Apa itu Penyakit Tipes dan Penyebabnya Serta Obat Sakit Tipes Pada Anak

Keluarga sehat, apa itu penyakit tipes? penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella typhi. Umumnya dikenal juga sebagai demam tifoid lho. Biasanya terjadi di negara industri, tak hanya orang dewasa saja namun juga anak-anak. Adapun penyebarannya lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut. Bisa juga karena kontak dengan orang yang terinfeksi. Walau untuk orang dewasa pun berbahaya, untuk anak-anak bisa jadi lebih berbahaya.

Apa itu Penyakit Tipes dan Cara Penyebaran Penyakit Tipes

Cara penyebaran penyakit tipes pun harus kita ketahui, karena bakteri ini bisa mengkontaminasi sumber air dan makanan, maka hati-hati dengan penggunaan WC umum. Apalagi daerah-daerah terpencil yang biasa menggunakan WC bersama, bahkan MCK di sungai. Sebab seseorang dengan tipes yang akut bisa mencemari pasokan air, lewat fesesnya yang berbakteri. Selain mencemari sungai, bakteri tersebut akan bertahan sampai berminggu-minggu dalam air juga limbah kering lho.

Karena tiap orang bisa saja menjadi pembawa bakteri jangka panjang walau tak ada gejala sama sekali. Sebab itu akhirnya menyebabkan ia menjadi sumber wabah baru dengan memunculkan kasus penyakit tipes yang baru. Itulah kenapa lebih baik untuk buang air kecil pada tempat yang seharusnya saja. Supaya tidak menyebarkannya ke orang lain apabila kita mengidap tipes tersebut.

Apa itu Penyakit Tipes dan Obat Tipes untuk Anak

Berikut adalah beberapa macam obat tipes untuk anak, pastikan mendisuksikannya terlebih dahulu dengan dokter dan lakukan perawatan medis terlebih dahulu ya .

Cuka Apel obat untuk apa itu penyakit tipes

Ternyata obat alami untuk gejala tifus yang pertama ialah cuka apel lho. Jadi cuka apel konon mampu membantu menjaga pH tubuh dalam angka yang tetap, apalagi dalam mengeluarkan panas dari kulit yang penyebabnya demam saat mengalami Tipes. Diare yang terjadi pun bisa menggunakan cuka apel dalam dosis yang tepat. Cara konsumsinya dengan mencampur satu sendok teh cuka apel dalam air, lalu tambahkan madu dan minum sebelum jadwal makan.

Basil

Ternyata basil adalah obat alami untuk gejala tifus yang selanjutnya, merupakan antibiotik dan antimikroba dan mudah untuk konsumsinya. Cukup dengan menambahkan basil ke segelas air matang dan biasakan minum tiga hingga empat cangkir per harinya. Daun Basil ternyata mampu meningkatkan kekebalan dan juga membuat perut nyaman. Bisa menyiapkan daun basil untuk pasta yang lebih lezat, jangan lupa masukkan bubuk merica ke pasta dengan beberapa iris kunyit.

Pisang

Kemudian obat alami lainnya untuk gejala tifus adalah buah pisang yang manis membuat selera. Buah pisang juga cocok untuk konsumsi pasien tipes, utamanya pasien anak. Buah pisang diketahui memiliki pektin, yaitu serat larut yang bisa membantu usus dalam menyerap cairan. Kemudian menurut tim medis, ternyata buah pisang jadi buah yang cocok untuk para penderita tipes.

Delima

Buah lainnya untuk obat gejala tipes yang selanjutnya adalah delima yang manis. Dalam penelitian yang Planta Medica para peneliti menemukan bahwa buah delima merupakan obat rumah yang sangat efektif melawan penyakit tifus. Buah delima bisa mencegah dehidrasi dan konsumsi dengan cara membuatnya jadi jus delima.

Madu

Selain yang sudah tersebut sebelumnya, madu juga jadi obat penyakit tipes lainnya untuk anak. Sebab madu sebagai bentuk nutrisi yang paling terkonsentrasi dan memiliki rasa lezat yang anak sukai. Jadi bisa kita masukkan ke dalam macam-macma makanana dan minuman. Konsumsi madu ternyata mampu memberikan dorongan energi saat tubuh lelah, untuk menenangkan perut, juga untuk melawan infeksi bakteri penyakit tipes pada anak. Cukup dengan mencampurkan madu sebanyak sesendok dalam segelas air atau susu. Untuk redakan sakit, minum dua kali sehari.

Air Putih

Yang terakhir adalah air putih untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan kesegaran tubuh. Setelah tubuh berjuang melalui infeksi, maka tubuh bisa dehidrasi dan dengan minum air putih jadi solusi. Saat seseorang mengalami sakit tipes, apalagi anak, maka tubuh membutuhkan air untuk melawan penyakitnya. Itulah mengapa pasien butuh lebih banyak cairan dibanding biasanya, supaya bisa mengompensasi cairan yang hilang akibat keringat dan diare.

Demikian adalah apa itu penyakit tipes dan obat penyakit tipes untuk anak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.