehatan yang ada pada masyarakat memiliki sifat yang multikausal sehingga dalam mengatasinya membutuhkan ilmu yang bersifat multidisiplin. Sehingga diperlukan pula berbagai kegiatan yang bisa dimanfaatkan oleh jurusan kesehatan masyarakat untuk mencapai tujuannya yakni seperti:

  • Tindakan preventif
  • Tindakan prmosi kesehatan
  • Tindakan terapi meliputi terapi fisik, mental dan juga sosial
  • Tindakan rehabilitasi

Apa itu ilmu kesehatan masyarakat

Apa itu kesehatan masyarakat, kesehatan masyarakat menjadi bidang ilmu yang bertujuan untuk mengkaji masalah preventif dan pengobatan penyakit yang ada pada masyarakat.

  • Fungsi Ilmu kesehatan masyarakat

Ilmu kesehatan masyarakat juga bertugas untuk mengenalkan atau mempromosikan kesehatan pada ranah sosial yang luas. Caranya dengan mempelajari relasi yang ada pada manusia dan lingkungannya sera menggunakan metode yang telah dikaji untuk mencegah suatu penyakit, menjaga kesehatan suatu daerah ataupun kesehatan di area pekerjaan.

  • Keuntungan kuliah di jurusan kesehatan masyarakat

Bagi anda yang memilih untuk berkuliah di jurusan kesehatan masyarakat memiliki banyak keuntungan sebab nantinya anda bisa turut andil dalam menjaga kesehatan di lingkungan masyarakat.

  • Lingkup pekerjaan ilmu kesehatan masyarakat

Bagi anda yang baru lulus dari ilmu kesehatan masyarakat, anda bisa menangani permasalahan perancangan, epidemiologi, menjadi agen K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu anda juga bisa menjadi orang yang berdiri di garis depan untuk memberikan edukasi pada masyarakat luas. Bagi anda yang nantinya lulus dari jurusan kesehatan masyarakat akan sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang ada di lingkungan sebab setiap wilayah memiliki lingkup masalahnya sendiri-sendiri. Selain itu, lulusan kesehatan masyarakat bisa juga bekerja di sektor manufaktur seperti pada bidang gas dan minyak. Anda juga bisa bekerja sebagai administrasi dalam kebijakan kesehatan di klinik, asuransi kesehatan atau bahkan rumah sakit. Lulusan ilmu kesehatan masyarakat juga bisa menjadi penyuluh kesehatan dan menjadi pengajar ataupun peneliti di bidang ilmu yang sama.

Apa itu fakultas kesehatan masyarakat

Apa itu fakultas kesehatan masyarakat, fakultas kesehatan masyarakat merupakan salah satu fakultas yang turut andil dalam mengkaji masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Berbeda dengan fakultas kedokteran dan fakultas keperawatan, fakultas kesehatan masyarakat bertumpu pada pengkajian ilmu yang mempelajari tentang langkah mencegah penyakit, meningkatkan kualitas kesehatan pada masyarakat. Sehingga anda tidak hanya memperlajari bidang ilmu medis namun juga mempelajari mengenai perkembangan ilmu sosial. Berikut beberapa universitas yang memiliki fakultas kesehatan masyarakat:

  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas sumatera utara
  • Universitas airlangga
  • Universitas Indonesia

Setiap jurusan pada fakultas kesehatan masyarakat dapat bekerja di bidang:

  • Manajemen rumah sakit
  • Kementerian kesehatan
  • Konsultan gizi
Selain itu fakultas kesehatan masyarakat memiliki tujuan:
  • Memperhatikan target pelayanan

Mahasiswa di fakultas kesehatan masyarakat justru menargetkan sasarannya pada orang yang sehat. Sebab fakultas kesehatan masyarakat lebih memfokuskan diri pada upaya preventif atau pencegahan.

  • Melakukan pendekatan

Bagi anda yang nantinya bekerja di bidang kesehatan masyarakat tentunya akan melayani seluruh masyarakat secara luas bahkan bisa meliputi masyarakat di seluruh dunia.

  • Fokus fakultas kesehatan masyarakat

Fokus yang dimiliki mahasiswa di fakultas kesehatan masyarakat di antaranya meliputi tindakan promosi dan preventif.

  • Pihak-pihak yang bekerja sama

Mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat akan menjalin kerja sama dengan tenaga medis serta orang-orang yang memiliki kebijakan dan peran di masyarakat, contohnya saja pemerintah dan tokoh yang disegani di dalam masyarakat.

Apa itu jurusan ilmu kesehatan masyarakat

Apa itu jurusan ilmu kesehatan masyarakat, simak beberapa pemaparan mengenai jurusan ilmu kesehatan masyarakat berikut:

  • Jurusan kesehatan masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat merupakan jurusan yang lulusannya menjadi tenaga kesehatan. Jurusan yang satu ini mengkaji ilmu mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup serta kesehatan yang ada pada masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan berbagai tindakan pengorganisasian dalam masyarakat. Jurusan kesehatan masyarakat juga mengkaji ilmu sosial di dalamnya. Salah satu contohnya yakni mencari besaran distribusi sebuah penyakit pada suatu daerah, mencari tahu dampak lingkungan pada kesehatan di masyarakat, keselamatan kerja dan menhitung keadaan kesehatan secara kuantitatif.

  • Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat

Anda bisa menjadi ahli epidemiologi setelah lulus dari jurusan kesehatan masyarakat. Epidemiologi merupakan salah satu cabang ilmu dalam kesehatan yang berkaitan dengan penyebaran, insiden dan juga mengendalikan penyakit pada masyarakat. Anda akan menjadi seorang peneliti yang mengkaji suatu penyakit, penyebarannya serta cara mengendalikan sebuah penyakit pada masyarakat. Selain itu, bagi anda yang kuliah di jurusan ini akan mempelajari lebih lanjut mengenai pola kesehatan serta penyakit yang memengaruhinya. Setelah memperoleh data yang dibutuhkan, maka akan diperhitungkan serta dicari langkah yang bisa meminimalisir resiko yang bisa mengancam kesehatan pada masyarakat. Selain itu anda bisa menjadi ahli biostatistik yang bertugas mencari dan mengumpulkan data-data yang ada di lapangan untuk kemudian dianalisa sebagai bagian dari kegiatan pengembangan di dalam dunia kesehatan. Kemudian anda bisa menjadi promotor dalam bidang kesehatan. Saat anda kuliah di jurusan kesehatan masyarakat akan diberi ilmu tentang manajemen dan juga marketing atau pemasaran. Hal tersebut disebabkan setiap mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat akan berhadapan secara langsung pada masyarakat. Mahasiswa juga akan dihadapkan pada tugas untuk menyusun sebuah rencana pelaksanaan kegiatan kesehatan. Anda juga bisa bekerja menjadi ASN yakni dengan posisi fungsional ahli promosi kesehatan di rumah sakit, dinas kesehatan atapun puskesmas. Anda juga bisa menjadi ahli dalam bidang advokasi, mobilisasi dan komunikasi pada lembaga CSO. Selain itu, anda bisa menjadi konsultan di bidang kesehatan masyarakat.

  • Bekerja di bidang layanan kesehatan masyarakat

Anda bisa memilih pekerjaan di bidang administrasi layanan kesehatan. Posisi ini bertanggungjawab untuk menganalisa keadaan yang ada di sekitar fasilitas layanan kesehatan. Selain itu, posisi ini juga bertugas membuat rencana program yang berkualitas dan efektif. Posisi tersebut memberi peluang anda untuk bisa menjadi seorang manajer di perusahaan swasta atapun klinik, asisten eksekutif, asisten administrasi medik dan auditor di perusahaan asuransi kesehatan ataupun perusahaan farmasi. Selain itu, anda juga bisa bekerja menjadi staff keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan banyak memerlukan lulusan jurusan kesehatan masyarakat untuk bertugas merencanakan sistem dan juga prosedur kerja yang bisa menjamin keselamatan dan keamanan serta mensejahterakan pekerja di perusahaan tersebut.

Apa itu sarjana kesehatan masyarakat                      

Apa itu sarjana kesehatan masyarakat, sarjana kesehatan masyarakat adalah mereka yang telah berhasil menempuh pendidikan di jurusan ilmu kesehatan masyarakat. Simak beberapa prospek kerja sarjana fakultas kesehatan masyarakat:

  • Gizi kesehatan masyarakat

Mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat memperlajari tentang ilmu gizi. Akan tetapi tidak terlalu spesifik, anda tidak perlu khawatir sebab untuk peluang kerja dalam dunia gizi kesehatan masih banyak dibutuhkan dan terbuka bagi sarjana ilmu kesehatan masyarakat. Anda bisa juga bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang F&B ataupun di rumah sakit. Anda akan bekerja sebagai tim Manajemen kualitas atau sering disebut quality control. QC di perusahaan F&B bertugas untuk menjamin gizi di setiap produk agar sesuai dengan standar yang berlaku.

  • Industri perhotelan

Bagi anda sarjana kesehatan masyarakat bisa memilih untuk bekerja di industri perhotelan. Dalam dunia perhotelan membutuhkan seseorang yang ahli di bidang gizi kesehatan guna mengawasi gizi pada makanan yang dihidangkan. Profesi ini dianggap cukup penting sebab mutu makanan ataupun minuman di dunia perhotelan cukup menjadi hal yang sangat diperhatikan. Sebab untuk mendapatkan kepuasan dari setiap pengunjung hotel, hendaknya industri perhotelan menyajikan makanan yang nikmat namun tetap memperhatikan gizi yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian industri tersebut akan mendapat kepercayaan penuh dari pelanggan.

  • Staff keselamatan kerja

Sarjana kesehatan masyarakat memiliki prospek kerja yang cuukup luas sebab ilmu yang dipelajari bersifat multidisiplin. Rata-rata perusahaan membutuhkan staff K3 dari sarjana kesehatan masyarakat. Staff kesehatan dan keselamatan kerja biasanya memberikan simulasi bagaimana cara yang harus dilakukan saat terjadi sebuah bencana ataupun kejadian di wilayah pekerjaan. Tim tersebut biasanya terdiri dari banyak sarjana ilmu kesehatan masyarakat. Sedangkan, secara umum staff K3 bertugas untum memberi evaluasi pada sebuah kebijakan dan program-program yang menyangkut keselamatan kerja. Selain itu, staff K3 juga mencari tahu kemungkinan atau bahaya buruk yang bisa saja terjadi dan menginvestigasi sebuah insiden yang sedang terjadi.

  • Promotor kesehatan

Bagi anda sarjana lulusan ilmu kesehatan masyarakat bisa bekerja sebagai promotor kesehatan. Dalam bidang ini anda akan lebih dituntut untuk menguasai marketing daripada posisi lainnya dalam bidang kesehatan masyarakat. Bagi anda yang sudah memiliki jiwa untuk memasarkan sebuah produk atapun sistem maka dapat memilih pekerjaan ini. Sebab, dalam pekerjaan ini akan membuat anda memiliki hubungan dengan berbagai orang dan kalangan, baik sebuah instansi maupun perusahaan yang memiliki fokus dalam mendukung promosi di bidang kesehatan.

  • Menjadi pengajar atau dosen

Sarjana kesehatan bisa juga menjadi seorang pengajar ataupun dosen. Bagi anda yang ingin menjadi dosen tentunya harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2. Selain itu anda juga harus melakukan beberapa penelitian dalam bidang kesehatan masyarakat. Harapannya dengan adanya penelitian tersebut bisa makin menambah kekayaan dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat, terutama yang ada di Indonesia.

Apa itu kesehatan masyarakat telah terjawab dari berbagai pemaparan yang dijelaskan di atas. Diharapkan dengan penjelasan-penjelasan di atas dapat memberikan gambaran mengenai jurusan ilmu kesehatan masyarakat mengenai mata kuliah apa saja yang dipelajari, ilmu apa saja yang dikaji bahkan hingga prospek kerja apa saja yang dapat diambil oleh setiap mahasiswa lulusan kesehatan masyarakat. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil kuliah dengan jurusan ilmu kesehatan masyarakat agar bisa menjadi bagian dari agen yang bisa memberikan edukasi mengenai berbagai langkah untuk mencegah berbagai penyakit yang ada pada masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.