Apakah Diet Air Putih Aman untuk Kesehatan?

Keluarga Sehat, pernah tergiur untuk melakukan diet air putih? Tetapi apakah diet ini aman? Pada saat menjalani diet air putih, maka tubuh kita tidak mendapatkan asupan kalori sama sekali, sebab air putih tanpa kalori sedikit pun. Kemudian setelah beberapa waktu, maka berat badanmu tentu saja akan turun drastis. Jika tidak berhati-hati, maka tubuhmu bisa kekurangan nutrisinya lho.

Bagaimana Cara Aman Melakukan Diet Air Putih

Jangan buru-buru melakukan diet air putih ya, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang berwenang. Sebab diet ini tidak boleh sembarangan dilakukan. Jika dokter sudah memberikan izinnya, maka diet air putih pun bisa dilakukan.

Supaya diet yang satu ini tidak membahayakan kesehatan kita, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan selama kita sedang menjalani diet air putih, antara lain :

Jika sama sekali belum pernah melakukan diet air putih, maka berlatih dulu sebelum mulai. Misalnya dengan mengurangi porsi makan, setidaknya selama 3 hingga 4 hari sebelumnya.

Ketika melakukan diet ini, maka minum air putih jadi diperbanyak sampai 3 liter atau lebih dalam satu hari.

Jangan mengoperasikan alat berat atau bahkan mengemudikan mobil sekalipun, sebab melakukan diet air putih ini akan membuat kita jadi lemas atau pusing, sehingga berbahaya jika berkendara.

Baiknya jangan melakukan olahraga saat diet ini, sebab tubuh bisa kehilangan nutrisi dan terlalu banyak keringat.

Setelah selesai dengan diet air putih, jangan sampai langsung makan cepat dan porsi besar. Baiknya gunakan saja porsi kecil dulu, lalu bertahap dinaikkan sampai tiga hari ke depan.

Apa Saja Manfaat Diet Air Putih

Melakukan diet air putih dipercaya mampu untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Hanya saja, hal yang perlu diingat adalah penurunan berat badan yang terjadi akibat berkurangnya air dan juga cadangan karbohidrat di otot atau glikogen. Dan bukan lemak yang berkurang. Sebab pemecahan lemak akan dimulai mulai dari hari kedua berikutnya.

Bukan hanya menurunkan berat badan, namun diet jenis ini juga mampu memberikan manfaat :

Bisa menurunkan tekanan darah
Akan memicu proses peremajaan tubuh yang lebih cepat
Bisa mengurangi risiko penyakit kronis, misalnya kanker, diabetes dan penyakit jantung
Mampu mengurangi stres

Sekalipun diet air putih ini akan menurunkan berat badan kita, hanya saja diet ini tetap memiliki efek samping yang berbahaya. Yakni bisa menyebabkan kekurangan nutrisi, dehidrasi dan juga hipotensi pun bisa terjadi.

Bukan hanya itu, melakukan diet air putih juga bisa sebabkan sakit kepala, susah untuk berkonsentrasi dan juga nantinya kalap setelah det ini berakhir. Maka karenanya, lakukan dulu konsultasi dengan dokter, sebelum memutuskan untuk melakukan diet air putih ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.