Cara Mencegah Gula Darah Rendah

cara atasi kulit kering
woman with symptom of atopic dermatitis on brow and brows

Jika ada gula darah tinggi, maka sudah pasti ada gula darah rendah. Yang dimaksud dengan gula darah rendah alias hipoglikemia merupakan sebuah kondisi saat kadar gula darah dalam tubuh ada di bawah kadar normal. Apabila kadar glukosa sangat rendah, maka otot dan sel-sel yang ada pada otak akan kekurangan energi. Bisa menyebabkan tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana biasanya.

Adapun gula darah rendah bisa terjadi pada orang yang tak makan selama beberapa jam. Walau begitu, ternyata gula darah rendah malah lebih sering terjadi pada orang diabetes sebab penggunaan obat-obatan insulin yang mereka konsumsi. Kemudian risiko penurunan gula darah menjadi lebih besar untuk penderita diabetes yang berolahraga lebih berat atau yang makan lebih sedikit daripada biasanya.

cara cegah gula darah rendah

Mencegah Gula Darah Turun

Untuk yang sangat rentan terserang gula darah rendah, lakukan beberapa cara untuk mencegah terjadinya hal itu :

Periksa kadar gula darah teratur

Biasakan untuk memeriksa kadar gula darah dengan jangka waktu tertentu. Bisa gunakan glukometer di rumah dan bisa juga memeriksakannya ke dokter yang lebih kompeten dan akurat.

Atur pola makan

Biasakan juga untuk mengatur jadwal makan dengan baik, tiga kali makan besar dengan selingan makanan ringan. Usahakan waktu makan besar berselang empat hingga lima jam. Jika misalnya banyak beraktivitas, maka makan lebih banyak untuk mengganti kalori yang terlalu banyak dibuang.

Menu makanan harus seimbang

Dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, maka kita bisa mencegah gula darah rendah. Selain itu cukupi asupan protein, masukkan ikan, daging ayam tanpa kulit, tahu tempe atau telur ke dalam makanan kita. Sebab protein akan menjaga gula bertahan lebih lama selama diserap oleh tubuh kita. Karbohidrat kompleks yang ada dalam beras merah, atau roti gandum juga tak boleh dilewatkan. Setelah itu, lengkapi dengan buah-buahan sebagai sumber gula yang alami.

Snacks harus tersedia

Kita juga boleh menyediakan berbagai snack atau makanan ringan yang mengandung protein dan karbohidrat. Apalagi jika akan bepergian jauh, semua itu bisa mencegah terjadinya gula darah rendah dan pingsan.

Patuh pada petunjuk dari dokter

Jika menderita diabetes, jangan lupakan petunjuk dokter dalam mengonsumsi obat-obat antidiabetes. Selain itu aturan pola makan dari dokter pun harus dipatuhi. Maksudnya agar gula darah tetap stabil dan bisa terhindar dari komplikasi penyakit juga.

Kita bisa mengendalikan kadar gula darah supaya menghindari gula darah rendah, namun membutuhkan kedisiplinan, khususnya dalam mengatur pola makan. Akan tetapi pengaturan pola makan saja belum cukup, baiknya jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapatkan pengobatan yang tepat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.