Inilah 3 Penyebab, Gejala dan Bahaya Penyakit Prostat

Bahaya Penyakit Prostat

Tidak banyak orang tahu mengenai bahaya penyakit prostat. Bahkan mungkin banyak orang yang asing dengan permasalahan tersebut. Namun di kalangan laki-laki permasalahan ini telah dipahami. Penyakit yang menyerang prostat ini sering ditemui pada laki-laki yang memiliki usia di atas 50 tahun.  Prostat merupakan kelenjar eksorin yang terdapat di organ reproduksi laki-laki dan membungkus saluran kencing laki-laki. Prostat memiliki fungsi sebagai penyimpan dan berfungsi mengeluarkan cairan yang menjadi bagian dari mani. Prostat yang normal memiliki ukuran seperti biji kenari, dan akan bertambah sesuai dengan usia laki-laki tersebut. Kelainan pada prostat yakni meliputi pembengkakan ukuran prostat, kanker prostat dan peradangan pada prostat.

Gangguan prostat

Prostat yang menjadi bagian penting dalam organ reproduksi  laki-laki hendaknya diperhatikan kesehatannya. Prostat merupakan kelenjar yang terdapat di bagian bawah kandung kemih. Prostat memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan yang berfungsi untuk menjaga sperma pada laki-laki.  Gangguan prostat menjadi sebuah kelainan atau penyakit yang menyerang prostat. Gangguan pada prostat dapat terjadi ketika sel-sel yang terdapat di dalam prostat mengalami perubahan dan berubah menjadi tumor. Tumor pada prostat memiliki sifat yang jinak ataupun dapat mengarah menjadi kanker. Apabila sel tersebut memiliki sifat ganas atau mengarah ke kanker, maka tumor dapat menyerang ke organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, deteksi dini kanker prostat sangat diperlukan untuk mendapat penanganan yang terbaik.

Penyebab prostat adalah?

Penyebab prostat adalah adanya berbagai kelainan yang menyerang prostat pada laki-laki. Beragam kelainan atau penyakit yang menyerang prostat tersebut memiliki penyebab dan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa penyebab dan jenis kelainan yang menyerang prostat:

  • Peradangan pada prostat

Prostat dapat mengalami peradangan atau pembengkakan pada kelenjar prostat laki-laki.  Infeksi bakteri dari penyakit menular seksual menjadi salah satu penyebabnya. Biasanya bakteri yang mengakibatkan peradangan adalah bakteri streptokokkus, entrobakteri, escherichia coli dan psuedomonas. Bakteri-bakteri tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa apabila tidak segera ditangani. Sehingga jika menderita radang prostat sebaiknya segera mendatangi dokter kulit kelamin terdekat.

  • Benign Prostatic Hyperplastia (BPH) atau Pembesaran prostat jinak

Kelainan atau penyakit yang menyerang prostat yang satu ini merupakan bentuk pembesaran pada prostat. Pembesaran pada prostat tersebut membuat terjadinya penyempitan di saluran kemih. Kondisi tersebut membuat penebalan di otot pada saluran kemih. Kondisi ini membuat seseorang tidak bisa buang air kecil. Keadaan ini juga dapat menyebabkan inkripsi pada RNA karena perubahan yang terjadi di testosteron menjadi DHT sehingga membuat DHT masuk ke dalam inti sel prostat. Penyebab dari kelainan ini belum diketahui secara pasti. Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa pembesaran prostat jinak dapat disebabkan adan perubahan hormon seseorang karena penuaan.

  • Kanker prostat

Kanker prostat terjadi karena perubahan DNA atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada kelenjar prostat. Faktor usia, obesitas dan riwayat keluarga dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Kondisi ini harus segera ditangani agar sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh yang lainnya. Karena hal tersebut akan membahayakan kondisi seseorang. Namun apabila kanker dapat terdeteksi sejak dini, maka angka kesembuhannya semakin tinggi. Sehingga deteksi kanker prostat sejak dini sangat penting dilakukan.

 Bahaya penyakit prostat

Bahaya penyakit prostat terbagi menjadi dua golongan yakni kondisi yang cepat menyebar dan lambat menyebar. Golongan cepat menyebar seperti pada sel kanker yang telah berkembang di area prostat dan juga telah menyebar ke organ tubuh lain terutama punggung atau tulang belakang. Selanjutnya adalah golongan lambat menyebar dan meluas. Kondisi ini memungkinkan sel kanker prostat tidak menyebar secara cepat dan meluas. Akan tetapi karena sifatnya yang lambat dan jinak maka tidak akan mengalami pergerakan atau menyebar ke organ tubuh lainnya. Semua kembali lagi kepada sistem kekebalan tubuh serta kekuatan hormon yang dimiliki oleh setiap orang yang menderita kelainan pada prostatnya.

 Apakah penyakit prostat berbahaya?

Apakah penyakit prostat berbahaya? Semua tergantung pada kelainan yang menyerang prostat. Apabila kelainan yang menyerangnya dengan gejala ringan atau kondisi ringan maka cukup dengan diterapi obat. Namun apabila ternyata ditemui adanya kelainan pada sel-sel yang ada di dalam prostat maka orang tersebut memerlukan penangan yang cepat dan tepat. Maka penting untuk laki-laki melakukan skrining atau deteksi dini apakah terdapat sel-sel abnormal pada kelenjar prostatnya atau tidak. Penanganan yang cepat dan tepat tentunya akan sangat membantu pertolongan pada nyawa seseorang. Karena sel ganas cenderung dapat berkembang dengan cepat. Sehingga saat seseorang dideteksi memiliki sel kanker pada prostatnya maka harus secepatnya mendapat penanganan medis.

Penyakit prostat apakah berbahaya

Penyakit prostat apakah berbahaya? Tergantung pada penyakit yang diderita oleh orang tersebut. Jika seseorang mengalami peradangan pada prostat maka orang tersebut hanya perlu terapi penggunaan obat yang diresepkan oleh dokter. Apabila orang tersebut menderita pembengkakkan jinak pada jaringan prostatnya, maka orang tersebut harus mengikuti rangkaian terapi dan konsumsi obat-obatan dari dokter. Sedangkan untuk gejala-gejala yang mengarah ke sel kanker maka orang tersebut biasanya akan menjalani operasi apabila ditemui sel kanker pada stadium awal. Lalu menjalani kemoterapi dan radiasi apabila sudah berada pada stadium lanjut. Sehingga apabila anda menemukan kelainan pada kelenjar prostat anda, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

 Bahaya prostatitis

Bahaya prostatitis merupakan suatu keadaan dimana kelenjar prostat berubah menjadi bengkak serta nampak peradangan. Kelenjar prostat yang terletak di bawah kandung kemih memiliki fungsi menghasilkan cairan yang bertugas memberi nutrisi pada sel sperma. Prostatitis yang diawali dengan gejala nyeri, sulit buang air kecil dan air besar, urin berwarna merah, ada darah dalam urin, nyeri pada perut dan mengalami flu dan demam hendaknya segera mendapat penanganan medis.

Tentang penyakit prostat

Tentang penyakit prostat yang sering dialami para laki-laki merupakan hal yang tidak boleh diremehkan. Benign Prostatic Hyperplasia atau biasa disingkat sebagai BHP sering ditemui dan menyerang prostat laki-laki.  Pembengkakan prostat pada kasus BHP disebabkan oleh faktor usia dan hormon pada seseorang. Lalu prostatitis yang merupakan pembengkakan terjadi karena ditemukannya infeksi. Hal tersebut menyebabkan prostatitis jarang ditemui. Sedangkan BHP sering ditemui dan diderita oleh banyak laki-laki. Prostatitis disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada urin atau saluran kemih laki-laki. Sehingga menyebabkan peradangan pada kelenjar prostat.

Dampak penyakit prostat

Penyakit prostat juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) menjadi dampak adanya retensi urin pada laki-laki. Kelainan prostat yang diderita seseorang akan menjadikan orang tersebut kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih atau saluran kencingnya. Hal tersebut akhirnya menyebabkan munculnya penyakit lain yakn infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Jika mengalami kondisi demikian, segera hubungi dokter untuk mendapat pengobatan.

Bahaya penyakit prostat sering mengintai kaum laki-laki. Namun sekiranya tetap tenang dan tidak perlu khawatir. Apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, tak perlu ragu untuk berkonsultasi pada dokter yang anda percaya. Sebab dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat maka kelainan pada prostat anda akan dapat disembuhkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.