Begini Cara Membedakan Garam Himalaya Asli dan Palsu!

Keluarga Sehat, pasti tahu dengan garam Himalaya bukan? Jenis garam yang satu ini konon memiliki banyak manfaat yang luar biasa, baik itu untuk masakan maupun juga untuk kesehatan tubuh. Hanya saja anda harus hati-hati dengan penjual garam Himalaya yang banyak beredar di pasaran belakangan ini. Seiring dengan meningkatnya peminat, sementara jumlah barangnya terbatas karena berasal dari tambang garam yang ada di pegunungan Himalaya, maka pasti akan ada aja oknum nakal yang menjual garam palsu.

Sekarang ini di pasaran sering sekali ditemukan produk garam himalaya yang ternyata palsu. Memang saat diamati sekilas saja akan sulit untuk membedakan garam himalaya yang asli dan dengan garam himalaya yang palsu. Tetapi meskipun terbilang sulit, namun bukan berarti anda tak bisa membedakannya sama sekali. Ada beberapa ciri khas yang bisa anda jadikan patokan, supaya tidak salah saat membeli garam himalaya.

Ciri-Ciri Garam Himalaya Asli dan Palsu

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri garam himalaya asli dan palsu yang bisa anda perhatikan, jadi sebelum memutuskan membeli garam himalaya anda bisa memilih yang asli dengan khasiat yang memuaskan.

Warna garamnya

Perlu diketahui bahwa garam himalaya yang asli berwarna merah muda terang, itu karena yang asli memiliki kandungan mineral alami yang terbilang banyak dan itu dikutip dalam Very Well Fit dalam salah satu postingannya. Kemudia untuk garam himalaya yang palsu, maka warnanya jauh lebih pucat dan bahkan tidak kemerahan sama sekali. Anda bisa melihat perbedaannya di internet, banyak video yang menunjukkan mengenai perbedaan keduanya.

Bentuk dan ukuran garam himalaya yang berbeda

Beda pula dengan garam dapur kebanyakan, yang biasanya halus dan kecil-kecil, garam himalaya memiliki wujud seperti kristal dengan ukuran yang terbilang besar. Jadi jika ada yang menjual garam himalaya dengan ukuran kecil dan bahkan halus, bisa saja itu palsu. Walaupun ada juga garam himalaya asli yang sudah diproses menjadi lebih halus dan Anda harus pandai membedakannya.

Rasa garam lebih asin

Perlu anda ketahui bahwa rasa garam himalaya itu lebih asin, dibandingkan yang palsu di pasaran. Sebab kandungan natrium di dalam garam himalaya memang lebih rendah dibandingkan dengan yang palsu, maupun dibandingkan garam dapur. Kemudian jika anda mencicipi garam himalaya, maka anda tak akan rasakan pahit di ujung lidah, sebab tidak ada zat adiktif dalam garam himalaya yang asli.

Cara pengujian keaslian garam himalaya

Karena garam himalaya diketahui memiliki kandungan mineral alami dan juga kandungan air yang sedikit lebih tinggi dibandingkan garam biasa, maka ketika diletakkan di atas lantai atau juga di tempat lembap, maka jangan kaget jika garam himalaya anda akan lebih mudah mencair dan bsah. Bahkan saat dipegang, jika garam himalaya asli maka sedikit lengket dan terasa kesat. Kemudian ketika dilarutkan dalam air minum, maka garam himalaya akan tetap saja menyisakan butiran halus yang tidak akan larut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.