Bahaya Boba yang Tidak Kita Ketahui

bahaya boba

Keluarga Sehat, pasti sudah tak asing dengan bubble tea atau sering disebut ‘boba’. Teh susu kekinian ini lezat dan manis, tampilannya juga sangat menarik. Banyak yang suka dengan boba, tapi ternyata mengonsumsi bubble tea secara berlebihan egeknya buruk. Bahaya boba untuk kesehatan ada banyak sekali.

Memang teh yang menjadi bahan dasar minuman ini miliki beragam manfaat untuk tubuh. Sebab kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Tetapi beda urusannya jika sudah menjadi bubble tea. Sebab boba tak disarankan untuk diminum setiap hari. Alasannya karena bahaya boba di bawah ini.

Ini Dia Risiko Minum Bubble Tea secara Berlebihan

Berikut ini adalah bahaya boba yang bisa mengintai, jika terlalu sering dikonsumsi tiap hari :

Obesitas

Teh disarankan untuk diet penurunan berat badan, tapi bubble tea sebaliknya karena membuat berat badan naik. Sebab ada tambahan susu dan creamer, bahkap sirup dan perisa buatan. Satu porsi bubble tea adalah 500 kkal.

Merusak gigi

Kita tahu jika bubble tea terdiri dari teh, gula dan susu, dengan es batu. Walau susu baik untuk kesehatan gigi, tetapi bahan lainnya justru membuat gigi tak sehat. Misalnya berlubang. Sebab gula dan bahan tambahan lain akan menjadi zat asam oleh bakteri di .dalam mulut, akhirnya enamel gigi terkikis.

Bisa sembelit

Karena pearl dalam sajian bubble tea rendah serat, maka bisa membuat kita jadi sembelit. Bahaya boba ini juga disebabkan tambahan zat bernama guar gum (untuk pearl).

Tips Meminimalkan Bahaya Boba

Jika kita adalah pecinta boba, berhenti total mengonsumsinya tentu susah. Tapi ada cara untuk meminimalkan bahaya boba yang bisa diikuti sebagai berikut :

Lebih baik pesan bubble tea dengan takaran gula sedikit atau tanpa gula. Termasuk sirup dan konsentrat buah.
Pilih boba dengan susu rendah lemak, dibanding creamer non dairy atau kental manis.
Jangan pakai pearl, atau setidaknya dikurangi takarannya.
Konsumsi bubble tea di gelas standar atau kecil dan jangan konsumsi tiap hari.
Selalu minum lebih banyak air putih, makan sehat dengan gizi seimbang tiap hari.

Keluarga sehat, memang teh kekinian atau bubble tea sangat menarik dan memiliki enak. Namun dengan mengonsumsinya secara berlebihan, bahaya boba tidak baik untuk kesehatan. .

Leave a Reply

Your email address will not be published.