20 Cara Mengatasi Darah Haid yang Keluar Terlalu Banyak dan Terlalu Sedikit

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak dapat dilakukan dengan segera. Karena keluarnya darah haid yang terlalu banyak akan membuat kondisi seseorang menjadi kekurangan darah. Kondisi haid dikatakan tidak normal yakni menstruasi yang mengeluarkan banyak darah ataupun sedikit darah. Anda dapat memeriksakannya ke dokter terdekat atau dengan beberapa langkah yang dapat anda lakukan dengan mudah di rumah. Jika tidak terlalu parah, anda dapat beristirahat dan mengonsumsi beberapa bahan alami untuk menormalkan kembali haid anda. Istirahat dalam jumlah yang cukup dan mengurangi stres dapat anda lakukan agar dapat segera pulih. Haid yang berlebihan atau sangat sedikit dapat menandakan tubuh anda sedang stres dan lelah hingga menandakan suatu penyakit. Simak beberapa faktor yang mempengaruhi pendarahan yang banyak atau sedikit pada anda:

  • PCOS atau sindrom polikistik ovarium

Kondisi ini merupakan pemicu adanya kista ovarium. PCOS bisa menjadi penyebab haid seseorang keluar terlalu sedikit. Hal tersebut disebahkan tubuh tidak melepaskan sel telur.

  • Penggunaan alat kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi contohnya seperti IUD dan pil KB ternyata dapat membuat pendarahan yang banyak saat haid. Sedangkan pil KB justru mencegah indung telur melepaskan sel telur yang menyebabkan haid keluar dengan instensitas sedikit.

  • Terlalu stres

Keadaan yang membuat anda terlalu stres membuat siklus haid dan pendarahan haid menjadi tidak normal. Hal tersebut dikarenakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh anda. Stres berlebih menghasilakan hormon kortisol yang banyak sehingga dapat memperngaruhi kondisi otak dalam mengatur haid.

  • Mengalami gangguan tiroid

Saat anda mengalami gangguan pada kelenjar tiroid, hal itu akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid juga membuat siklus haid menjadi berantakan.

  • Mengalami Obesitas

Ternyata obesitas juga memiliki dampak yang kurang baik pada siklus haid. Perempuan yang dikategorikan obesitas bisa mendapat resiko haid yang terlambat. Anda disarankan untuk melalukan diet dan berolahraga untuk mengatasi obesitas yang berakibat pada haid yang tidak normal.

  • Kebiasaan merokok

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya  tetap memperthatikan dan mengutamakan kesehatan anda. Sebab rokok mengandung zat-zat yang dapat mempengaruhi kadar hormon progeteron dan estrogen pada tubuh. Kandungan nikotin salah satunya, dapat mempengaruhi haid anda.

  • Gaya hidup yang buruk

Anda yang memiliki pola hidup dan pola makan tidak sehat sebaiknya beralih ke gaya hidup yang sehat. Olahraga yang berlebihan juga dapat membuat haid keluar sangat sedikit. Stres dan kurang tidur juga bisa mengganggu siklus haid dan pendarahan saat haid.

  • Kurangi konsumsi makanan yang kurang sehat

Dewasa ini banyak pilihan makanan dan minuman yang membuat lidah senang. Namun, ternyata makanan dan minuman tersebut tidak mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya saja makanan seperti junkfood. Kandungan lemak jenuh dan natrium yang tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Anda dapat mengalami obesitas apabila terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat yang berlebihan. Selain itu, anda juga harus membatasi asupan gula dan karbohidrat pada tubuh, terlalu berlebihan saat mengonsumsi gula dan karbohidrat membuat seseorang menjadi obesitas.

  • Hindari mengonsumsi alkohol

Alkohol tak hanya menimbulkan kerusakan pada organ tubuh seperti jantung dan ginjal. Namun juga sangat berpengaruh pada organ reproduksi perempuan. Ada baiknya anda merubah kebiasaan mengonsumsi alkohol dengan menggantinya menjadi mengonsumsi buah-buahan dan sayur. Sayur dan buah memiliki banyak kandungan gizi, vitamin, mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, rasa yang ada di dalam buah merupakan perasa alami yang tidak memiliki efek yang buruk untuk tubuh anda. Menjaga asupan gizi pada makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari akan mencegah anda mengalami haid yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

 

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak dapat dilakukan dengan berbagai langkah dan dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda. Idealnya pendarahan haid pada perempuan terjadi setiap bulannya secara teratur dan dalam jumlah yang normal. Namun ada suatu kondisi bernama menometroragia yakni haid dalam jumlah pendarahan yang sangat banyak. Kondisi ini terjadi karena kelainan yang terjadi pada siklus haid yang banyak dan dalam waktu yang panjang. Pendarahan haid tersebut juga dapat berupa gumpalan yang tidak normal disertai rasa sakit pada punggung dan perut yang teramat sangat. Bahkan yang paling parah dapat menyebabkan napas pendek, lemas dan kelelahan yang berlebihan. Hal tersebut menunjukkan anda kekurangan zat besi. Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi obat seperti berikut:

  • Zat besi

Saat anda mengalami haid yang berlebihan dan menyebabkan kondisi lelah yang berlebihan, anda akan diresepkan oleh dokter suplemen zat besi. Suplemen tersebut dapat membantu mengendalikan pendarahan agar tidak terlalu deras dan berkepanjangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.

  • Pil KB

Pil KB ternyata tidak hanya berfungsi untuk mencegah kehamilan. Namun, pil KB juga bermanfaat untuk mencegah pendarahan hebat saat haid. Selain itu juga membantu mencegah penipisan endometrium. Pil KB memiliki kandungan progesteron dan estrogen yang dapat menyembuhkan pendarahan berlebihan yang disebabkan oleh masalah pada rahim anda.

  • Obat golongan NSAID

Selanjutnya anda akan diberi obat anti nyeri dari golongan NSAID yakni seperti Motrin dan advil. Obat-obat tersebut bisa mengurangi nyeri dan kram berlebihan saat anda sedang haid. Obat golongan NSAID juga dapat mengurangi volume darah haid.

  • Progestin

Obat ini dinilai tepat untuk mengatasi pendarahan haid yang berlebihan. Obat progestin memiliki manfaat untuk menghambat hormon estrogen. Hormon tersebut membantu pertumbuhan dinding rahim yang biasanya ikut luruh dengan darah haid. Progestin inilah yang membuat lapisan rahim menjadi tipis sehingga dapat mengurangi derasnya darah yang keluar. Namun, saat anda mengonsumsi obat tersebut sebaiknya tetap memperhatikan efek sampingnya. Progestin memiliki efek samping diantaranya yakni membuat berat badan bertambah.

  • Gonadotropin

Obat ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengatasi darah haid yang diakibatkan fibroid rahim atau endometriosis. Namun dalam jangka waktu penggunaannya tetap dibatasi yakni maksimal penggunaan 3-6 bulan saja. Sebab jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang dapat mengganggu kinerja hormon estrogen yang ada dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan osteoporosis pada diri seseorang.

  • Danazol

Obat yang satu ini memiliki kandungan testosteron yang dapat membantu kinerja hormon estrogen dalam tubuh seseorang. Danazol dapat menghentikan pendarahan haid anda selama 4-6 minggu.

  • Lysteda

Lysteda atau yang juga dikenal asam traneksamat merupakan obat golongan antifibrinolitik. Lysteda memiliki manfaat membantu proses penggumpalan darah, dengan demikian darah haid yang keluar saat haid berkurang.

Namun, pada suatu kondisi tertentu dokter dapat melakukan tindakan pembedahan apabila terapi obat tidak memberikan hasil yang baik. Dokter dapat melakukan beberapa tindakan pembedahan sebagai berikut:

  • Melakukan kuret yakni dengan mengikis jaringan pada rahim untuk mengurangi pendarahan.
  • Operasi histereskopi yakni dengan memeriksa bagian dalam rahim untuk mengobati kelainan haid.
  • Histerektomi yakni operasi pengangkatan rahim apabila keadaan sudah sangat parah.

 

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak bisa dilakukan dengan melakukan kebiasaan atau mencoba mengonsumsi makanan yang ada di rumah. Konsumsi dan lakukan beberapa langkah berikut untuk meredakan pendarahan haid yang berlebihan pada anda:

  • Konsumsi brokoli

Brokoli terkenal dengan kandungan vitamin K yang dapat membantu tubuh anda untuk mengentalkan darah haid. Konsumsilah sayuran yang satu ini karena segudang manfaatnya untuk tubuh. Brokoli dapat mengatasi pendarahan haid yang keluar dalam jumlah berat.

  • Konsumsi buah citrus

Vitamin c berperan penting untuk dapat menghentikan pendarahan yang banyak saat anda haid. Konsumsi buah lemon atau jeruk untuk membantu anda mengatasi masalah darah haid yang keluar terlalu banyak.

  • Buah pepaya

Ternyata buah pepaya memiki manfaat untuk dapat mengontrol darah yang keluar saat anda haid. Konsumsi buah pepaya yang mentah untuk mengatasi pendarahan yang berlebih saat haid.

  • Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang dapat anda gunakan untuk mencegad pendarahan haid yang berat. Konsumsi teh dengan kayu manis di dalamnya untuk mengatasi permasalahan haid tersebut.

  • Menggunakan alat kontrasepsi

Pendarahan haid yang berlebihan dapat anda atasi dengan menggunakan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi dapat mencegah ovulasi dan menghambat pembuahan.

  • Melakukan olahraga

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat akan membantu tubuh anda mengontrol darah yang keluar saat haid. Olahraga juga bisa membantu meredakan kram yang anda rasakan saat haid.

  • Mengonsumsi gelatin

Gelatin dipercaya dapat menghentikan pendarahan haid selama kurang lebih 3 jam. Anda dapat membelinya dibeberapa swalayan terdekat. Cara mengonsumsinya sangat mudah, anda hanya perlu menambahkan gelatin dengan air secukupnya.

  • Mengonsumsi cuka

Konsumsilah cuka untuk membantu meringankan pendarahan yang terjadi saat haid. Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok cuka sari apel dengan segelas air lalu diminum. Konsumsilah cuka sebanyak tiga kali sehari.

  • Konsumsi buah, sayur dan air putih

Air putih dapat membantu membuat waktu haid anda lebih cepat. Anda harus mencukupi kebutuhan asupan harian anda dengan buah dan sayur untuk meredakan gejala yang timbul saat haid. Kacang hijau merupakan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk memperlambat siklus menstruasi anda.

  • Mandi menggunakan air hangat

Mandi menggunakan air hangat dapat menghentikan sementara pendarahan yang berlebihan pada tubuh anda. Mandi menggunakan air hangat juga bisa meredakan kram dan nyeri saat haid. Hal tersebut bisa membuat otot rahim lebih rileks.

Cara mengatasi darah haid yang keluar sedikit

Cara mengatasi darah haid yang keluar sedikit dapat diatasi tanpa mengonsumsi obat-obatan. Darah haid yang keluar dalam intensitas sedikit dapat dipengaruhi oleh faktor hormon, stres, pola makan yang salah, terlalu lelah, dan berat badan yang naik atau turun secara drastis. Selain itu, haid yang keluar sedikit dapat disebabkan karena tubuh tidak mengeluarkan sel telur. Adapula kondisi medis yang disebut PCOS yang dapat mempengaruhi darah yang keluar saat haid. Anda dapat melancarkan haid dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut:

  • Melakukan olahraga yang tidak berlebihan

Olahraga terbukti dapat membantu melancarkan siklus haid. Olahraga membuat berat badan tetap ideal. Sebab kelebihan berat badan dapat menjadi penyebab haid tidak teratur atau bahkan hanya keluar sangat sedikit. Akan tetapi, anda tidak boleh melakukan olahraga dengan instensitas yang sangat tinggi karena dapat membuat darah haid tidak keluar.

  • Melakukan yoga

Anda bisa mencoba melakukan yoga sebagai salah satu bentuk latihan yang dapat membuat tubuh lebih rileks. Yoga bahkan terbukti dapat menghilangkan stres.

  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi merupakan salah satu yang dapat anda lakukan untuk menormalkan pendarahan haid. Selain mengonsumsi air putih, anda dapat mengonsumsi timun dan semangka yang memiliki kandungan air yang tinggi.

  • Istirahat cukup

Perempuan dinilai sering mengalami stres yang berlebihan. Hal tersebut dapat menjadi faktor yang menyebabkan darah haid keluar sedikit. Ada baiknya anda mulai mengatur waktu untuk mengistirahatkan tubuh anda. Tubuh setiap orang memerlukan waktu untuk tidur yang cukup untuk menghindari stres yang berlebihan.

  • Konsumsi vitamin c dan vitamin D

Banyak penelitan yang membuktikan bahwa vitamin D dapat mengatur siklus ovulasi. Sedangkan vitamin c dapat menolong anda untuk melancarkan siklus haid. Sebab, apabila kekurangan vitamin D akan berpengaruh pada siklus haid. Untuk vitamin c bisa membuat hormon estrogen dan progenteron yang dapat mendukung haid anda menjadi lancar. Haid yang memiliki pendarahan tidak normal dapat menjadi gejala PCOS. Dengan mengonsumsi vitamin D, metformin dan kalsium dapat membantu melancarkan darah haid terutama pada perempuan dengan kondisi PCOS. Anda dapat berjemur selama 15 menit pada pagi hari atau dapat mengonsumsi makanan seperti tuna atau salmon serta mengonsumsi vitamin D.

  • Jahe

Jahe ternyata dapat membantu melancarkan darah haid. Jahe dapat menginduksi haid serta dapat menyebabkan kontraksi pada rahim anda.

  • Konsumsi nanas

Nanas terbukti dapat mengatasi masalah haid anda. Nanas memiliki kandungan enzim bromelain. Enzim tersebut bisa melunakkan lapisan dinding rahim anda. Dengan demikian akan membantu melancarkan haid. Kandungan inflamasinya juga bisa menghilangkan nyeri yang anda rasakan saat haid.

  • Terapi hormon

Salah satu penyebab haid tidak normal yakni karena faktor ketidakseimbangan hormon. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan terapi hormon. Caranya dengan mengonsumsi obat yang di dalamnya terdapat kandungan hormon progesteron dan estrogen dengan pemberian dosis sesuai kebutuhan. Terapi ini diberikan pada perempuan yang memiliki siklus haid kacau dan memiliki kesulitan dalam memiliki keturunan. Namun anda harus siap dengan efek samping seperti sakit kepala, berat badan makin naik, hasrat seksual yang menurun, mual hingga nyeri payudara.

  • Kayu manis

Rempah-rempah yang satu ini terbukti dapat membantu membuat haid anda lancar dan bisa mengatasi kelainan seperti PCOS. Anda hanya perlu melarutkan kayu manis dalam bentuk bubuk ke dalam segelas air hangat untuk kemudian dikonsumsi secara rutin.

  • Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit dapat menyembuhkan peradangan. Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan kunyit pada susu, madu dan teh.

Cara mengatasi darah haid yang keluar terlalu banyak ataupun sangat sedikit bisa dengan menerapkan langkah-langkah di atas. Namun, bagi anda yang mengalami pendarahan sangat hebat atau siklus haid yang kacau. Ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter untuk melakukan terapi yang tepat untuk menormalkan siklus haid anda. Mengonsumsi obat-obatan yang kurang tepat justru dapat memperburuk kondisi haid anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.