Berbagai Pilihan Makanan Kaleng Yang Cocok untuk Diet Sehatmu

Berbagai Pilihan Makanan Kaleng Yang Cocok untuk Diet Sehatmu

infokeluargasehat.com – Makanan kaleng seringkali dianggap sebagai pilihan makanan yang tidak sehat. Namun, sebenarnya ada beberapa pilihan makanan kaleng yang sehat dan dapat membantu Anda mencapai tujuan diet sehat Anda.

Beragam Pilihan Makanan Kaleng

Berikut adalah beberapa pilihan makanan kaleng yang dapat menjadi bagian dari diet sehat Anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaleng, seperti kacang merah, kacang hitam, kacang polong, dan kacang garbanzo, adalah sumber protein nabati yang baik dan serat. Kacang-kacangan kaleng juga mudah diakses dan dapat dimasak dengan cepat. Anda dapat menambahkan kacang-kacangan kaleng ke salad, sup, atau dip sebagai bagian dari diet sehat Anda.

Sayuran

Sayuran kaleng seperti kacang panjang, wortel, jagung manis, dan tomat dapat menjadi pilihan yang bagus untuk menambahkan sayuran ke dalam diet Anda. Pastikan Anda memilih sayuran yang tidak mengandung garam tambahan dan pilih yang tanpa kaleng berlapis.

Ikan

Ikan kaleng seperti ikan salmon dan sarden adalah sumber protein yang baik dan kaya akan omega-3 asam lemak, yang baik untuk kesehatan jantung. Pilih ikan kaleng yang dikemas dalam air atau minyak zaitun, dan hindari ikan yang diawetkan dengan garam.

Buah

Buah kaleng, seperti buah pear dan aprikot, dapat menjadi pilihan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan Anda akan buah-buahan. Namun, pastikan Anda memilih buah kaleng yang dikemas dalam jus buah alami dan hindari buah kaleng yang diawetkan dengan sirup gula.

Tomat

Tomat kaleng adalah sumber lycopene, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tomat kaleng juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk tomat segar ketika tomat segar tidak tersedia. Pilih tomat kaleng yang tidak mengandung garam tambahan atau pemanis buatan.

Dalam memilih makanan kaleng yang sehat, pastikan Anda membaca label dengan cermat dan memilih yang tidak mengandung garam tambahan, pemanis buatan, atau bahan-bahan tambahan lainnya. Selalu perhatikan jumlah kalori dan nutrisi lainnya dalam makanan kaleng yang Anda konsumsi. Dengan memilih dengan bijak, makanan kaleng dapat menjadi pilihan yang sehat untuk membantu mencapai tujuan diet sehat Anda.

Cara Memasak Makanan Kaleng

Untuk mengkonsumsi makanan kaleng dengan cara yang sehat, Anda juga dapat memasak atau menambahkan bahan-bahan lain untuk meningkatkan nilai gizi dan rasa dari makanan kaleng tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memasak makanan kaleng dengan cara yang sehat:

Cuci makanan kaleng dengan air dingin

Sebelum mengolah makanan kaleng, pastikan untuk mencucinya dengan air dingin untuk menghilangkan sisa-sisa bahan pengawet atau kaleng. Ini juga membantu mengurangi jumlah garam yang terkandung dalam makanan kaleng.

Tambahkan bahan-bahan sehat

Untuk meningkatkan nilai gizi dari makanan kaleng, tambahkan bahan-bahan sehat seperti sayuran segar atau biji-bijian ke dalam masakan Anda. Misalnya, tambahkan wortel dan kacang polong ke dalam sup kacang-kacangan kaleng atau tambahkan bayam dan jamur ke dalam saus tomat kaleng.

Kurangi garam

Makanan kaleng seringkali mengandung garam tambahan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Kurangi jumlah garam yang digunakan dalam masakan Anda dengan mengganti dengan rempah-rempah atau bumbu lainnya.

Kurangi penggunaan minyak

Makanan kaleng yang diawetkan dengan minyak dapat mengandung banyak kalori dan lemak jenuh yang tidak sehat. Pilihlah makanan kaleng yang diawetkan dalam air atau jus buah alami dan hindari makanan kaleng yang diawetkan dengan minyak.

Dalam memilih dan mengkonsumsi makanan kaleng, pastikan Anda memilih makanan yang sehat dan memeriksa label dengan cermat. Anda juga dapat mencoba mencari makanan kaleng dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan rendah garam serta menghindari makanan kaleng yang mengandung bahan tambahan atau pengawet yang berbahaya untuk kesehatan. Dengan cara ini, makanan kaleng dapat menjadi bagian dari diet sehat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *