Bahaya Rayap untuk Kesehatan Manusia

Ada berbagai macam jenis hama, mulai dari hama tanaman sampai hama yang ada di dalam rumah. Jenis hama di dalam rumah ini ada yang bisa dilihat secara kasat mata karena ukurannya yang cukup besar, dan ada juga yang tak bisa dilihat secara kasat mata karena ukurannya yang memang kecil-kecil.

Contohnya saja rayap, hewan yang disebut juga sebagai anai-anai atau semut putih ini cukup membuat manusia merasa kesal. Sebab hewan yang tinggal secara berkoloni ini akan memakan kayu-kayuan di dalam rumah hingga keropos dan rusak.

Bukan main-main, hewan yang sudah masuk ke golongan hama ini tak bisa Anda sepelekan bahayanya. Tak hanya akan mengakibatkan kerugian besar saja, namun juga akan membuat Anda jadi terganggu dalam melakukan aktivitas harian di dalam rumah.

Bahaya Rayap yang Harus Diwaspadai

Bagi Anda yang masih belum mersakan bahaya rayap untuk kesehatan, setidaknya ketahui dulu bahaya rayap untuk manusia lainnya. Dari semua bahaya tersebut, akan membawa bahaya juga untuk tubuh Anda jika dibiarkan terus menerus.

Apa saja bahaya dari rayap untuk manusia?

Bisa Merusak Dokumen Penting

Di mana Anda biasa meletakkan dokumen lama? Misalnya seperti akta kelahiran, surat tanah atau ijazah? Pasti di simpan di dalam lemari. Memang tak ada salahnya jika Anda ingin meletakkan dokumen tersebut di sana, hanya saja jangan ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama.

Mengapa? Sebab benda-benda yang disimpan dalam lemari kayu dalam jangka waktu yang lama berpotensi dirusak oleh rayap. Masih untung jika hanya sebagian kecil saja yang dimakan rayap, bagaimana jika seluruhnya? Sudah tentu Anda akan dibuat repot untuk mengurus ulang dokumen-dokumen tersebut.

Merusak Kerangka Rumah

Mayoritas rumah di Indonesia masih menggunakan kayu sebagai kerangkanya, itulah mengapa bahaya rayap untuk manusia sangat besar. Rayap sangat menyukai kayu, apalagi kayunya masih sangat muda dan masih empuk, sehingga mudah untuk mereka makan.  Sebab, sekali kerangka kayu dimakan rayap maka mereka tak akan berhenti dan membuat kerangka rumah jadi bobrok.

Tak heran jika mereka akan mengikis sedikit demi sedikit kerangka rumah Anda, yang terbuat dari kayu. Itulah mengapa banyak orang yang mengakalinya dengan menggunakan kayu tua untuk kerangka rumah, supaya lebih kuat, keras dan tahan rayap.

Risiko Rumah Rubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kerangka rumah yang sudah keropos karena rayap jadi bobrok. Karena telah bobrok, maka rumah tersebut pun berisiko untuk rubuh kapan pun tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Hal ini tentu akan sangat membahayakan bagi manusia yang tinggal di dalam rumah tersebut, bisa saja rubuh saat tengah malam di mana penghuni rumah sedang tidur dengan nyenyak. Jika hal itu terjadi, bukan hanya mengalami kerugian yang besar, namun juga bisa membahayakan jiwa Anda sekeluarga.

Berbagai Furnitur Rusak

Karena rayap bukan hanya akan memakan kerangka kayu saja, namun juga berbagai furnitur yang berbahan kayu juga. Biasanya yang paling sering jadi sasaran empuk adalah lemari, kursi, kusen jendela dan lainnya. Furnitur tersebut biasanya diletakkan dalam jangka waktu yang lama di tempat yang sama, dan menjadi makanan lezat untuk rayap.

Lingkungan Rumah Kotor dan Dekil

 Seperti yang diketahui, jika bekas rayap akan menimbulkan kekotoran. Mulai dari sisa-sisa kayu, serpihan kayu dan juga tanah yang lengket. Kotoran yang tertinggal itu bisa menyebabkan banyak masalah, terutama untuk kesehatan.

Selain membuat rumah jadi terlihat sangat berantakan, dengan adanya sisa-sisa rayap bisa menimbulkan masalah kesehatan terutama pada pernapasan. Debu dan kotoran, serta bau apeknya bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin rumah yang aman dan bebas dari rayap, rajin bersihkan rumah dan rotasi furnitur, jangan lupa pakai jasa anti rayap Jakarta sehingga rumah Anda bebas rayap dengan aman dan tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.