12 Manfaat dan Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada madu

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada madu? Madu menjadi bahan alami pilihan yang biasa dipilih oleh banyak orang untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain itu, madu juga sering digunakan sebagai perawatan kulit. Madu dihasilkan oleh lebah dan menjadi salah satu pilihan pemanis yang alami. Madu sering dipilih untuk menggantikan posisi gula pada minuman atau makanan. Banyaknya manfaat dan kandungan nutrisi pada madu menjadikannya sangat menyehatkan apabila dikonsumsi dalam batas normal. Tak heran jika madu sangat dikenal di dunia kesehatan bahkan sejak dulu juga sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional. Setiap 100gram madu memiliki kandungan nutri yakni protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, tembaga, seng, niacin, riboflavin, dan vitamin C.

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada madu

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada madu? Madu memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Fruktosa dan glukosa

Madu memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang disebut sebagai gula yang sederhana. Hal tersebut artinya kandungan gula tersebut mudah apabila dicerna tubuh dibandingkan jika anda mengonsumsi gula yang diolah di pabrik. Madu dipercaya memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, bahkan apabila dibandingkan dengan gula. Hal tersebut membuat madu dinilai cocok untuk menjadi pengganti gula pada makanan dan minuman yang anda konsumsi.

  • Mengandung vitamin dan mineral

Dalam madu terdapat kandungan polifenol, enzim, vitamin, air, protein, mineral dan flavonoid. Mineral dan vitamin pada madu bisa memecah jumlah asam lemak dan kolesterol yang ada pada tubuh anda. Vitamin yang terdapat dalam madu di antaranya asam amino, riboflavin, tiamin, niacin dan asam pantotenat. Lalu, mineral yang ada pada madu yakni magnesium, zat besi, sodium, zink, fosfor dan kalsium.

  • Flavonoid

Madu memiliki kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Kandungan ini berasal dari bagian polen yang menjadi antioksidan alami, bebas lemak dan juga kolesterol. Flavonoid yang ada pada madu memiliki nilai antioksidan yang amat tinggi. Dengan demikian, makanan yang mengandung antioksidan banyak dicari banyak orang. Antioksidan dipercaya bisa menangkal radikal bebas pada tubuh, selain itu juga bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit semacam kanker.

  • Memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik

Madu terbukti memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri karena terdapat kadar hidrogen peroksida di dalamnya. Madu memiliki kadar pH keasaman yang mampu mencegah bakteri buruk di hidup anda. Madu bisa membantu percepatan perbaikan luka, membantu percepatan untuk menumbuhkan kulit yang rusak, serta mencegah terbentuknya keloid.

Apa saja kandungan nutrisi pada madu

apa saja kandungan nutrisi yang ada pada madu? Madu memiliki beragam kandungan yang bisa anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja kandungan nutrisi pada madu? Simak jawabannya sebagai berikut:

  • Memiliki kandungan karbohidrat

Karbohidrat yang ada pada madu sangat bermanfaat pada tubuh. Sukrosa dan air menjadi bahan alami utama dalam membentuk madu yang kaya manfaat. Tugas lebah adalah memberikan enzim dan gizi tambahan pada madu yang akhirnya membentuk karbohidrat. Hal tersebut membantu tubuh menambah energi. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan oatmeal. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok madu dengan oatmeal sebagai salah satu menu yang bisa dipilih untuk menu sarapan. Anda juga direkomendasikan untuk mengonsumsi madu setelah melakukan olahraga agar stamina dan sistem imun tetap terjaga.

  • Memiliki kandungan gula alami

Madu dikenal sebagai gula alami yang disediakan oleh alam. Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang bisa menambah rasa makanan dan minuman menjadi manis. Madu lebih aman dikonsumsi daripada gula pasir olahan pabrik. Madu bahkan dipercaya bisa mengurangi resiko anda menderita penyakit diabetes dan jantung. Selain itu, madu bisa menurunkan kolesterol jahat dan peradangan. Madu dianggap sebagai bahan alami yang bisa menambah kolesterol baik yang ada pada tubuh.

  • Memiliki kandungan air

Tak hanya kaya akan antioksidan, madu juga memiliki kandungan air yakni sebesar 18%. Namun, kandungan air yang semakin sedikit pada madu, berarti memiliki nilai gizinya semakin baik. Madu bisa juga dimanfaatkan untuk produk kecantikan alami yang bisa membuat kulit anda menjadi lembab, lembut dan ternutrisi.

  • Memiliki kandungan yang berguna untuk metabolisme tubuh

Madu sangat dipercaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa menjada kesehatan imun anda. Selain itu, madu bisa menurunkan asam lemak dan kolesterol yang  tidak dibutuhkan oleh organ tubuh manusia. Madu bahkan bisa menjadi bagian yang bisa anda konsumsi untuk menjaga keseimbangan berat badan dan bisa menjaga kesehatan organ pencernaan anda. Vitamin B6, asam amino, asam pantotenat, niasin, riboflavin, dan thiamin bisa anda temukan di dalam madu.

  • Memiliki kandungan protein

Kandungan protein yang ada dalam madu yakni sebesar 0,6 gram. Namun, jumlah protein tersebut dinilai kurang untuk mencukupi kebutuhan harian protein anda. Anda bisa mengonsumsi makanan lain dari sayur dan buah atau daging hewan untuk mencukupi kebutuhan harian protein anda.

  • Kandungan vitamin dan mineral

Kadar mineral yang ada pada madu sangat diitentukan dari proses dan tempat dimana madu diletakkan. Madu yang memiliki warna gelap memiliki vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada madu yang memiliki warna pucat. Kandungan fruktosa dalam madu sangat tinggi sehingga memiliki rasa manis yang lebih daripada gula olahan pabrik. Sehingga anda hanya memerlukan sedikit gula pada makanan dan minuman namun tetap bisa menikmati rasa manis.

Kandungan nutrisi yang ada pada madu

Kandungan nutrisi yang ada pada madu diantaranya sebagai berikut:

  • Madu memiliki kandungan vitamin dan mineral

Kandungan tersebut bisa meningkatkan stamina dan gairah seksual seseorang

  • Madu memiliki kandungan vitamin B

Vitamin B pada madu bisa membantu menghasilkan hormon testosteron yang bisa menjaga keseimbangan imun tubuh dan membantu dalam menghasilkan hormon estrogen. Hal tersebut membuat libido seseorang menjadi lebih baik.

  • Memiliki kandungan untuk kesuburan

Madu memiliki kandungan senyawa yang bisa dipilih untuk mengobati kesuburan pada perempuan ataupun laki-laki. Madu dipercaya bisa menguatkan sperma laki-laki. Anda hanya perlu mengonsumsi madu sebelum tidur secara rutin.

  • Memiliki kandungan yang bisa membuat perempuan hamil

Hamil merupakan dambaan setiap perempuan. Namun, terdapat beberapa perempuan yang kesulitan dalam kehamilan. Anda bisa mencoba mengonsumsi madu untuk menguatkan rahim. Anda hanya perlu mengoleskan kombinasi madu dan gula pada bagian gusi. Hal tersebut bertujuan agar bisa lebih mudah tercampur dengan air liur dan membantu lebih mudah dicerna oleh tubuh.

  • Madu memiliki senyawa yang bisa menyuburkan kandungan

Selain bisa membantu menaikkan kemampuan seksual seseorang, madu ternyata bisa merangsang indung telur untuk berovulasi sehingga rahim siap untuk mengandung janin.

  • Mengandung vitamin A

Madu memiliki kandungan vitamin A yang baik anda konsumsi demi menjaga kesehatan mata anda.

  • Memiliki kandungan vitamin C

Kandungan vitamin c yang ada pada madu memiliki fungsi sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas yang ada pada tubuh anda.

  • Kandungan magnesium

Madu memiliki kandungan magnesium yang bisa menyehatkan organ pencernaan anda. Magnesium pada madu bisa membantu mencerna protein, menjaga kesehatan otot. Anda bisa menemukan kandungan magnesium di makanan lainnya seperti daging, susu, biji-bijian dan sayuran yang berwarna hijau. Kandungan magnesium pada madu belum bisa mencukupi kebutuhan asupan nutrisi anda. Anda bisa mengonsumsi makanan lainnya yang mengandung kalium untuk mencukupi kebutuhan harian anda.

  • Madu mengandung kalium

Kalium yang ada pada madu bisa bekerja sama dengan natrium dan sodium untuk menjaga elektrolit dalam tubuh tetap seimbang. Madu memiliki kandungan kalium sebesar 52 mg.

 

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada madu? Berbagai kandungan gizi dan nutrisi pada madu sangat bermanfaat pada tubuh manusia. Anda bisa mengonsumsi madu untuk menyembuhkan beberapa penyakit dan menjaga serta merawat kesehatan kulit. Anda bisa mengonsumsi madu dalam takaran wajar dan tidak berlebihan. Cukupi asupan gizi harian anda dan perhatikan nutrisi yang lain agar tubuh anda memiliki kadar gizi dan nutrisi yang seimbang. Anda bisa mengonsultasikan manfaat madu pada dokter yang anda percaya supaya mengetahui berapa kebutuhan harian gizi yang harus anda cukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.