10 Pantangan Bolehkah penderita wasir makan telur rebus

 

Bolehkah penderita wasir makan telur? Anda tentu bertanya-tanya apakah penderita wasir boleh mengonsumsi makan telur. Wasir merupakan keadaan dimana vena rektal tertekan yang kemudian membuatnya bengkak. Wasir atau ambeien memerlukan perawatan untuk meredakan gejala salah satunya melalui makanan. Ambeien memiliki gejala seperti gatal sampai nyeri yang hebat terutama saat buang air besar (BAB). Namun, pada beberapa kasus wasir atau ambeien bisa diatasi dengan merubah gaya hidup yakni dengan mengurangi gejala sehingga membuat penderitanya bisa kembali hidup normal tanpa kembali merasa nyeri dan gatal yang membuat aktivitas anda terganggu. Terdapat dua jenis ambeien atau wasir yakni:

  • Ambeien atau Wasir dalam

Penyakit ambeien dalam terjadi saat pembuluh darah tertutupi selaput lendir basah yang terdapat pada anus. Pada awal kasus wasir atau ambeien memang tidak kelihatan dari luar akan tetapi jika sudah menjadi besar maka benjolannya akan kelihatan keluar. Awalnya ambeien atau wasir ditandai dengan keluar darah pada saat BAB. Pada ambeien dalam terdapat beberapa stadium satu ditandai dengan benjolan kecil dan tidak terlihat dari luar. Selain itu juga ditandai dengan darah yang keluar menetes saat selesai BAB. Lalu selanjutnya, stadium dua yakni benjolan sudah mulai keluar tapi masih dengan ukuran yang sedang. Saat benjolan di stadium dua, benjolan masih bisa dimasukkan ke dalam terutama saat seseorangnya berdiri. Selanjutnya, stadium tiga ditandai dengan benjolan yang lebih besar. Selain itu, benjolan akan keluar saat BAB dan tidak bisa dimasukkan lagi kecuali dimasukkan dengan cara didorong menggunakan tangan. Yang terakhir merupakan stadium empat yakni ditandai dengan tonjolan yang besar sebesar bola tenis. Benjolan di stadium ini tidak lagi dimasukkan lagi meski sudah didorong saat kondisi ini harus dioperasi.

  • Wasir atau ambeien luar

Pada ambeien jenis ini bagian kulit telah tertutupi oleh pembuluh darah yang berada di bagian luar anus sehingga gampang terlihat. Sakit atau nyeri yang dirasakan disebabkan oleh pembuluh darah yang telah pecah. Darah yang keluar tersebut berkumpul menjadi darah yang beku. Ambeien atau wasir luar memiliki gejala yakni terdapat benjolan di bagian luar anus, nyeri hebat sampai tidak bisa duduk, gatal dan keluar darah.

Bolehkah penderita wasir makan telur rebus

Bolehkah penderita wasir makan telur rebus simak pemaparan berikut ini:

  • Tidak boleh mengonsumsi makanan rendah serat

Seseorang yang menderita ambeien atau wasir sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memiliki serat yang rendah. Sehingga anda sebaiknya mengonsumsi telur rebus tidak terlalu sering. Kandungan serat memiliki manfaat untuk membuat feses menjadi lembut sehingga akan lebih gampang untuk dikeluarkan saat BAB. Dengan memberikan asupan serat harian yang cukup dapat mencegah wasir semakin buruk. anda sebaiknya juga tidak mengonsumsi roti, nasi, kue dalam jumlah banyak karena memiliki kandungan serat yang rendah. Selain itu, anda sebaiknya juga menghindari konsumsi ikan, susu dan daging secara berlebihan. Anda justru disarankan mengonsumsi makanan seperti nasi merah dan gandum serta mengonsumsi banyak buah dan sayur untuk membantu melancarkan BAB.

  • Jauhi kafein dan alkohol

Bagi anda penderita wasir sebaiknya berhenti mengonsumsi kafein dan alkohol karena membuat tubuh dehidrasi dan membuat tubuh lebih tegang saat BAB. Anda disarankan mengonsumsi banyak air putih agar mampu membantu melunakkan feses dan mencegah wasir kambuh.

  • Jangan makan pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga bisa menyebabkan sembelit. Dengan demikian anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memicu sembelit. Selain menyebabkan sembelit, makan makanan pedas bisa memicu diare. Diare yang parah bisa menambah sakit wasir atau ambeien semakin parah. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat memberikan dampak yang baik untuk anda penderita wasir.

  • Gunakan krim ambeien

Bagi anda penderita ambeien bisa menggunakan krim yang dijual bebas di apotek. Contohnya saja krim yang memiliki kandungan hidrokortison yang bisa mengurangi rasa nyeri.

  • Berendam di air hangat

Bagi anda penderita wasir dapat melakukan langkah ini untuk mengurangi rasa sakit. Anda bisa menggunakan air hangat untuk merendam bagian anus yakni selama 15 menit selama 2 kali dalam satu hari.

Bolehkah penderita wasir makan telur

Bolehkah penderita wasir makan telur, simak jawabannya di bawah ini:

  • Penderita wasir hati-hati saat mengonsumsi telur

Bagi anda yang memiliki riwayat wasir sebaiknya tidak mengonsumsi telur terlalu sering. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein pada telur sangat tinggi yang bisa menganggu kinerja usus besar. Namun, anda tetap bisa mengonsumsi telur yakni dikombinasikan dengan nasi merah atau dengan sayuran seperti bayam yang memiliki nilai serat yang tinggi. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi buah yang tinggi serat agar BAB anda lancar. Anda disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 30gram perharinya. Terdapat dua jenis serat yakni serat larut dan serat tidak larut. Serat larut bisa membuat feses anda lebih lunak sehingga memudahkan saat BAB. Lalu serat tidak larut bisa membuat pencernaan bekerja normal.

  • Jangan menahan BAB

Bagi anda yang sudah memiliki riwayat wasir sebaiknya jangan menunda buang air besar jika sudah terasa feses hendak keluar. Anda sebaiknya segera menuju ke toilet. Menahan buang air besar merupakan pantangan bagi penderita wasir. Hal tersebut justru dapat membuat wasir semakin parah. Feses yang menumpuk bisa membuatnya semakin keras dan sulit untuk dikeluarkan.

  • Mengangkat kedua kaki

Bagi anda yang memiliki toilet jenis duduk sebaiknya mengangkat kedua kaki atau memijakkannya di atas kursi yang kecil posisi tersebut bisa membuka rektum lebih lebar dan membuat feses mudah dikeluarkan.

  • Tidak boleh mengejan

Pantangan bagi penderita wasir yang lainnya yakni tidak boleh mengejan. Mengejan bisa membuat tekanan pada pembuluh darah yang berada di bagian rektum. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab awal anda menderita wasir. Bukan hanya mengejan saat BAB saja, tekanan pembuluh darah yang meningkat juga bisa disebabkan karena anda sedang mengalami kehamilan, batuk dan mengangkat beban yang berat.

  • Tidak berlama-lama di toilet

Yang terakhir adalah tidak boleh berada terlalu lama di toilet menjadi pantangan bagi penderita wasir. Sebaiknya saat ke toilet anda tidak perlu membawa hape, buku ataupun koran terutama saat buang air besar. Dengan membawa barang-barang tersebut ke toilet akan membuat anda betah duduk atau jongkok lebih lama di toilet. Semakin anda lama duduk atau nongkrong di toilet bisa membuat tekanan pembuluh darah di rektum semakin besar. Hal tersebut akan memperparah kondisi wasir atau ambeien anda. Selain menjauhi berbagai perilaku dan makanan yang bisa memperparah wasir, anda sebaiknya juga mengonsumsi obat wasir atau ambeien terutama yang ambeiennya sudah parah.

Bolehkah penderita wasir makan telur sudah terjawab dari pemaparan-pemaparan di atas. Saat anda menderita ambeien sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan buah yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak membuat anda kesusahan saat BAB. Namun, jika kondisi ambeien anda tidak kunjung sembuh ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.