BAB Berdarah Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

bab berdarah saat hamil

Bab berdarah saat hamil? Sebenarnya masalah yang satu ini bukan hal yang aneh, bahkan tergolong umum ditemukan pada ibu hamil. Apalagu pada trimester terakhir, juga sampai beberapa minggu setelah melahirkan. Itu adalah wasir, dan bisa terjadi ketika pembuluh darah yang ada di bagian anus melebar, seakan bengkak di bagian anus.

Saat anus yang bengkak dilalui tinja yang keras atau bahkan mengejan saat buang air besar, maka pembuluh darah bisa robek dan akhirnya terjadi perdarahan. Bahkan dengan mengelap anus dengan tisu, bisa menyebabkan perdarahan pada pembuluh darah yang bengkak itu.

Tak hanya karena wasir, namun BAB berdarah saat hamil ada yang disebabkan fisura ani, yakni dinding anus mengalami robekan. Jika mengalami fisura ani maka bisa menimbulkan keluhan nyeri pada anus ibu hamil.

Bagaimana Cara Mengatasi BAB Berdarah di Rumah

Biasanya BAB berdarah saat hamil yang ringan dan disebabkan oleh wasir bisa sembuh sendiri. Namun jika wasir tetap ada, maka lakukan beberapa cara ini untuk meredakannya. Walau begitu, konsultasi ke dokter tetap dibutuhkan, ya!

Salah satu cara mencegah terjadinya BAB berdarah pada ibu hamil, adalah dengan menjaga supaya tidak terjadi sembelit. Antara lain adalah :

Makan makanan kaya serat

Penting sekali mengonsumsi makanan kaya serat, contohnya sereal dan roti dari biji-bijian utuh. Jangan lupakan konsumsi sayur dan buah secara rutin, setiap harinya. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, bisa juga lengkapi dengan satu gelas jus buah yang segar.

Jangan menunda BAB

Saat muncul dorongan untuk BAB, maka jangan ditunda dan jangan terlalu kuat saat mengejan.

Jangan terlalu lama berdiri dan duduk

Untuk menghindari bab berdarah pada ibu hamil, maka jangan terlalu lama duduk atau berdiri. Saat tidur pun dalam posisi menyamping, supaya tekanan pada pembuluh darah di anus bisa dikurangi.

Sit bath

Ibu hamil bisa duduk sambil merendam anus di baskom besar, atau bathub. Gunakan air hangat setidaknya dua kali sehari. Boleh juga mengompres area sekitar anus dengan menggunakan es untuk meredakan gejala wasirnya.

Gunakan tisu yang lembut

Untuk mengelap anus, gunakan tisu yang lembut, putih dan tanpa pengharum apapun. Bersihkan dari arah depan ke belakang.

Konsumsi suplemen serat secukupnya

Ibu hamil biasanya diberikan suplemen serat, konsumsi sesuai anjuran dokter saja. Sebab vitamin prenatal tersebut mengandung zat besi dan bisa menimbulkan efek samping sembelit.

Apabila perdarahan yang disebabkan wasir dan fisura ani, memang bisa memicu rasa sakit pada anus. Bisa juga membuat air di dalam toilet terlihat kemerahan. Misalnya darah yang keluar hanya sedikit dan langsung berhenti, maka itu baik-baik saja. namun jika berkelanjutan, maka membutuhkan bantuan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.