Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit

Tips Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit Pityriasis alba pada Bayi

Waspadai jika kulit pada bayi anda muncul bercak putih atau kemerahan. Penyakit kulit yang nampak pada kulit bayi tersebut mirip dengan panu yang seringkali ditemui pada orang dewasa. Bercak putih atau kemerahan yang menyerupai panu tersebut bernama Pityriasis alba.  Bercak ini berwarna merah dan berbentuk oval dan bulat. Penyakit kulit pada bayi ini sering tiba-tiba muncul pada bagian leher, punggung, dada dan pipi. Pityriasis alba banyak menyerang bayi hingga anak usia 12 tahun.Namun, tak jarang Pityriasis alba juga ditemui pada orang dewasa.

Penyebab Kulit Bersisik

Pityriasis alba pada bayi mengakibatkan kulit bayi nampak bersisik dan kasar. Rasa gatal yang ditimbulkan Pityriasis alba membuat bayi seringkali menangis. Panu pada anak seringkali tidak diketahui penyebabnya. Dilansir dari hellosehat.com, penyakit ini diyakini memiliki hubungan dengan dermatitis atopik atau yang sering dikenal sebagai eksim. Kulit bersisik pada bayi dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang bereaksi agresif. Sistem imun yang bekerja terlalu agresif tersebut salah mendeteksi sel-sel tubuh normal sebagai ancaman. Akan tetapi, jika bayi anda menderita eksim, maka kekebalan tubuh bayi anda tidak mampu membedakan keduanya. Penggunaan kortikosteroid yang tidak sesuai dosis saat mengobati eksim juga dapat menyebabkan ruam. Faktor genetik juga dipercaya sebagai penyebab kulit bersisik dan seperti panu.

Kulit Kering pada Bayi

Bayi yang menderita Pityriasis alba tak hanya memiliki ruam kemerahan dan panu. Kulit bayi juga nampak bersisik dan kering. Pada bayi yang baru lahir, kulit cenderung kering dan mudah mengelupas. Kulit yang kering dan mudah mengelupas pada bayi disebabkan karena lapisan kulit terluarnya mengalami dehidrasi. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya seperti:

  1. Memandikan bayi terlalu lama

Memandikan bayi menggunakan air hangat tidak memerlukan waktu yang lama.

  • Udara sekitar yang kering

Kulit bayi memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi, sehingga sering terlihat bersisik jika terkenan udara atau cuaca yang kering.

  • Penggunaan body lotion bayi yang tidak tepat

Menjadi orang tua yang bijak sangatlah penting. Bayi memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga harus berhati-hati dalam pemilihan body lotion untuk bayi.

  • Serta masalah genetik yang dimiliki oleh bayi

Faktor genetik yang dimiliki bayi menyebabkan setiap bayi memiliki respon yang berbeda-beda.

Pelembab untuk Kulit Kering pada Bayi

Kulit kering dan bersisik pada bayi dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan pelembab. Sebagai orang tua yang bijak harus jeli dalam memilih pelembab untuk bayinya. Mengoleskan pelembab beberapa menit setelah mandi. Hindari penggunaan pelembab yang mengandung alkohol dan zat yang berbahaya untuk kulit bayi seperti pewangi, pewarna dan paraben. Minyak zaitun dan minyak kelapa juga dapat menjadi pelembab yang tepat untuk mengatasi masalah kulit anda. Kedua minyak tersebut memiliki fungsi yang lebih baik dalam menjaga kelembapan kulit dibanding pelembab yang dijual di pasaran. Ketika hendak membeli pelembab untuk si kecil perhatikan label produk. Oleskan sedikit ke kulit si kecil dan perhatikan reaksinya.

Krim untuk Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal pada musim kemarau sering membuat banyak orang merasa risih. Sering berganti-ganti krim karena tidak kunjung menemukan yang cocok. Banyak yang belum mengetahui manfaat dari kandungan krim urea. Krim urea menjadi salah satu pilihan yang tepat karena manfaatnya yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Akan tetapi dalam penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter.  Kandungan zat urea yang memiliki manfaat untuk melembapkan kulit dengan mengumpulkan air dari lapisan kulit yang lebih dalam. Selain itu, krim urea juga mampu mengatasi sel-sel kulit mati dan mengatasi kulit bersisik. Penggunaan krim urea melalui resep dokter dan pastikan memilih krim yang sudah memiliki BPOM RI.

Krim untuk Kulit Kaki Kering dan Gatal

Masalah kulit kering seringkali ditemui pada kulit kaki. Hal tersebut menyebabkan rasa kurang percaya diri pada seseorang. Kaki kering dan gatal bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti infeksi jamur, diabetes, alergi dan kurang menjaga kebersihan. Hindari penggunaan benda-benda yang membuat kulit iritasi. Salah satu krim yang terkenal untuk mengatasi kulit kaki kering dan gatal adalah Vaseline Pure Petroleum Jell. Namun apabila kaki kering disebabkan oleh penyakit kulit sebaiknya diobati menggunakan obat mengandung kortikosteroid, krim steroid, retinoid, dan antihistamin. Carilah krim yang mengandung zat-zat seperti gliserin, antioksidan, asam salisilat, asam glikolat, dan petroleum. Beberapa cara mudah juga dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Kita cukup menjauhi deterjen, berendam dalam air pansas,pewangi, dan produk kecantikan yang memunculkan reaksi alergi.

Cara Tradisional Mengatasi Kulit Kering pada Bayi

Mengatasi kulit kering pada bayi tak hanya dengan menggunakan krim yang mengandung bahan kimia. Terdapat beberapa tips sederhana yang dapat digunakan di rumah:

  1. Mandi dengan outmeal. Outmeal dipercaya mengandung kolodi yang dapat menyembuhkan gatal pada kulit.
  2. Memilih baju yang tepat untuk kulit bayi.
  3. Mandi menggunakan air hangat.
  4. Tidak menggunakan sabun secara berlebihan.
  5. Memanfaatkan kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam susu dengan cara mengoleskan susu pada kult menggunakan lap kain.
  6. Gosokkan minyak zaitun sebagai antioksidan pada kulit.
  7. Mengoleskan madu pada bagian kulit bayi yang kering dan gatal.
  8. Mengoleskan gel pada lidah buaya pada kulit sebagai antijamur dan antiseptik.
  9. Balurkan minyak kelapa pada kulit bayi yang kering.

Krim untuk Kulit Kering dan Gatal

Berbagai pilihan krim untuk kulit kering dan gatal tersedia di berbagai tempat. Namun, hendaknya menjadi konsumen yang jeli dalam memilih krim untuk kulit. Anda harus memahami manfaat setiap zat yang terkandung dalam krim tersebut. Dilansir dari Pickbest.id, pilihlah krim yang memiliki kandungan:

  1. Hyaluronic Acid sebagai zat yang mampu melembabkan kulut dan menyamarkan kerutan.
  2. Ceramid yang berperan melembabkan dan melindungi kulit.
  3. Shea butter yang bermanfaat untuk mencegah jerawat dan menyembuhkan radang kulit.
  4. Antioksidan yang mampu memulihkan kulit yang kering dan menyembuhkan kulit gatal.
  5. Mineral oil yang berfungsi melembabkan dan mengobati ruam pada kulit.

Nah, beragam tips di atas dapat Moms dan teman-teman manfaatkan sebagai referensi jika mengalami gangguan pada kulit. Tak perlu khawatir karena berbagai cara dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Dari cara yang tradisional hingga menggunakan krim yang ada dijual bebas. Pemilihan krim yang sesuai dengan kondisi kulit sangat dianjurkan agar tidak memunculkan masalah baru pada kulit si kecil ataupun kulit anda. Memastikan menghindari kebiasaan buruk yang mampu membuat kulit menjadi kering, gatal, radang dan terluka juga sangat penting. Tips terakhir, jangan lupa memakai krim pada kulit saat cuaca terik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.