Apakah ASI Bisa Menularkan Corona?

Untuk membentuk keluarga sehat, ayah, ibu dan anak harus selalu menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi di tengah wabah Covid-19 yang melanda dunia ini. Qadarullah, ibu menyusui bisa saja terpapar virus ini. Lalu bagaimana dengan bayinya? Apakah ASI menularkan Corona?

Semakin hari semakin banyak orang yang positif Corona di Indonesia. Beberapa di antaranya mungkin adalah busui, dan khawatir menularkan pada si kecil.

Apakah ASI Bisa Menularkan Corona?

Banyak orang yang menanyakan hal tersebut, utamanya kaum ibu yang sedang menyusui. Sebab tak semua ibu bisa stay at home, ada yang terpaksa keluar rumah untuk bekerja. Namun tenang saja, sebab sampai sekarang belum ada laporan mengenai hal itu.

Jadi tak ada yang menyatakan bahwa ASI bisa menularkan virus Corona. Maka karena itu, para ibu yang sedang menyusui dan terpapar virus masih boleh memberikan ASI.

Hanya saja, risiko bayi tertular Corona dari ibu masih sangat besar. Utamanya saat ibu yang terkena virus, menyentuh bayinya tanpa cuci tangan dengan sabun. Atau juga karena sang ibu batuk maupun bersin dekat si bayi.

Cara Pencegahan Penularan Corona Pada Bayi

Supaya bisa mencegah adanya penularan virus pada si kecil, disarankan untuk melakukan hal ini:

Pakai Masker

Wajib mengenakan masker saat berada dekat bayi dan anak yang lain, apalagi saat mengASIhi.

Cuci Tangan

Wajib untuk cuci tangan dengan sabun, minimal 20 detik sebelum menyusui. Bahkan sesudah menyusui pun wajib untuk cuci tangan sampai bersih. Puting dan kulit sekitarnya juga harus dibersihkan, sebelum dan sesudah menyusui. Pun demikian jika memerah ASI untuk stok.

Perah ASI

Ini dilakukan jika merasa rentan menulari si kecil dengan virus. Bisa dengan menggunakan pompa elektrik, maupun dengan cara manual. Pastikan alatnya steril, tangan dan payudara pun bersih, botol ASIP juga bersih dan steril

Gunakan Susu Formula

Opsi yang ini saat benar-benar darurat, ya? Sebab bagaimanapun ASI lebih baik. Jika ibu tak mampu menyusui, atau ASI kering, maka susu formula adalah pilihan terbaik.

Karena informasi mengenai infeksi virus Covid 19 pada busui, maka busui harus aktif pencegahan. Lakukan dengan maksimal, supaya si kecil dan ibu menyusui itu sendiri bebas dari infeksi virus

Apabila pada ibu menyusui menunjukkan gejala terinfeksi Covid 19, alangkah lebih baik segera periksakan. Lebih cepat terdeteksi, lebih baik dan keluarga sehat terhindar dari paparan virus.

Beberapa cara pencegahan adalah dengan cuci tangan pakai sabun. Mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, tidur yang cukup juga rutin berolahraga. Apalagi untuk ibu menyusui, yang notabene selalu merasa lapar. Jangan terlalu banyak ngemil, alihkan kebiasaan itu pada makan buah-buahan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.