Cara Membuat Tekanan Darah Normal

Semua penderita hipertensi sangat disarankan supaya rutin lakukan pengecekan. Baik itu di rumah dengan menggunakan alat sendiri, atau di dokter. Boleh saja melakukan pengetesan sendiri di rumah, lalu menyampaikan hasilnya pada dokter. Ini termasuk cara membuat tekanan darah normal.

Dengan melakukan ini bisa membantu untuk mempermudah dokter memantau keefektifan obat. Kadang, ada orang yang gugup dan tegang saat datang ke RS dan menyebabkan tekanan darah naik.

Hal itu menyebabkan tekanan darah jadi naik karena merasa tegang, walau aslinya normal saja.

Cara Mengembalikan Tekanan Darah Normal

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, pasti ingin mengembalikannya menjadi tekanan darah normal. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan tekanan darah normal yang bisa dilakukan :

Lakukan Olahraga

Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh akan terangsang membuat asam nitrat. Dengan adanya zat ini, maka pembuluh darah bisa terbuka dan tekanan darah berkurang. Melakukan olahraga bisa menguatkan otot jantung juga. Selain itu mengurangi stres dan menghindarkan gejala obesitas yang menjadi pemicu darah tinggi.

Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Hal lainnya untuk mendapatkan tekanan darah normal adalah mengurangi penggunaan garam. Karena maksimal 2400 mg, kurang lebih setara dengan 1 sdt saja.

Biasakan Pola Makan Sehat dan Gizinya Seimbang

Keluarga sehat akan terwujud jika anda membiasakan untuk hidup dengan pola makan seimbang. Juga untuk mendapatkan tekanan darah normal, biasakan makan dengan gizi seimbang. Misalnya daging-dagingan, kacang, sayur dan buah, biji-bijian dan susu rendah lemak. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol.

Jangan Stres

Hilangkan semua pikiran negatif, supaya bisa mendapatkan pikiran yang tenang. Karena pikiran yang tenang membawa anda pada kebahagiaan, juga tubuh jadi lebih sehat. Stres akan membuat tekanan darah tinggi.

Beda halnya dengan yang memiliki tekanan darah rendah, hal di bawah ini harus dilakukan :

Minum Air yang Banyak

Tak hanya mencegah dehidrasi, juga bisa meningkatkan tekanan darah anda. Maka karena itu, pastikan kebutuhan cairan anda tercukupi tiap hari.

Boleh menambah Garam Dalam Makanan

Beda halnya dengan para penderita darah tinggi, darah rendah bisa menggunakan garam secara normal. Tapi lebih baik jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Pakai Stoking Khusus

Ada stoking khusus untuk mengurangi pembengkakak akibat varises yang mengurangi pengumpulan darah di kaki. Jug abisa mengurangi nyeri.

Demikian adalah cara untuk mengembalikan tekanan darah jadi normal. Untuk keluarga sehat, biasakan gaya hidup sehat setiap hari, ya! Ada banyak cara untuk membiasakan hidup sehat, baik itu dengan konsultasi pada dokter, diet sehat, dan masih banyak lagi. Jangan sampai mengalami masalah kesehatan yang berlipat akibat hipertensi yang tidak terkontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.