22 Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes Basah maupun Kering

Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes

 

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes sebaiknya anda patuhi. Sebab penderita diabetes memang memiliki segudang pantangan yang seharusnya ditaati jika tidak ingin menimbulkan komplikasi. Terutama buah yang memiliki kadar gula yang tinggi. Diabetes tak hanya diderita orang berusia lanjut, namun kini juga diderita oleh anak muda karena gaya hidup yang tidak sehat. Seseorang yang menderita diabetes sebaiknya selalu mengontrol asupan gula dalam darah supaya selalu terkontrol. Pilihlah buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang dapat membuat kadar gula dalam darah turun. Buah yang memiliki serat tinggi dalam buah juga dapat membantu memperlambat penyerapan nutrisi yang ada di tubuh. Dengan demikian gula darah tidak akan cepat naik. Selain itu, buah yang mengandung antioksidan memiliki manfaat untuk mencegah komplikasi diabetes.

 

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes sebaiknya anda hindari. Simak beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak sering-sering anda konsumsi:

  • Semangka

Semangka menjadi salah satu buah yang sangat disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Namun, tahukah anda jika mengonsumsi semangka terlalu sering tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. 100 gram semangka dinilai memiliki kadar glikemik yang tinggi. Anda disarankan untuk mengonsumsi sepotong semangka ukuran sedang per harinya.

  • Pisang

Siapa yang tak menyukai buah yang satu ini. Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Bagi penderita diabetes dianjurkan untuk tetap membatasi konsumsi pisang. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan berbahaya bagi penderita diabetes. Anda dianjurkan mengonsumsi pisang sebanyak setengah potong saja per harinya.

 

Buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes

Buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes selanjutnya adalah buah kering. Buah memang dapat menjadi alternatif cemilan yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes. Namun, sebaiknya anda lebih bijak dalam mengonsumsi buah, sebab tidak semua buah baik untuk penderita diabetes. Salah satunya adalah buah kering. Buah kering adalah menjadi salah satu makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi. Buah kering telah melalui sebuah proses yang justru membuang kadar air dalam buah. Hal tersebut membuat buah kering mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Sehingga bagi penderita diabetes sebaiknya memilih buah segar saja untuk dikonsumsi.

Buah buahan yang dilarang untuk penderita diabetes

Buah buahan yang dilarang untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:

  • Nanas

Nanas ternyata menjadi buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi anda penderita diabetes. Nanas memiliki kandungan glukosa yang tinggi yakni 10gram per porsi. Sehingga bagi anda yang telah memiliki diabetes sebaiknya mengonsumsi nanas sebanyak satu potong kecil saja setiap harinya.

  • Pir

Dalam mengonsumsi pir sebaiknya juga tidak berlebihan. Karena pir memiliki kandungan karbohidrat tinggi yakni sebesar 15gram dan gula sebesar 9,69 gram. Jika anda memang ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya setengah potong saja per harinya.

 

Makanan yang dilarang untuk penderita diabetes

Makanan yang dilarang untuk penderita diabetes biasanya harus ditaati. Sebab, mengontrol diabetes dapat dilakukan dari asupan makanan yang kita konsumsi. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi tentu akan membuat tubuh sehat dan kuat. Lihat beberapa makanan yang dilarang untuk penderita diabetes seperti berikut:

  • Makanan dan minuman dengan pemanis

Bagi penderita diabetes, makanan dan minuman yang diberi pemanis merupakan pantangan utama. Minuman seperti halnya soda kaleng dianggap sangat berbahaya. Karena dalam satu kaleng soda bisa mengandung 38,5 gram karbohidrat. Es teh manis pun sebaiknya tidak lagi anda sentuh. Dalam segelas es teh bisa mengandung 45 gram karbohidrat. Minuman dan makanan tersebut dapat memunculkan resistensi insulin. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati.

  • Mengonsumsi makanan beku

Frozen food atau makanan beku tentunya memiliki kandungan karbo yang tinggi. Lemak jahat yang ada dalam makanan beku seperti selai, krimer, dan margarin juga sebaiknya anda jauhi. Lemak trans yang ada di dalam makanan beku memang berfungsi untuk memperpanjang masa kadaluwarsa. Namun, hal tersebut justru yang harus dijauhi penderita diabetes. Lemak trans sendiri dapat memicu resistensi insulin.

  • Batasi asupan karbohidrat

Seorang penderita diabetes harus selalu mengontrol karbohidrat yang masuk ke dalam tubuhnya. Nasi, pasta dan roti merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Mengonsumsi ketiga jenis makanan tersebut dapat membuat gula darah melonjak naik. Anda dapat mengonsumsi nasi dalam jumlah sedikit atau menggantinya dengan makanan karbohidrat lain.

  • Mengonsumsi sereal manis

Sereal menjadi pilihan menu sarapan banyak orang karena dinilai praktis. Namun hal tersebut bukanlah pilihan yang baik. Sereal manis menjadi makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat rendah dan tinggi protein agar gula darah tetap normal.

  • Mengonsumsi yoghurt rasa buah

Yoghurt dengan varian buah bukan pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. Yoghurt dengan varian-varian rasa biasanya berbahan dasar susu yang dicampur dengan karbohidrat dan juga gula. Hal tersebutlah yang dapat memicu resistensi insulin bagi penderita diabetes. Anda sebaiknya memilih yoghurt yang tidak mengandung perasa dan juga gula. Dengan dmeikian dapat mencegah naiknya gula darah serta dapat bermanfaat untuk merawat kesehatan usus.

  • Mengonsumsi kopi dengan pemanis

Berbagai pilihan varian kopi mulai banyak menjamur di masyarakat. Bagi penderita diabetes ada baiknya tidak mengonsumsi kopi yang diberi perasa. Kopi yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes adalah kopi asli tanpa perasa. Perasa yang dicampur ke dalam kopi biasanya mengandung kadar karbohidrat yang tinggi. Contohnya saja segelas capuchino caramel memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 57 gram. Mengonsumsi kopi dengan tambahan perasa juga dapat membuat berat badan anda naik. Anda sebaiknya mengonsumsi kopi expresso tanpa gula atau kopi tubruk agar gula darah tetap terjaga.

  • Mengonsumsi makanan ringan

Jenis makanan yang satu ini bukan cemilah yang tepat untuk penderita diabetes. Makanan ringan biasanya dicampur dengan tepung yang tinggi karbohidrat. Belum lagi minyak yang digunakan untuk memprosesnya. Mengonsumsi makanan ringan dapat membuat gula darah naik dalam hitungan cepat. Anda dianjurkan mengonsumsi sayuran atau buah yang rendah karbo sebagai cemilan.

  • Mengonsumsi kentang goreng

Siapa yang tidak suka mengonsumsi makanan yang satu ini. Cemilan yang sangat digemari banyak orang ini menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, apalagi jika digoreng pasti menggunakan banyak minyak yang mengandung lemak trans. Hal tersebut dianggap berbahaya bagi penderita diabetes.

Jus buah yang aman untuk penderita diabetes

Jus buah yang aman untuk penderita diabetes dapat anda tentukan dari buah apa yang anda pilih. Jika anda ingin mengonsumsi jus buah sebaiknya anda membuatnya sendiri di rumah. Karena akan lebih aman dan sehat jika anda tidak menambahkan gula atau pemanis ke dalam jus buah. Simak beberapa buah yang aman untuk anda jadikan jus buah:

  • Pepaya

Pepaya sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan. Namun, bagi penderita diabetes anda perlu membatasi konsumsi pepaya dalam sehari. Anda pun bisa menjadikannya jus buah untuk dikonsumsi. Pepaya mengandung antioksidan, vitamin c, beta karoten, flavonoid, vitamin b kompleks, mineral, kalsiun, dan magnesium yang baik untuk tubuh. Selain itu, pepaya memiliki kandungan gula yang rendah yang cocok dikonsumsi penderita diabetes. Pepaya juga bisa menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama munculnya sel kanker.

  • Apel

Kandungan yang terdapat di dalam apel dapat menjaga keseimbangan gula dalam darah. Apel mengandung vitamin c, zat besi, serat dan vitamin A. Kandungan serat dalam apel bisa menjaga perut terasa kenyang lebih lama serta membuat penyerapan gula lebih lambat. Selain menjaga kadar gula darah agar tetap normal, apel juga bisa membantu mengobati alzeimer, melindungi tulang, mencegah berbagai jenis kanker, menurunkan berat badan, dan mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

  • Stroberi

Anda  bisa memilih stroberi sebagai buah yang dapat dijadikan jus buah. Stroberi terbukti memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin dan serat yang dapat mengontrol gula daram darah. Segelas jus stroberi bisa mencukupi kebutuhan asupan vitamin c yang dibutuhkan tubuh yakni sebesar 136 persen. Berbagai gizi yang ada dalam stroberi tersebut bisa membantu anda dalam meningkatkan imun dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan merawat kesehatan pencernaan.

  • Buah plum

Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan seperti zat fito yang bersifat klorogenik dan neoklorogenik. Selain itu, buah plum juga kaya akan vitamin c yang mencegah penyakit osteoarthritis, artritis rheumatoid dan asma. Buah plum juga mengandung vitamin b kompleks, vitamin k, zat besi, kalium, florida dan asam pantotenik. Buah plum tak hanya mampu menjaga kadar gula dalam darah. Namun, juga dapat memperlancar peredaran darah, mencegah kanker, mencegah komplikasi penyakit jantung, dan mencegah kerusakan neuron.

  • Jambu biji

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan serat dan antioksidannya. Kandungan vitamin c, vitamin A, dan asam folatnya dapat menjaga kadar gula darah. Bahkan dalam kondisi gula darah naik, jambu biji dipercaya dapat menurunkan gula dalam darah. Vitamin c yang ada dalam jambu biji pun lebih banyak daripada jeruk.

  • Aprikot

Aprikot merupakan jenis buah yang memiliki kandungan karotenoid dan fiber yang cukup tinggi. Dengan demikian, buah aprikot memiliki antioksidan yang dapat membantu penderita diabetes menjaga gula dalam darah. Selain itu, buah aprikot memiliki manfaat dapat menolong tubuh melakukan detoksifikasi, meregenerasi cairan dalam tubuh, menyembuhkan diare. Buah aprikot kaya akan manfaat lainnya. Buah aprikot dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan mencegah infeksi saluran kemih. Namun, anda tidak disarankan mengonsumsi buah ini lebih dari 5 buah dalam sehari.

  • Buah kiwi

Anda tentu baru tahu jika buah kiwi memiliki manfaat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Buah ini memiliki kandungan antioksidan, kalium, vitamin c dan kaya akan serat. Kepadatan nutrisi yang dimiliki buah kiwi sangatlah tinggi. Sehingga mutu yang dimiliki buah yang satu ini pun sangat baik apabila dikonsumsi oleh tubuh.

Buah yang dilarang untuk diabetes

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes ada baiknya benar-benar dibatasi dalam mengonsumsinya. Berikut adalah jenis buah yang dilarang untuk diabetes:

  • Buah anggur

Dalam mengonsumsi buah anggur sebaiknya dibatasi. Hal tersebut dikarenakan anggur mengandung gula dan karbohidrat yang cukup tinggi. Jika tidak ingin gula dalam darah meroket, ada baiknya anda mengonsumsinya dalam batas wajar. Misal saja 2 buah tiap makan.

  • Buah ceri

Sama halnya dengan buah anggur, buah ceri memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tidak baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. 100 gram buah ceri memiliki kandungan gula sebesar 12,8 gram dan karbohidrat sebesar 16 gram.

Buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes

Buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes identik dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. Sebab kedua kandungan tersebut adalah musuh besar bagi penderita diabetes. Namun, bukan berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Akan tetapi dalam mengonsumsinya harus benar-benar dibatasi. Simak buah-buahan yang sebaiknya tidak terlalu sering anda konsumsi:

  • Buah mangga

Mangga terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Beberapa orang dengan diabetes bahkan benar-benar tidak boleh mengonsumsi buah ini. Dalam 100 gram memiliki gula sebesar 13,7 gram dan karbohidrat sebesar 15gram.

  • Buah apel

Anda boleh mengonsumsi apel, namun dalam batas wajar. Hal tersebut karena apel memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. Dalam 100 gram apel saja memuat 14,8 gram karbohidrat dan 12,2 gram gula.

 

Buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes melitus

Buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes melitus diantaranya adalah buah yang memiliki kandungan fruktosa atau gula. Fruktosa menjadi salah satu zat yang diproses di organ hati. Bagi penderita diabetes, penumpukan fruktosa dapat berakibat fatal yakni memperlambat metabolisme dalam tubuh manusia. Dengan demikian anda harus benar-benar memilih buah dengan kandungan gula yang rendah agar gula darah tetap normal. Selain itu, pertimbangkan juga buah yang memiliki kandungan serat yang baik. Pilihlah buah dengan kandungan serat yang tinggi. Serat larut maupun tidak larut bisa membantu anda untuk mencegah kolesterol mengalir ke jantung anda. Serat dalam sayur atau buah juga dapat membuat anda merasakan kenyang lebih terasa lama. Sehingga anda tidak akan mudah merasa lapar. Buah yang masih segar di dalamnya mengandung serat yang sangat baik bagi tubuh. Jenis buah segar lebih dianjurkan daripada buah yang dibekukan atau dikeringkan. Karena buah yang dikeringkan atau dibekukan sudah kehilangan serat yang banyak.

 

Buah yg di larang untuk penderita diabetes

Buah yg di larang untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:

  • Buah Tin

Buah Tin dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang snagat tinggi. 100 gram buah tin memiliki 16,2 gram gula dan 19, 18 gram karbohidrat yang dapat membuat gula darah anda menjadi tinggi jika mengonsumsinya lebih dari batasan perharinya.

  • Jus buah dengan tambahan gula

Bagi anda penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi jus buah yang banyak di jual di luar sana. Karena biasanya jus buah tersebut diberi tambahan gula. Sebaiknya anda membuat jus buah sendiri di rumah tanpa tambahan perasa atau gula.

Buah yang di larang untuk penderita diabetes

Buah yang di larang untuk penderita diabetes selanjutnya yakni sebagai berikut:

  • Buah dengan kandungan antioksidan rendah

Buah yang memiliki antioksidan rendah sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Antioksidan merupakan senyawa nabati yang memiliki fungsi utama sebagai penangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan menjadi senyawa yang dapat membantu memperbaiki hormon stres yang ada dalam tubuh manusia. Buah yang memiliki antioksidan tinggi adalah beri dan jeruk.

  • Buah kering

Buah yang paling sehat dikonsumsi manusia adalah buah segar. Buah yang telah dikeringkan biasanya telah memiliki kandungan karbo dan gula yang lebih tinggi. Kulit yang telah dihilangkan dari buah saat proses pengeringan juga bisa mengurangi kandungan serat pada buah.

Makanan yang dilarang bagi penderita diabetes

Makanan yang dilarang bagi penderita diabetes diantaranya sebagai berikut:

  • Keripik kentang yang panggang

Bagi anda penderita diabetes sebaiknya tidak lagi mengonsumsi keripik. Keripik biasanya diolah menggunakan karbohidrat yang tinggi. Dalam keripik tidak memiliki serat, kondisi inilah yang membuat kenaikan glukosa yang ada dalam darah. Anda dapat beralih untuk mengonsumsi pistachio dengan rasa asin yang ringan saja.

  • Cookies

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Cookies memiliki rasa manis yang dapat mengembalikan mood seseorang. Namun, cookies menjadi salah satu makanan yang sangat dipantang penderita diabetes. Kandungan gula, karbohidrat dan lemak yang sangat tinggi membuat cookies tidak bisa anda konsumsi meski dalam jumlah yang sedikit. Anda bisa mengalihkan keinginan memakan cookies ke kacang almond yang memiliki kandungan gula yang rendah.

  • Mengonsumsi pretzel

Memilih pretzel sebagai cemilan bagi penderita diabetes merupakan pilihan yang salah. Pretzel dapat membuat gula darah anda meroket.

  • Kerupuk

Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi kerupuk karena kerupuk mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat tersebut memiliki kandungan serat yang rendah sehingga tidak baik untuk tubuh.

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes kering

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes kering yang terakhir adalah sirup dan madu. Banyak orang yang mengira kalau madu dan sirup bisa dijadikan sebagai pengganti gula pasir. Namun faktanya sirup dan madu menjadi daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita diabetes. Dalam sesendok madu memiliki kandungan gula sebanyak 17 gram sedangka sirup memiliki kandungan gula sebanyak 16 gram. Sehingga anda sebaiknya tidak memasukkan sirup dan madu ke dalam makanan atau minuman yang anda konsumsi.

Selain itu, anda juga sebaiknya mulai berhenti mengonsumsi makanan seperti junkfood. Junkfood memiliki kandungan gula, garam dan kolesterol yang dapat memicu naiknya gula darah. Mengonsumsi makanan seperti gorengan juga tidak baik untuk kesehatan penderita diabetes. Karena di dalam gorengan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat memicu naiknya gula darah. Terakhir, berhentilah mengonsumsi alkohol. Karena alkohol bisa menyebabkan komplikasi. Alkohol memiliki kandungan gula yang tinggi dan harus dihindari bagi penderita diabetes. Mengonsumsi alkohol sejatinya juga dapat berdampak pada kesehatan organ tubuh anda yang lainnya. Sehingga ada baiknya ada stop untuk mengonsumsi alkohol tersebut.

 

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes sebaiknya tidak anda konsumsi dalam jumlah banyak. Anda masih bisa mengonsumsinya dengan batasan maksimal sepotong kecil buah setiap kali makan. Sebab mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menaikkan gula darah. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memilih buah-buahan apa saja yang aman dan baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh, anda sebaiknya juga menerapkan gaya hidup yang sehat dan juga berolahraga agar gula darah tetap terkontrol.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.