Apa Penyebab Gejala Penyakit Tipes dan Cara Mengobati Penyakit Tipes Pada Anak Balita

Apa Penyebab Gejala Penyakit Tipes

Keluarga Sehat, apa penyebab gejala penyakit tipes? walaupun merupakan penyakit yang umum terjadi tapi sedikit yang tahu penyebab dan gejalanya. Pada biasanya gejala tipes pada anak balita akan muncul secara bertahap. Jangka waktu 1 hingga 3 minggu setelah anak terinfeksi. Bakteri Salmonella typhii adalah penyebabnya dan ada beberapa kasus yang gejalanya muncul dadakan.

Adapun gejala yang muncul biasanya ringan, tetapi ada juga yang berat sesuai dengan kondisi anak, riwayat penyakit dan bahkan vaksinasi yang pernah ia dapatkan.

Apa Penyebab Gejala Penyakit Tipes Anak?

Tidak semua anak akan mendapatkan gejala yang sama, namun mayoritas mengalami gejala yang serupa. Jadi apa penyebab gejala penyakit tipes itu sendiri? Karena imun tubuh melawan bakteri yang menyebabkan tipes sehingga gejala-gejala ini muncul. Apa saja gejalanya?

Mengalami demam tinggai sampai 40 derajat
Sakit perut yang juga mencret
Anak jadi udah lelah
Tubuh anak terasa pegal-pegal
Anak mengeluh sakit kepala
Merasa nyeri tenggorokan
Mengalami sembelit
Anak jadi kehilangan nafsu makan
Ada lapisan di lidah anak
Hati dan limfa yang bengkak

Apabila gejala ini tak ditangani dengan benar, maka komplikasi yang serius bisa terjadi. Misalnya saja masalah paru-paru atau jantung seperti pneumonia, pleuritis, miokarditis atau peradangan otot jantung, bahkan anak bisa mengalami gagal jantung akut juga.

Cara Menangani Penyakit Tipes Pada Anak

Ketika anak mulai menunjukkan gejala kesehatan mereka terganggu, orangtua segera membawa anak ke dokter. Supaya bisa mendapatkan perawatan yang tepat. Ada beberapa langkah yang bisa orang tua lakukan untuk membantu menyembuhkan anak yang sakit tipes. Yaitu sebagai berikut ini :

Perawatan Medis untuk Apa Penyebab Gejala Penyakit Tipes

Anak akan mendapatkan perawatan di RS, dokter memberikan obat antibiotik supaya membunuh bakteri-bakteri jahat yang jadi penyebab tipes. Merupakan tahap pengobatan awal yang dilakukan dokter anak, umumnya akan berlangsung selama 1 sampai 2 minggu awal. Adapun jenis antibiotik yang mereka berikan bisa berbeda-beda, sesuai dengan bagaimana kondisi anak. Ini adalah obat yang harus habis konsumsinya, supaya anak tak lagi terserang tipes dengan mudah.

Perawatan Lanjutan untuk Apa Penyebab Gejala Penyakit Tipes

Setelah anak mendapatkan perawatan medis, atau yang kondisinya memungkinkan untuk melakukan rawat jalan, ada beberapa hal yang bisa orangtua lakukan. Hal ini semata untuk membantu anak kembali pulih sebagaimana biasa. Pastikan anak mendapatkan banyak asupan air putih, bisa juga jus buah serta air kelapa. Supaya anak selalu terhidrasi dan mengembalikan cairan tubuh yang habis karena diare atau demam. Pastikan asupan makanannya pun cukup, penuh dengan gizi yang anak butuhkan.

Bisa juga dengan memberikan air hangat campur madu, baik untuk memulihkan usus anak dan menyehatkan saluran pencernaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.