Barang yang Paling Berkuman di Rumah

Keluarga Sehat, ketahui barang yang paling berkuman di rumah! Ketahuilah cara membersihkan tiap peralatan rumah tangga itu berbeda, juga cara memelihara sanitasi di rumah. Supaya tidak salah kaprah, yuk pelajari cara membersihkan benda di rumah, sesuai jenisnya :

Saklar lampu dan pegangan pintu

Ketahuilah bahwa saklar lampu dan pegangan pintu adalah benda-benda yang paling sering disentuh. Tapi selalu terlupa untuk dibersihkan. Supaya bisa menjaga kebersihannya, selalu lap menggunakan tisu disinfektan satu kali seminggu. Biasakan ambil tisu yang baru untuk tiap saklar lampu atau gagang pintu yang berbeda.

Bak cuci

Ini juga merupakan salah barang yang paling berkuman kuman di rumah, termasuk peralatan dapur lainnya. Misalnya seperti lap atau spons. Walau begitu tidak perlu khawatir, sebab ada cara mudah untuk membersihkannya. Jadi setiap kali selesai memasak, biasakan untuk membersihkan peralatan memasak dari sisa-sisa makanan ya.

Setelah itu rendam bak cuci piring dengan air dan sabun, bisa juga cairan antibakteri dengan tambahan zat pemutih. Biarkan sesaat, lalu bersihkan dengan air bersih.

Bathub

Karena berbagai kuman dan virus pada tubuh pastinya luntur dan setelah itu terbawa air saat kita berendam di bak mandi atau shower. Sayangnya tidak semua kuman terbawa sampai saluran pembuangan. Bahkan sebagian kuman menempel di lantai dan dinding kamar mandi, khususnya di permukaan yang lembap. Membuat Bathub jadi barang yang paling berkuman di rumah.

Supaya bisa membersihkan rumah dari kuman, gunakanpembersih disinfektan pada lantai kamar mandi dan pada seluruh permukaan bak mandi. Jangan lupa di sekitar pancuran air. Setelah itu, bilas dengan air dan dikeringkan menggunakan lap. Biasakan tiap seminggu sekali ya.

Sementara itu membersihkan area sekitar keran bisa menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai saja.

Mesin cuci

Langsung cuci pakaian tanpa menunggu dibiarkan lama dalam mesin cuci. Sebab bisa membuat kuman berkembang biak. Bahkan segera pindahkan baju yang sudah dicuci ke tempat pengering. Sebab jika dibiarkan lebih dari 30 menit, maka sebaiknya cuci lagi baju tersebut.

Kemudian setelah digunakan, biasakan untuk membersihkan tabung mesin cuci menggunakan produk disinfektan yang ada. Begitu pula juga dengan permukaan meja atau lemari, yang telah digunakan untuk menaruh baju kotor.

Bersihkan rumah dari kuman secara teratur dan secara menyeluruh. Hal penting lainnya adalah biasakan cuci tangan dengan sabun, apalagi setelah membersihkan rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.