Bagaimana Flek Tanda-Tanda Kehamilan?

flek tanda kehamilan

Keluarga Sehat, adakah yang sedang menanti kehamilan? Memang tak semua wanita tahu salah satu tanda kehamilan adalah ada flek di awal kehamilan. Tidak semua wanita mengetahui contoh flek tanda kehamilan juga seperti apa penampakannya. Yang jelas, ada perbedaan yang sangat jelas dibandingkan dengan flek biasa sebelum menstruasi.

Perlu diketahui bahwa flek tanda hamil disebut juga sebagai pendarahan implantasi, umumnya terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi atau embrio menempel pada lapisan dinding rahim ibu. Adanya flek yang keluar dari vagina tersebut akan terjadi pada kira-kira sebanyak 20% wanita di awal kehamilannya, kurang lebih di 12 minggu pertama. Tenang saja, hal ini sangat normal.

Bagaimana Contoh Flek Tanda Kehamilan yang Normal

Umumnya pendarahan ringan sebagai tanda kehamilan ini muncul sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan, bahkan bisa bertepatan dengan jadwal mens. Tak heran jika banyak wanita yang mengira itu adalah darah menstruasi. Nah, supaya tidak salah lagi, di bawah adalah beberapa contoh flek tanda kehamilan yang harus diketahui :

Flek dengan durasi yang singkat

Tak sama dengan haid bulanan, pendarahan implantasi hanya beberapa jam saja, dan 3 hari paling lama. Berbeda jelas dengan haid yang bisa sampai 10 hari terus menerus.

Warna merah muda hingga cokelat tua

Kemudian contoh flek sebagai tanda kehamilan lainnya ialah warnanya yang pink sampai coklat tua, beda dengan darah haid. Umumnya berwarna merah darah terang dan jumlahnya banyak. Beda dengan flek kehamilan, sebab flek yang muncul hanyalah flek ringan saja dan sedikit, umumnya berupa bercak atau tetesan ringan.

Apabila mengalami flek, untuk mengeceknya bisa kenakan panty liner, jadi kita bisa tahu seperti apa warnanya. Jangan gunakan tampon atau gurah vagina, ya. Sebab bisa membahayakan kehamilan kita.

Ada nyeri ringan

Ternyata sebagian wanita yang mengalami flek tanda kehamilan pun mengalami nyeri ringan di bagian perut bawahnya. Wajar karena terjadi proses menempelnya embrio ke dinding rahim sang ibu.

Waspadalah jika merasakan nyeri yang berat dan disertai dengan pendarahan yang deras, segera konsultasi ke dokter karena bisa saja kehamilan kita bermasalah.

DIbarengi dengan tanda kehamilan yang lain

Tak hanya keluarnya flek saja, ada pula beberapa tanda awal kehamilan yang perlu diketahui, yaitu terlambat menstruasi, suhu tubuh meningkat selama awal kehamilan seperti demam, merasa mudah lelah, mood yang berubah, sering kencing, perut terasa kembung dan susah BAB.

Apabila flek tersebut datang setelah satu sampai dua minggu paska berhubungan badan, maka bisa jadi sedang mengandung. COba perhatikan jika flek cocok dengan contoh flek tanda kehamilan yang telah disebutkan. Bisa gunakan tespek untuk pengujian yang lebih jelas, serta konsultasi ke dokter untuk menjaga kehamilan kita sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.