20 Buah yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes dan Aman Dikonsumsi

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes haruslah memiliki kadar glukosa yang rendah. Namun tak hanya buah atau makanan manis saja yang seharusnya dihindari. Terdapat berbagai jenis makanan lainnya yang tidak boleh banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Contohnya saja makanan yang memiliki kandungan natrium yang tinggi harus dihindari. Makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes yakni yang terdiri dari biji utuh atau yang memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks. Contohnya saja seperti roti gandum, ubi, nasi merah dan oatmeal. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi sayuran seperti bayam dan brokoli. Anda sebaiknya menghindari makanan yang memiliki lemak tinggi dan memiliki kandungan gula serta karbohidrat tinggi.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes dapat anda simak sebagai berikut:

  • Jagung

Jagung dikenal sebagai jenis makanan yang memiliki kadar glukosa yang rendah. Jagung bahkan dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan pokok. Jagung hanya memiliki kadar 46 dari bobot 100gram dibandingkan nasi 150gram yangmemiliki kadar glikemik sebesar 29. Makanan yang memiliki kadar glukosa rendah semakin baik dikonsumsi penderita diabetes. Makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi juga baik karena dalam memprosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga tidak membuat gula darah cepat naik. Dengan demikian anda juga akan merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk menyemil tidak akan muncul.

  • Ubi jalar

Mengganti peran nasi dengan ubi jalar sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Ubi jalar terbukti dapat mengendalikan gula yang ada dalam darah. Ubi jalar juga dianggap memiliki tingkat glukosa yang lebih rendah daripada kentang. Ubi jalar memiliki kandungan vitamin c, vitamin A, serat dan kalium yang bermanfaat mengendalikan glukosa pada penderita diabetes. Anda dapat menikmatinya dengan cara memanggang, merebus dan menumbuknya sebelum dikonsumsi.

  • Biji-bijian utuh

Gandum utuh merupakan salah satu jenis biji-bijian utuh yang dapat menjadi pilihan para penderita diabetes. Gandum utuh terkenal memiliki serat yang tinggi serta kandungan glukosa yang rendah. Serat yang tinggi dan gula yang rendah tersebut dapat membantu penyerapan glukosa lebih lambat. Gandum utuh juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes.

  • Sayuran hijau

Dalam memilih sayuran anda juga perlu berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan beberapa sayuran hijau memiliki kandungan pati yang di dalamnya mengandung kadar gula yang tinggi. Sayuran dengan kandungan pati yang rendah yakni sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau dipercaya memiliki zeaxanthin dan antioksidan lutein yang bagus untuk penderita diabetes. Kandungan tersebut juga bisa membantu mencegah katarak yang menjadi salah satu penyebab komplikasi diabetes. Contohnya saja sayuran seperti sawi, brokoli, bayam, dan kubis. Anda dapat mengolahnya menjadi sup, tumis, sayur bening salad bahkan untuk lalapan. Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang dapat menurunkan kadar gula tersebut minimal 250gram setiap harinya.

  • Kacang

Kacang dapat dijadikan sebagai pilihan cemilan bagi penderita diabetes. Kandungan protein, serat, dan karbohidrat kompleks dinilai memiliki kandungan glikemik yang rendah. Kacang-kacangan dicerna lebih lama dan tidak akan menyebabkan gula darah menjadi naik. Kacang juga memiliki kandungan magnesium yang dapat mengontrol gula darah. Anda bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang kenari, kacang mete, kacang tanah dan kacang merah.

Buah yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes

Buah yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes dapat anda simak sebagai berikut:

  • Mangga

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah ini terkenal dengan rasa manisnya. Mengonsumsi mangga bagi penderita diabetes dianggap dapat membuat buruk kadar gula dalam darah. Kandungan gula yang tinggi dalam mangga bisa memicu kelonjakan gula darah.

  • Pepaya

Dalam mengonsumsi pepaya hendaknya dalam batas wajar. Pepaya memiliki kadar glukosa sebesar 59. Pepaya memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi. Anda bisa mengonsumsi sepotong kecil pepaya setiap kali makan.

  • Sawo

Sawo terkenal dengan kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Hal tersebut dianggap berbahaya untuk penderita diabetes. Setiap 100 gram sawo memiliki kandungan gula sebesar 7gram atau senilai 55 indeks glikemiknya.

  • Semangka

Semangka dianggap kurang cocok dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki kandungan kalori dan serat yang rendah. Nilai glikemiknya sebesar 72 dari dengan kandungan 5 gram karbohidrat. Anda bisa mengonsumsi semangka namun dalam jumlah yang rendah.

 

Buah yang tidak baik untuk penderita diabetes

Buah yang tidak baik untuk penderita diabetes adalah buah yang memiliki kadar glukosa tinggi. Anda dapat menyimak beberapa jenis buah yang harus anda hindari atau kurangi konsumsinya:

  • Anggur

Anggur merupakan buah yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi anda penderita diabetes harus membatasi konsumsi anggur. Anggur memiliki kandungan serat, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Bagi penderita diabetes hanya boleh mengonsumsi satu potong kecil anggur karena terdapat kadar gula yang cukup tinggi pada anggur.

  • Custard apel

Custard apel memiliki kandungan kalsium, zat besi, serat dan vitamin c yang baik untuk tubuh. Namun kandungan karbohidrat yang tinggi tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. Lebih baik anda mengganti buah lain yang memiliki kadar karbohidrat yang rendah.

  • Aprikot

Aprikot dinilai sebagai buah yang memiliki kadar gula sebesar 14gram. Kandungan gula yang cukup banyak tersebut harus anda hindari karena dapat menyebabkan kenaikan pada gula darah anda.

  • Buah plum

Buah plum menjadi salah satu buah yang benar-benar harus anda hindari. Karena kandungan gula dan karbohidratnya sangatlah tinggi.

  • Nanas

Nanas masih dianggap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun anda tetap tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah banyak karena bisa merusak keseimbangan kadar gula pada tubuh anda.

 

Makanan yang dianjurkan penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan penderita diabetes dapat anda simak sebagai berikut:

  • Kayu manis

Bumbu dapur yang satu ini kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis tersebut dianggap dapat menurunkan gula darah yang melonjak dan membuat insulin lebih sensitif. Anda juga dapat mengontrol kandungan gula dalam darah selama 3 bulan terakhir dengan mengecek kadar Ha1c pada darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes dapat menurunkan kadar Ha1c nya selama 3 bulan saat mengonsumsi kayu manis.

  • Telur

Anda mungkin baru mengetahui bahwa telur menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan menyembuhkan peradangan. Selain itu, telur juga dipercaya dapat membuat insulin lebih sensitif dan meningkatkatkan kandungan kolesterol baik pada tubuh. Mengonsumsi telur juga membuat anda kenyang lebih lama. Bagi penderita diabetes melitus tipe 2 dianjurkan memakan 2 buah telur untuk diet tinggi protein. Kandungan zeaxanthin, lutein dan antioksidan pada telur juga dapat mencegah katarak yang dapat disebabkan oleh komplikasi diabetes.

  • Chia Seeds

Biji chia merupakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabeter karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Biji chia memiliki kandungan karbohidrat yang gampang dicerna oleh tubuh. Serat yang tinggi pada chia membuatnya tidak mudah menaikkan gula dalam darah. Anda bahkan dapat mendapatkan berat yang ideal apabila mengonsumsi chia karena serat yang tinggi membuat anda kenyang lebih lama. Serat dalam biji chia juga bisa mengurangi kalori pada tubuh anda.

  • Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bisa menyembuhkan peradangan  dan menyeimbangkan gula dalam darah. Selain itu, kunyit dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan penyakit ginjal yang menjadi komplikasi penyakit diabetes.

  • Mie shirataki

Bagi anda penderita diabetes tentunya sangat bingung ketika ingin mengonsumsi mie. Pasalnya mie yang beredar di luar sana biasanya dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung natrium dan gula yang tinggi. Namun anda tak perlu khawatir karena penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi mie yakni mie shirataki. Mie shirataki terbukti memiliki serat glukomanan yang bisa membuat anda kenyang lebih lama. Mie shirataki juga terbukti dapat mengontrol kadar gula dalam darah serta dapat mencegah penyakit jantung.

  • Ikan salmon

Ikan salmon menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Omega 3 memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung penderita diabetes. Sebab penderita diabetes memiliki resiko penyakit jantung dan stroke apabila gula dalam darah selalu tinggi.

 

Buah yang baik untuk penyakit diabetes

Buah yang baik untuk penyakit diabetes adalah sebagai berikut:

  • Apel

Bagi anda penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi apel. Apel memiliki kandungan sebesar 77 kalori dan kaya akan serat serta vitamin c. Kadar glikemik dalam apel pun dianggap rendah yakni sebesar 55. Anda bahkan dianjurkan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya karena kulit apel kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh anda.

  • Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin c yang memiliki kadar glikemik yang rendah. Kandungan kalium dan asam folat pada jeruk bisa membantu mengontrol tekanan darah anda. Sitrus yang ada pada buah jeruk sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Buah yang boleh untuk penderita diabetes

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes harus sering-sering anda konsumsi. Buah yang boleh untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:

  • Kiwi

Konsumsilah buah kiwi karena mengandung vitamin c, serat dan kalium yang bermanfaat bagi tubuh anda. Bahkan buah kiwi dianggap sebagai buah yang wajib di makan oleh penderita diabetes. Kandungan air, serat dan glikemik yang cukup rendah dapat membantu tubuh lebih lambat dalam memproses penyerapan glukosa pada tubuh. Anda dapat memilih buah kiwi sebagai menu yang harus anda konsumsi saat diet karena juga rendah kadar karbohidrat.

  • Alpukat

Konsumsilah buah alpukat karena memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang dapat membantu mengontrol gula dalam darah. Dengan mengonsumsi buah alpukat, hormon insulin akan tercipta sehingga membuat anda kenyang lebih lama. Alpukat juga dianggap sebagai buah yang dapat mencegah resiko sindom metabolik yang bisa menyebabkan seseorang menderita diabetes. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai sandwich, salad ataupun selai.

Buah yang baik untuk orang diabetes

Buah yang baik untuk orang diabetes adalah buah yang hendaknya dikonsumsi secara rutin. Stroberi menjadi salah satu pilihan buah yang bagus dikonsumsi penderita diabetes. Di dalam stroberi terdapat senyawa fisetin yang merupakan antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Fisetin dalam stroberi berperan besar untuk mencegah pembengkakan pada ginjal. Selain itu, fisetin dalam stroberi juga bisa mencegah komplikasi retinopati diabetik atau gangguan syaraf lainnya yang diakibatkan oleh diabetes.

Buah yang baik untuk penderita diabetes

Buah yang baik untuk penderita diabetes yakni:

  • Konsumsi buah pir

Buah pir memiliki kadar glikemik yang rendah hanya sebesar 38. Flavonoid yang terdapat di dalam buah pir merupakan kunci utama bagi penderita diabetes. Flavonoid pada buah pir berfungsi mencegah diabetes dan bahkan mengobati diabetes. Pir juga terbukti memiliki kandungan serat yang bisa menjaga keseimbangan gula darah pada penderita diabetes. Mengonsumsi sebuah pir sudah bisa mencukupi 20% asupan harian serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, serat yang tinggi tersebut membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat anda tetap kenyang.

  • Konsumsi buah ceri

Buah ceri ternyata memiliki kandungan yang baik untuk penderita diabetes. Buah ceri kaya akan antioksidan dan kalium yang bisa membantu anda menjaga kekebalan tubuh. Buah ceri memiliki kandungan vitamin c dan polifenol yang baik untuk tubuh anda. Vitamin c dan polifenol dapat menyembuhkan peradangan dan hormon oksidatif yang menjadi penyebab komplikasi pada penderita diabetes. Di dalam buah ceri juga terdapat kandungan antosianis yang dapat membantu membuat insulin lebih sensitif. Namun, anda tetap harus membatasi konsumsi ceri, karena mengonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes dapat anda lihat pada penjelasan berikut:

  • Yoghurt

Yoghurt dipercaya memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, yoghurt juga dapat mencegah penyakit jantung karena memiliki probiotik yang baik untuk tubuh. Yoghurt dengan jenis greek yoghurt juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah. Yoghurt tersebut juga dinilai memiliki kadar protein yang tinggi sehingga bisa membantu diet anda. Selain itu, saat anda mengonsumsi yoghurt ini nafsu makan anda akan berkurang sehingga keinginan menyemil pun hilang.

  • Brokoli

Sayuran yang satu ini memang terkenal dengan sejuta manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan brokoli menjadi salah satu yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kalori dan karbohidrat yang terkandung dalam brokoli pun sangat rendah. Selain itu, karbohidrat tersebut juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita. Brokoli pun memiliki kandungan magnesium dan vitamin c. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi brokoli memiliki gula darah yang stabil. Sebab salah satu manfaat brokoli adalah menurunkan insulin yang ada dalam tubuh serta menangkal radikal bebas pada tubuh anda. Zeaxanthin dan lutein dalam brokoli pun memiliki manfaat bagi mata anda.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kegunaan yang sangat penting untuk kesehatan jantung anda. Minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan HDL serta trigliserida yang tidak sehat pada penderita diabetes melitus tipe 2. Kandungan polifenol dan antioksidan yang ada pada minyak ini bisa menyembuhkan peradangan, menjaga kolesterol tetap stabil, melindungi pembuluh darah, bahkan hingga bisa menurunkan tekanan darah anda.

  • Biji rami

Biji rami memiliki serat yang tidak larut. Kandungan tersebut bisa mengurangi penyakit jantung serta menjaga keseimbangan gula dalam darah. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa penderita diabetes tipe 2 mempunyai hemoglobin A1c yang meningkat setelah mengonsumsi biji rami. Selain itu, biji rami bisa menurunkan potensi stroke. Serat yang tinggi pada biji rami dapat membuat anda kenyang lebih lama, menjaga kesehatan usus dan membuat insulin lebih sensitif.

  • Cuka sari apel

Siapa yang menyangka bahwa cuka sari apel memiliki manfaat bagi para penderita diabetes. Fermentasi dari cuka sari apel memili kadar karbohidrat yang sangat rendah yakni kurang dari 1 gram saja. Cuka sari apel sudah terbukti bisa membuat insulin meningkat dan membuat kadar gula saat puasa menurun. Ketika anda mengonsumsinya bersamaan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat bisa mengurangi 20% respon gula dalam darah. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa cuka sari apel bisa menurunkan kadar gula dalam darah apabila anda mengonsumsinya secara rutin setiap sebelum tidur.

Buah yang baik bagi penderita diabetes

Buah yang baik bagi penderita diabetes selanjutnya adalah belimbing. Belimbing memiliki rasa yang asam ataupun manis. Anda bisa mengonsumsi buah belimbing sebagai jus atapun rujak. Belimbing memiliki kandungan vitamin c dan serat yang sangat tinggi. Belimbing juga memiliki kandungan antiperadangan dan kadar gula yang rendah.

Buah yang cocok untuk penderita diabetes

Buah yang cocok untuk penderita diabetes selanjutnya yakni:

  • Buah naga

Buah naga merupakan buah yang  memiliki rasa manis. Namun, buah naga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan bagi beberapa penyakit buah naga juga dapat menjadi pilihan sebagai bahan pengobatan alami. Biji buah naga dipercaya dapat membuat gula darah anda terkontrol. Buah naga bisa anda konsumsi dengan cara dijadikan jus buah.

  • Jambu biji

Jambu biji menjadi satu dari sekian jenis buah yang memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman bila dikonsumsi penderita diabetes. Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin c, folat, beta karoten dan protein yang baik untuk tubuh.

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes yakni sebagai berikut:

  • Buah persik

Buah persik memiliki kandungan kalium dan vitamin c yang baik bagi tubuh. Buah ini pun dinilai aman bagi penderita diabetes.

  • Tomat

Tomat merupakan makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tomat juga memiliki kandungan serat, karbohidrat dan kalori yang baik untuk tubuh. Tomat dapat menurunkan anda menderita penyakit berbahaya lainnya.

  • Melon

Melon yang baik untuk penderita diabetes adalah jenis melon kuning. Melon jenis ini memiliki kandungan vitamin c dan beta karoten yang tinggi. Kandungan tersebut merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Potasium dalam tubuh memiliki manfaat besar untuk membuat tekanan darah anda turun.

  • Beri hitam

Beri hitam memiliki kandungan antioksidan antosianin yang bisa menaikkan kadar kolesterol baik pada tubuh manusia. Beri hitam juga memiliki kandungan vitamin c, serat juga potasium. Beri hitam dinilai memiliki kandungan serat yang jauh baik daripada roti gandum.

Buah yang dianjurkan untuk penderita diabetes sebaiknya anda konsumsi setiap hari dengan rutin. Mengonsumsi buah dan makanan yang baik untuk diabetes bisa membantu anda mengontrol gula yang ada di dalam darah. Hindari mengonsumsi makanan yang bisa memicu kenaikan gula darah seperti minuman bersoda, junkfood dan makanan yang tinggi lemak. Jika nekat, bukan hanya gula darah yang naik namun bisa memunculkan komplikasi penyakit yang lainnya. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter mengenai buah-buahan dan makanan apa saja yang aman untuk penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.