Cara Mencuci Tangan Menurut WHO

Demi keluarga sehat di tengah pandemik Corona atau Covid-19 ini, perlu aksi khusus untuk menjaga supaya terhindar dari penyakit. Salah satu langkah awalnya adalah dengan mencuci tangan pakai sabun, kenapa harus mencuci tangan?

Karena kita tidak tahu selama beraktivitas di luar maupun di dalam rumah, bakteri dan virus apa yang sudah menempel pada permukaan tangan.

Jika tidak mencuci tangan dengan baik dan benar, maka berbagai bakteri dan virus bisa langsung masuk ke dalam tubuh melalui mulut (saat makan dan minum), melalui mata dan hidung (saat menggosok hidung maupun mata).

Oleh sebab itu, kita harus memberikan edukasi kepada seluruh keluarga mengenai pentingnya cuci tangan dengan menggunakan sabun. Tidak sulit membuat keluarga sehat, kok!

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia juga telah menyarankan cara cuci tangan yang benar, setidaknya membutuhkan waktu 20 detik dan menggunakan sabun cuci tangan khusus, atau boleh juga menggunakan sabun mandi biasa.

Jadi WHO menyampaikan setidaknya harus melakukan tujuh langkah tepat mencuci tangan dengan benar, dan cara mencuci tangan seperti ini sangat dianjurkan untuk seluruh masyarakat sebab bisa membunuh bakteri dan virus dengan efektif. Bahkan hal ini sudah dibuktikan secara klinis oleh para peneliti yang ada di Glasgow Caledonian Univesity di Skotlandia.

Awalnya mereka mengamati sebanyak 42 dokter dan 78 perawat, mereka menggunakan cairan antiseptik dengan tambahan alkohol tiap selesai kontak dengan pasien, dicatat kondisi fisiknya dalam beberapa waktu ke depan, ada yang sakit ringan dan lain sebagainya.

Kemudian diubah dengan mencuci tangan dengan tujuh langkah dari WHO, ternyata mendapatkan perubahan pada kondisi kesehatannya, menjadi lebih jarang sakit dan itu adalah hal yang baik.

Disampaikan oleh Jacqui Reilly, PhD, yang merupakan profesor pencegahan dan juga pengendalian infeksi dari Glasgow Caledonian University, memang membutuhkan waktu yang lebih lama daripada cara yang biasa dilakukan sebelumnya, yakni selama hampir satu menit atau 42,5 detik.

Namun demi kebersihan dan keluarga sehat, kenapa tidak?

Cara mencuci tangan sesuai dengan anjuran WHO

  1. Basahi tangan sampai setengah lengan pakai air mengalir
  2. Ambil sabun, usap dan gosok-gosok kedua telapak tangan
  3. Sekarang usap kedua punggung tangan kanan dan kiri
  4. Gosok sela-sela jari tangan, sampai bersih dan lakukan bergantian
  5. Katupkan jari lalu gosok-gosok pada telapak untuk membersihkan kuku, lakukan bergantian kanan dan kiri
  6. Gosok memutar ibu jari kanan dan kiri
  7. Bersihkan pergelangan tangan dengan memutar, lalu bilas sisa sabun sampai bersih dengan air mengalir.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk menjaga keluarga tetap sehat? Cukup dengan mencuci tangan dan memperhatikan asupan makanan keluarga, maka kita bisa mencegah virus masuk ke dalam keluarga sehat kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.