Berbagai Manfaat Sayuran Hijau untuk Tubuh

Keluarga sehat, pasti tahu bagaimana manfaat sayuran hijau untuk tubuh bukan? Kita tahu jika sayuran hijau kaya kandungan serat yang tinggi, juga kaya akan vitamin dan juga mineral. Bukan hal yang aneh jika sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan sehat anjuran dokter. Salah satunya memang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Sayuran hijau tidak sulit dicari, harganya relatif murah, bisa divariasikan menjadi beragam menu masakan dan mudah sekali dimasak. Semua hal ini menjadi alasan yang kuat sehingga harus memasukkan sayuran hijau dalam menu harian sehat kita.

Manfaat Sayuran Hijau yang Mengagumkan

Aneka manfaat sayuran hijau karena kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, jangan lupakan serat juga. Nah, berikut beberapa manfaat sayuran hijau yang akan didapatkan dengan memakannya setiap hari :

Kesehatan mata terjaga

Biasakan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kale, sebab mampu menjaga kesehatan mata. Bahkan lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam sayuran hijau itu bisa memperkecil risiko terjadinya degenerasi makula yang disebabkan katarak dan pertambahan usia.

Kecil risiko kena rheumatoid arthritis

Ternyata dengan mengonsumsi sayuran hijau, menurunkan risiko munculnya penyakit rheumatoid arthritis. Bisa terjadi karena kandungan antioksidan di dalamnya, misalnya saja vitamin A, C, dan K, mereka ini mampu menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh, dan radang sendi salah satunya.

Saluran pencernaan terjaga

Karena sayuran hijau mengandung serat yang tinggi sekali, maka mengonsumsinya bisa melancarkan proses buang air besar. Bahkan kesehatan saluran pencernaan kita juga terjaga dengan baik.

Hindarkan penyakit jantung

Karena sayuran hijau kaya akan fitokimia, contohnya seperti flavonoid dan karotenoid, dipercaya baik untuk kesehatan jantung kita. Jika ingin mendapatkan manfaat ini, pastikan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin setiap harinya ya.

Walau ada banyak manfaat sayuran hijau bagi kesehatan tubuh kita, tentu saja tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya tiap hari. Harus memerhatikan kebersihan dan kesegaran sayuran hijau itu sendiri. Apalagi jika memiliki kondisi kesehatan khusus, jadi memerlukan panduan makan (termasuk pemilihan jenis sayuran yang akan dikonsumai), maka lebih dulu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.