Buah untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Keluarga Sehat, ketahuilah tiga kelebihan buah yang memegang peranan penting untuk penurunan berat badan. Yang pertama banyaknya kandungan serat, berapa tinggi vitamin dan mineralnya, juga seberapa rendahnya kalori dan lemaknya. Itulah kenapa buah untuk diet jadi pilihan yang sehat.

Dengan adanya kandungan serat dalam buah untuk diet, memang dianggap bisa membantu siapa saja yang ingin menurunkan berat badan, sebab membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kemudian selain itu, dengan berlimpahnya kandungan vitamin dan juga mineral akhirnya membuat buah istimewa untuk diet.

5 Buah untuk Diet Khusus Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah beberapa buah untuk diet yang bisa dikonsumsi, baiknya dikonsumsi dengan teratur supaya hasilnya juga maksimal.

Buah Apel

Buah untuk diet sejuta umat, menjadi buah andalan bagi siapapun yang sedang berusaha menguruskan badan dengan sehat. Dalam sebuah apel terdapat 5 gram serat, sementara 85 persennya adalah air. Karena ada kandungan tinggi serat dan air di dalamnya yang mampu menjaga gula darah supaya seimbang, tubuh juga tak cepat merasa lapar lagi.

Yang membuat buah apel jadi buah untuk diet adalah mengandung flavonoid yang bernama quercetin. Zat ini juga bersifat antioksidan serta diprediksi efektif untuk melawan jenis kanker tertentu dan bisa mengurangi kerusakan sel. Bahkan bisa membantu menyehatkan paru-paru serta jantung kita.

Buah Grapefruit

Di Indonesia, buah yang satu ini dikenal sebagai jeruk bali atau pomelo. Berguna dalam menurunkan berat badan, khususnya bagi mereka yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Buah untuk diet ini juga baik bagi kesehatan jantung serta pembuluh darah. Bahkan setengah dari buah ini, konon mampu mengurangi berat badan hingga 1,5 kilo apabila dikonsumsi sebelum makan, dalam jangka waktu 3 bulan secara rutin.

Kenapa grapefruit bisa membantu seseorang menurunkan berat badan?sebab buah ini menimbulkan efek rasa kenyang. Tetapi perhatikan jika sedang menjalani pengobatan khusus, tanyakan dulu pada dokter apakah buah ini boleh dikonsumsi. Karena khawatir bisa mempengaruhi efek obat kita.

Buah Blueberry

Antioksidan kuat yang ada dalam buah ini membuatnya berwarna biru, namanya anthocyanin. Ternyata zat tersebut diprediksi mampu mengurangi risiko jenis kanker sampai sebagiannya. Bahkan kebutaan dan penyakit jantung. Selain itu juga kaya serat, sehingga cocok sebagai buah untuk diet yang bisa membuat kenyang lebih lama.

Kandungan kalorinya rendah, per 100 gram hanya ada 80 kalori saja. Tetapi serat dalam buah untuk diet ini sampai 4 gram lho!

Buah Alpukat

Buah ini mengandung lemak baik berupa asam oleat, yaknilemak tidak jenuh tunggal. Karena banyaknya kandungan lemak baik di dalam buah alpukat, bisa menunda lapar. Alpukat mampu membantu mengontrol kadar gula darah, hingga yang mengonsumsinya kenyang lebih lama. Hebatnya lagi lemak jenis ini juga diketahui baik bagi kesehatan jantung, selain itu akan menurunkan kadar kolesterol darah juga meningkatkan jumlah lemak baik dalam tubuh.

Buah Pisang

Supaya bisa menurunkan berat badan, buah pisang jadi rekomendasi makanan sehat yang bisa menunda rasa lapar. Juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Hebatnya lagi, pisang adalah buah yang bebas lemak, dan kolesterol, juga rendah natrium, namun tentu saja kaya akan vitamin dan mineral juga.

Untuk siapa pun yang sedang dalam program menurunkan berat badan, sebaiknya mengonsumsi buah untuk diet di atas. Apabila dikombinasikan dengan membiasakan jadwal makan yang baik, utamanya tidak mengonsumsi junk food serta minuman beralkohol, biasakan untuk aktif berolahraga, persentase keberhasilan diet akan makin tinggi. Tapi lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi supaya mendapatkan buah untuk diet yang paling sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.