Apakah Olahraga Saat Perut Kosong itu Aman?

olahraga saat perut kosong

Keluarga sehat pasti pernah mendengar mitos olahraga saat perut kosong bisa membakar lebih banyak lemak. Diharapkan dengan membakar lebih banyak lemak bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Tapi apakah hal itu benar adanya? aman kah?

Melakukan olahraga saat perut kosong dikenal sebagai fasted cardio. Jadi teknik ini banyak diyakini bisa membantu mempercepat penurunan berat badan kita. Memang pendapat ini tidak sepenuhnya salah ya, hanya saja apakah ini aman bagi tubuh kita? Apalagi untuk jangka panjang.

Apa Manfaat Olahraga Saat Perut Kosong

Pada saat perut kosong, maka tubuh kita akan menggunakan cadangan makanan untuk diolah dan dijadikan sumber energi untuk aktivitas. Kemudian tubuh akan memanfaatkan cadangan karbohidrat, setelah itu baru membakar cadangan lemak yang ada.

Harapannya saat berolahraga dengan perut kosong, cadangan lemak akan dibakar sebagai energi untuk aktivitas dan bisa mengurangi timbunan lemak dan mengurangi berat badan yang berlebihan.

Rupanya hal ini ternyata salah. Sebab dalam sebuah penelitian telah diungkapkan bahwa tidak ada perbedaan dalam jumlah kalori yang terbuang dan jumlah lemak yang terbakar ketika seseorang berlari selama 60 menit, baik dalam keadaan perut kosong atau tidak alias sudah terisi makanan.

Ini Risiko Olahraga saat Perut Kosong

Selain tidak ada manfaatnya yang lebih jelas, ada risiko yang bisa terjadi jika olahraga saat perut kosong. Ini adalah beberapa efek negatif bagi kesehatan, yakni sebagai berikut :

Bisa meningkatkan risiko terjadinya rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia. Biasanya akan pusing, gemetar, mual dan sampai pingsan alias colapse.
Stamina menurun dan tak bisa olahraga dengan maksimal. Bukannya membakar lebih banyak lemak, malah hanya membakar sedikit sebab tak tahan lama berolahraga.
Meningkatkan nafsu makan setelah olahraga dengan perut kosong.

Pilih Makanan dan Minuman ini Jika Ingin Berolahraga

Sebenarnya olahraga dengan perut kosong tak sepenuhnya berbahaya, namun itu tergantung jenis olahraga yang dilakukan. Apabila ingin melakukan olahraga berat lebih dari satu jam, sangat dianjurkan untuk makan terlebih dahulu supaya bisa mencegah efek negatif yang telah disebutkan. Tetapi jika hanya ingin berjalan santai atau jogging dalam waktu singkat, maka olahraga saat perut kosong tidak menjadi masalah sama sekali.

Nah, apabila ingin mengisi perut sebelum berolahraga, maka perhatikan hal-hal berikut ini ya:

Biasakan makan dua jam sebelum olahraga dan konsumsi makanan yang rendah lemak, sayuran hijau, buah, telur dan susu rendah lemak dan perbanyak juga minum air putih saja.
Namun jika terburu-buru, makan makanan yang lebih ringan seperti buah, energy bar atau roti saja.

Melakukan olahraga saat perut kosong memang tak bisa dikatakan keliru, walau begitu manfaatnya pun belum jelas dan masih harus waspada saat melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.