Apa Manfaat Diet Detoks?

Keluarga Sehat, melakukan diet dipilih untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuh yang lebih sehat. Salah satunya adalah diet detoksifikasi alias diet detoks. Apa manfaat diet detoks? tujuannya untuk membersihkan tubuh dari racun atau berbagai zat-zat berbahaya bagi tubuh. Walau cukup populer beberapa tahun belakangan ini, faktanya memang ada hal yang harus dipahami terlebih dahulu, sebelum melakukan diet detoks.

Kita tahu jika metode diet itu macam-macam jenisnya, misalnya puasa yang kemudian dibarengi dengan makanan dan minuman khusus. Selain itu, metode diet dengan menggunakan ramuan herbal pun bisa dilakukan untuk membersihkan sistem pencernaan.

Apakah Diet Detoks Aman?

Memang tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan jika manfaat diet detoks adalah menurunkan berat badan. Sebagian orang yang melakukan diet ini malah mengalami efek samping seperti pusing dan mual, nyeri otot dan cepat lelah, serta kekurangan energi.

Itulah kenapa banyak yang menilai manfaat diet detoks tidak seberapa dan lebih baik mendetoksifikasi tubuh dengan alami. Sebab racun tidak akan mengendap di dalam ginjal, hati atau bagian tubuh yang lain. Sebab kulit, hati, saluran kemih dan juga saluran cerna akan melakukan pembersihan racun, terus menerus. Adapun racun tersebut akan dikeluarkan melalui urin, tinja dan keringat saja.

Kenapa Harus Tetap Melakukan Diet Detoks?

Setelah mengetahui bahwa tubuh akan selalu melakukan detoksifikasi sendiri, lalu kenapa kita melakukan diet detoks? Hal ini dilakukan supaya tubuh kita mampu bekerja secara optimal untuk melakukan pembersihan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, meminum air putih lebih banyak dan jangan terlalu banyak makanan olahan. Makanan manis dan yang tinggi lemak pun harus dihindari supaya manfaat diet detoks bisa dirasakan.

Tetapi jika kita merupakan penderita dari salah satu kondisi ini, yakni : tekanan darah tinggi, ibu hamil dan menyusui, orang kekurangan gizi, memiliki penyakit jantung, maka tidak disarankan untuk melakukan diet detoks. Kecuali jika melakukan konsultasi dengan rutin terlebih dahulu dengan dokter, sehingga bisa mendapatkan saran terbaik.

Walau demikian, pakar kesehatan jauh lebih mendukung apabila menerapkan gaya hidup sehat lebih baik. Jadi manfaat diet detoks bisa dirasakan dengan menerapkan gaya hidup sehat saja. Caranya dengan makan makanan yang nutrisinya lengkap, rutin berolahraga. Selain itu istirahat yang cukup dan minum air putih yang banyak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.