Apakah Sushi Aman untuk Ibu Menyusui?

sushi untuk ibu menyusui

Keluarga Sehat ada yang sedang menyusui? dan ingin makan sushi atau ingin makan ikan mentah? Tapi takut dan bingung aman atau tidak? Di bawah ini ada fakta apakah sushi aman untuk ibu menyusui. Cek, ya!

Rasa khawatir yang muncul jika ingin mengonsumsi sushi atau ikan mentah adalah kualitas ASI. Takut jka kualitas ASI akan menurun jika makan ikan mentah. Hal ini bisa saja terjadi, namun jika tepat cara pengolahan dan konsumsinya, maka aman saja.

Cara Konsumsi Sushi untuk Ibu Menyusui

Dari penelitian ilmiah didapatkan bahwa mengonsumsi sushi saat menyusui tak menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi. Namun bisa saja ibu menyusui mengalami keracunan, karena pengolahan yang tak tepat.

Jika busui tak jeli memilih jenis ikan untuk sushi, maka bisa terjadi keracunan makanan setelah mengonsumsi sushi mentah. Jika membuat sushi dari ikan dengan merkuri tinggi, contoh makarel, kakap merah, marlin, tuna dan ikan mahi mahi, maka bisa menyebabkan keracunan. Itulah kenapa bumil dan busui, juga anak-anak diharapkan menghindarinya saja.

Tak hanya itu, jika sushi atau ikan mentah terkontaminasi oleh parasit dan bakteri, misal listeria atau salmonella, maka bisa menimbulkan keracunan juga. Itulah mengapa cara pengolahan dan cara penyajiannya pun tak boleh sembarangan.

Jadi bukan hanya memperhatikan jenis ikan dan bagaimana mengolahnya saja. Busui juga harus mencuci tangan dengan bersih sebelum makan. Hal ini dimaksudkan supaya tak ada kuman dan bakteri yang masuk dalam tubuh busui.

Jadi kesimpulannya, busui ingin makan sushi atau ikan mentah sesekali saat menyusui sangat boleh. Sebab, dengan konsumsi ikan menyehatkan karena mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh busui dan si kecil. Tetapi pastikan memilih sushi untuk ibu menyusui supaya aman dan tidak menimbulkan khawatir ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.