Asam Urat Tinggi? Ini 10 Makanan untuk Penderita Asam Urat

infokeluargasehat.com – Asam Urat Tinggi? Ini 10 Makanan untuk Penderita Asam Urat. Makanan untuk Penderita Asam Urat, penyakit asam urat alias gout adalah bentuk penyakit sendi (Arthritis) implikasi kandungan asam urat yang terlampau tinggi di dalam tubuh. Keunggulan cairan asam urat ini lama-lama akan berkumpul dan mengeras di persendian, supaya mengakibatkan nyeri sendi.

Tidak benar satu penyebab asam urat yang tinggi adalah makanan tinggi purin, layaknya jeroan dan makanan bahari (Seafood), terhitung ikan. Oleh gara-gara tersebut, penderita asam urat wajib konsumsi makanan rendah purin untuk mendukung turunkan persentase asam urat didalam tubuhnya. Tak hanya tersebut, sebagian makanan bersama kadar zat eksklusif diyakini sanggup menolong menangani penyakit ini.

Tetapi, kudu dijangkau bahwa bukan tersedia makanan yang dapat jadi penyembuh atau obat asam urat. Menerjemahkan pola makan sehat utamanya menolong turunkan risiko agresi asam urat berulang dan memperlambat laju rusaknya yang dikirim.

Berikut daftar makanan yang boleh dimakan dan sering jadi anjuran untuk penderita asam urat:

Asam Urat Tinggi Ini 10 Makanan untuk Penderita Asam Urat

1. Buah Ceri

semua buah-buahan umumnya baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Tetapi, berasal dari seluruh tipe buah, ceri terlalu disarankan gara-gara diyakini sanggup jadi penurun persentase asam urat.
Buah ceri punya kandungan antosianin, yaitu pigmen berwarna merah-ungu, yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Adapun persentase itu terbukti mampu turunkan takaran asam urat, meredakan nyeri sendi, dan juga kurangi risiko terjadinya agresi asam urat. Efektivitasnya akan meningkat bila dikonsumsi sejalan bersama dengan obat asam urat allopurinol atau colchicine.

Dilansir berasal dari Kidney Atlas, lebih dari satu penelitian menyatakan keefektifan buah ceri di dalam pengobatan asam urat. Keliru satu penelitian tunjukkan, partisipan yang konsumsi 10-12 ceri, baik buah segar maupun ekstrak buah terhitung jus, sampai tiga kali sehari, mengalami penurunan agresi asam urat sampai 35 prosen.
Meski demikian, ceri terhitung buah yang punya kandungan gula tinggi. Oleh dikarenakan tersebut, sebaiknya anda berhati-hati konsumsi buah ini bila anda juga mempunyai riwayat penyakit diabetes.

2. Lemon

selain ceri, buah lainnya yang baik untuk dikonsumsi dan diyakini mampu jadi penurun asam urat adalah lemon, terhitung jus lemon. Takaran vitamin C di dalam lemon diakui bisa menolong meredakan nyeri dan juga kurangi peradangan implikasi asamurat yang tinggi.

Dilansir berasal dari Arthritis Foundation, Tuhina Neogi, dosen kedokteran di Boston University School of Medicine, menuturkan vitamin C mampu menopang kerja ginjal lebih efisien di dalam membuang keistimewaan asam urat di dalam darah. Meski demikian, diperlukan lebih segudang penelitian untuk menyatakan keefektifan itu.
Tak hanya lemon, penderita asam urat juga bisa konsumsi makanan atau buah yang mempunyai kandungan vitamin C lainnya, layaknya jeruk, nanas, jeruk bali, dan stroberi.

3. Pisang

pisang juga mampu dijadikan buah pilihan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Pasalnya, pisang mempunyai kandungan kalium yang tinggi, yang sanggup menghambat pembentukan kristal asam urat didalam tubuh.

Tidak cuman tersebut, bila kristal asam urat sudah terbentuk, kalium mampu menghindar pengerasan kristal itu agar akan lebih ringan dikeluarkan oleh ginjal. Anda mampu mengkonsumsi satu atau dua buah pisang tiap tiap hari untuk menolong turunkan asam urat.

4. Buah Kersen

buah kersen atau bersama dengan julukan lain Jamaika cherry pun disebut mampu jadi keliru satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Suatu penelitian eksperimental year 2013 yang dikerjakan terhadap mencit atau tikus kecil sudah tunjukkan kegunaan buah kersen untuk menangani asam urat.

Di dalam penelitian ini diketahui bahwa bantuan buah kersen didalam bentuk jus mampu mempengaruhi penurunan kandungan asam urat darah, meski penurunan ini bukan ditetapkan memakai allopurinol. Tapi, terhadap penelitian lainnya, perlindungan jus buah kersen selama 8 hari justru disebut bukan merubah persentase asam urat seseorang.

Meski masih kontroversial, buah kersen terus boleh dikonsumsi gara-gara punya kandungan senyawa antioksidan yang baik bagi penderita asam urat.

5. Susu rendah lemak

susu segar maupun makanan atau minuman yang diolah berasal dari susu, layaknya keju dan yogurt, baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Tapi, model susu yang dipilih kudu rendah lemak atau tanpa lemak (Susu skim atau rendah lemak), sehingga sanggup mendapat kegunaan itu.

Fact, Arthritis Foundation memperlihatkan bahwa susu rendah lemak bisa menunjang turunkan kandungan asam urat didalam darah dan kurangi risiko agresi muncul sewaktu-kala. Pasalnya, protein didalam susu mampu mengeluarkan asam urat lewat urin.

6. Lentil, kacang polong, dan buncis

sebuah penelitian yang di New England Journal of Medicine, menyimpulkan makanan yang mempunyai kandungan protein lebih baik untuk penderita asam urat berasal dari protein hewani. Penelitian itu melaporkan asupan protein botani bukan sebabkan kekambuhan gejala asam urat, bukan layaknya protein hewani.

Lebih dari satu makanan punya kandungan protein botani yang baik dikonsumsi penderita asam urat, layaknya kacang polong, buncis, dan lentil. Makanan yang tergolong didalam model legum ini punyai kandungan purin yang rendah dan lebih-lebih bisa melindungi anda berasal dari agresi asam urat.

7. Brokoli, wortel, dan tomat

sayur-sayuran adalah makanan sehat untuk seluruh orang, terhitung penderita asam urat. Tapi, anda mesti lebih hati-hati didalam memilih type sayuran. Pasalnya, lebih dari satu sayuran, layaknya bayam atau asparagus, mempunyai kandungan purin tengah-tinggi agar jadi pantangan bagi penderita asam urat.

Sebagai, konsumsilah sayuran yang segudang mempunyai kandungan purin rendah, layaknya brokoli, wortel, atau tomat. Brokoli diketahui sebatas mempunyai kandungan 70 mg purin per 100 gram beratnya, wortel 2,2 mg, sedangkan tomat ceri 3,1 mg, supaya sayuran ini justru sanggup jadi penurun asam urat.
Tak hanya tersebut, ketiga type sayuran itu pun memiliki kandungan beraneka senyawa antioksidan yang berfaedah bagi penderita asam urat.

Tak hanya brokoli, wortel, dan tomat, sayuran rendah purin apapun juga baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Dikarenakan, terhadap dasarnya, sayuran apapun yang bukan punya kandungan purin tinggi boleh dimakan penderita asam urat, layaknya kentang, timun, kubis, dan lainnya.

8. Kopi

beberapa penelitian memperlihatkan bahwa minum kopi di dalam jumlah tengah, baik kopi biasa maupun kopi tanpa kafein, baik bersama dengan penurunan risiko. Meski demikian, belum tersedia penelitian yang memperlihatkan alasan kopi mempunyai pengaruh itu.

Tidak cuman tersebut, anda pun disarankan untuk bukan konsumsi kopi bila punya situasi medis lain. konsultasikan terlebih dahulu bersama dengan dokter bila dambakan mengkonsumsi kopi sebagai keliru satu cara untuk turunkan kandungan asam urat.

9. Teh Hijau

teh terbilang ampuh untuk turunkan kandungan asam urat. Mau bukti? Tersedia belajar US National Library of Medicine – National Institutes of Health, berkenaan khasiat teh hijau pada takaran asam urat tubuh.
Belajar ini mengatakan teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa ini yang dapat menahan produksi asam urat di dalam tubuh. Di samping tersebut, teh hijau juga mampu mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu didalam ginjal.

10. Karbohidrat Komplek

salih-Alih nasi putih, ganti makanan pokok harianmu jadi sumber karbohidrat kompleks. Gara-gara, konsumsi makanan sumber karbohidrat menahan kekambuhan asam urat, sebab menaikkan pengeluaran asam urat lewat urin.

Makanan sumber karbohidrat kompleks juga biasanya membutuhkan kala lebih lama untuk dicerna tubuh. Style makanan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan kondusif dikonsumsi oleh pengidap asam urat adalah kentang, jagung, beras merah, dan ubi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.