Buah untuk Penderita Diabetes yang Aman

buah untuk penderita diabetes

Keluarga Sehat, bagi para penderita diabetes menyantap buah pun tak boleh sembarangan. Jadi harus mengonsumsi buah dengan indeks glikemik yang rendah. Apa saja buah untuk penderita diabetes? Buah tersebut dianjurkan karena menaikkan kadar gula darah secara lambat. Maka bisa membantu tubuh menjadi lebih baik ketika mengelola perubahan sesudah makan harian.

Macam-Macam Buah dengan Indeks Glikemik Rendah

Di bawah ini adalah beberapa macam buah untuk penderita diabetes, dan silahkan disimak buah yang bisa dijadikan pilihan berikut ini :

Apel

Ada kata bijak yang menyatakan bahwa dengan konsumsi satu apel tiap hari akan jauhkan seseorang dari dokter, hal itu benar. Sebab buah yang rendah kalori dan karbohidrat ini mengandung serat, serta menjadi sumber vitamin C. Kulitnya juga mengandung antioksidan yang baik.

Jeruk

Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C dan dalam satu butir jeruk sama dengan kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Adanya folat dan kalium dalam jeruk bisa membantu menormalkan tekanan darah kita. Maka karena itu sangat pantas menjadi pilihan jitu untuk para penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalorinya juga.

Pir

Tak hanya relain rendah karbohidrat saja, buah pir juga sebuah sumber makanan yang didukung oleh tingginya kadar serat dan kalium di dalamnya. Cukup untuk membuat buah pir sebagai salah satu pilihan terbaik diet buah untuk gula darah. Bukan hanya dikonsumsi secara langsung, bisa juga menambahkan buah ini ke dalam salad atau bahkan jadi rujak.

Jambu biji

Ternyata buah sederhana ini memiliki kandungan gizi yang beragam lho. Dalam sebuah jambu biji berukuran sedang mengandung di dalamnya 3 gram serat, 37 kalori, 5 gram karbohidrat, juga memiliki indeks glikemik yang rendah pula. Buah jambu biji ini kaya juga akan vitamin yang baik untuk mencegah kerusakan sel tubuh, misalnya vitamin A dan juga magnesium.

Ceri

Buah untuk penderita diabetes lainnya adalah buah ceri yang tinggi kalium dan mengandung antioksidan. Adanya kandungan itu memberikan dampak positif bagi kekebalan tubuh. Tak hanya itu, dalam buah ceri kalengan yang biasa dijadikan hiasan kue tart pun masih boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes lho.

Stroberi

Kandungan serat yang tinggi dan bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah dulu, bahkan vitamin C bisa didapat dengan maksimal. Manfaatnya buah untuk diabetes ini adalah meningkatkan sensitivitas insulin, hasilnya tubuh dapat mengatur kadar gula dengan lebih baik lagi.

Memang buah di atas adalah buah untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi, tapi baiknya konsumsi tanpa gula tambahan dan dalam jumlah yang normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.