28 Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit dan Gusi Bengkak

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit bisa saja menggunakan obat. Namun, mengobati gigi yang sakit dapat dilakukan dengan beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan di rumah. Mengonsumsi obat terlalu sering dirasa kurang baik. Mengobati gigi sakit dapat terlebih dulu memperhatikan penyebabnya. Dengan demikian anda dapat memilih langkah yang tepat untuk mengobati. Biasanya gigi yang berlubang disebabkan oleh bakteri yang menghasilkan asam dan memakan kandungan gula yang telah kita makan. Asam tersebutlah yang menjadi penyebab gigi rusak. Sakit gigi yang tidak segera diobati akan berujung pada infeksi.

 

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dapat anda lakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Akar manis

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa akar manis memiliki kegunaan untuk kesehatan gigi anda. Licorisoflavan dan licoricidin  dalam akar manis dapat melawan bakteri yang menjadi penyebab utama gigi menjadi berlubang. Kabar baik lainnya, licorice juga menjadi penolong anda untuk menghindari munculnya plak pada gigi. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memakai bubuk akar manis saat menggosok gigi.

  • Garam

Siapa yang tidak mengetahui khasiat garam dalam mengatasi masalah sakit gigi. Sudah terbukti penggunaan garam pada gigi berlubang sangat manjur.  Garam memiliki kandungan antibakteri juga antiseptik yang dapat menyembuhkan peradangan. Anda hanya perlu mencampurkan garam pada air hangat dan berkumur. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah bakteri terus berkembang. Selain itum anda dapat mengkombinasikan lemon dan setengah sendok garam untuk berkumur. Lakukan pijatan perlahan-lahan dan lakukan minimal dua kali sehari untuk membunuh bakteri yang ada di mulut anda.

 

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit tak lagi harus selalu ke dokter. Anda dapat melakukan dengan cara yang mudah dan simple dari rumah. Hanya perlu menggunakan beberapa bahan-bahan alami, maka sakit gigi anda akan reda. Simak beberapa langkah berikut yang dapat anda pilih:

  • Kunyit

Anda dapat memilih kunyit yang memiliki kandungan vitamin c sebagai obat alami mengatasi gigi berlubang yang sakit. Vitamin c dalam kunyit memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri. Kandungan tersebut yang mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi untuk mencegah infeksi karena bakteri. Anda hanya perlu menumbuk kunyit hingga menjadi bubuk lalu menggunakannya untuk berkumur menggunakan air hangat. Anda juga bisa mencampurkan kunyit dengan minyak mustard dan mengaplikasikannya pasa gigi dan gusi, kemudian bilas.

  • Cengkeh

Cengkeh dikenal dengan tumbuhan yang memiliki sifat analgesik, antiperadangan, dan antibakteri yang dapat mengatasi gigi sakit yang berlubang. Cengkeh dianggap dapat mengatasi penyebaran gigi yang berlubang. Anda dapat menambahkan minyak biji wijen untuk mengatasi sakit gigi. Mencelupkan kapas pada kedua campuran tersebut dan mengaplikasikannya pada gigi yang berlubang sebelum tidur malam hari. Cara simple lainnya, anda bisa mengunyak cengkeh dan mendiamkannya di bawah lidah selama beberapa menit.

Cara mengobati gigi berlubang yang sakit

Cara mengobati gigi berlubang yang sakit dapat segera dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Oil pulling

Cara yang satu ini merupakan metode yang sangat simple. Anda hanya perlu berkumur menggunakan minyak. Metode ini juga disebut oral detoksifikasi. Gunakan minyak biji wijen, minyak zaitun dan minyak kelapa untuk berkumur selama 20 menit. Gunakan setiap pagi saat perut kosong.

  • Bawang merah

Bawang merah memiliki kandungan antiseptik dan antimikroba yang dapat menyembuhkan rasa nyeri di gusi dan gigi yang berlubang. Anda hanya perlu mengunyagnya atau menempelkannya pada gigi yang sakit.

  • Es batu

Menggunakan es batu untuk mengompres gigi anda yang sakit dapat dilakukan. Cara ini dinilai sangat mudah dan simple. Suhu pada es batu membuat syaraf pada gigi membuat rasa kebas sehingga rasa nyeri akan hilang. Anda hanya perlu mengompresnya selama 15 menit hingga rasa sakitnya menghilang.

Mengatasi gigi berlubang yang sakit

Mengatasi gigi berlubang yang sakit harus dengan perawatan yang tepat. Apabila sembarangan, gigi yang sakit tersebut justru akan semakin sakit. Anda dapat menggunakan beberapa bahan berikut untuk menyembuhkan gigi yang sakit karena berlubang:

  • Daun jambu biji

Siapa yang tidak kenal khasiat jambu biji? Jambu biji terkenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Daun jambu biji memiliki kandungan analgesik antimikroba dan antiperadangan yang dapat menyembuhkan rasa nyeri anda. Cara menggunakannya sangat mudah, anda hanya perlu menumbuk daun jambu biji dan merebusnya. Kemudian kumur-kumur air rebusan daun jambu biji tersebut.

  • Jahe

Jahe sangat terkenal memiliki kandungan antibiotik yang dapat mematikan kuman dan bakteri mulut yang menjadi penyebab gigi berlubang. Anda hanya perlu menumbuk jahe dan menempelkannya pada gigi yang berlubang.

 Cara mengatasi gigi berlubang agar tidak sakit saat makan

Cara mengatasi gigi berlubang agar tidak sakit saat makan dapat anda lakukan dengan sangat mudah. Anda yang sedang merasakan sakit gigi karena gigi  berlubang pasti sering mengeluh saat makan. Merasakan sakit saat mengunyah menjadi alasan seringnya seseorang malas makan saat sakit gigi. Simak beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat gigi berlubang:

  • Tidak mengonsumsi makanan terlalu panas atau dingin

Saat sedang merasakan sakit gigi, ada baiknya anda menghindari makanan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Sakit gigi membuat anda lebih sensitif sebab bakteri yang ada pada plak menghasilkan asam yang dapat memakan enamel gigi. Gigi yang berlubang dapat bereaksi pada keadaan suhu yang esktrem. Sehingga anda disarankan menggosok gigi dengan air hangat.

  • Jangan konsumsi minuman dan makanan yang asam atau manis

Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang terlalu manis atau sangat asam karena dapat memperparah gigi yang berlubang. Mengonsumsi makanan terlalu asam atau manis akan membuat anda semakin merasakan sakit yang teramat sangat pada gigi yang berlubang.

 Cara mengobati sakit gigi berlubang besar

Cara mengobati sakit gigi berlubang besar dapat dilakukan dengan memulihkan enamel gigi yang rusak. Anda dapat menggunakan fluoride untuk memulihkan enamel gigi tersebut. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menggosokkan fluoride pada gigi. Tak perlu khawatir karena pasta gigi yang ada di swalayan telah memiliki kandungan fluoride. Selain itum anda dapat menambal gigi yang telah berlubang besar tersebut. Hal ini dapat dilakukan pada kondisi gigi yang belum begitu parah. Namun anda harus menambalnya pada dokter.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan pijatan

Cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan pijatan adalah salah satu cara yang sangat mudah dan dapat anda lakukan di mana saja. Tak memerlukan bahan-bahan apapun, anda hanya perlu melakukan beberapa pijatan sebagai berikut:

  • Pijat di tulang pipi

Pijat secara perlahan-lahan memakai jari telunjuk dan juga jari tengan anda pada bagian tepi bawah di tulang pipi. Lakukan dan ulangi pijatan tersebut selama satu menit. Pijatan tersebut dipercaya dapat mengurangi sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.

  • Pijat di tulang rahang

Pijatan selanjutnya dapat anda lakukan di tulang rahang dengan menggunakan ibu jari. Pijatan dilakukan di bagian otot depan daun telinga yang terlihat menonjol. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit kepala akibat sakit gigi.

  • Pijat di antara ibu jari dan telunjuk

Lakukan pijaran di antara ibu jari anda dan jari telunjuk. Hal tersebut terbukti dapat meringankan sakit gigi yang kronis. Selain itu, pijatan ini juga meredakan sakit mata dan migrain. Namun, pijatan ini tidak dianjurkan pada ibu hamil karena dapat memicu kontraksi prematur.

 

Mengatasi gigi sakit berlubang

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit bisa dilakukan di rumah. Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti madu untuk meredakan sakit gigi berlubang. Anda dapat mengombinasikan madu pada minuman ataupun makanan yang anda konsumsi. Madu memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Madu terbukti dapat mencegah gigi berlubang dan radang pada gusi anda. Anda hanya perlu melarutkan madu ke dalam air hangat dan berkumur-kumur selama 30 detik. Anda bisa minum air putih setelahnya untuk menghilangkan rasa manis madu yang tertinggal.

 

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh yakni dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel mengandung antibakteri dan antimikroba yang dapat mengatasi sakit gigi berlubang yang tidak lekas sembuh. Anda hanya perlu melarutkan sesendok makan cuka ke dalam air hangat. Lalu anda tinggal berkumur-kumur. Anda juga bisa meneteskan cuka pada kapas dan mengaplikasikannya pada gigi yang berlubang. Lakukan hal tersebut hingga rasa sakitnya benar-benar menghilang.

Cara mengobati gigi berlubang yang sakit terus menerus

Cara mengobati gigi berlubang yang sakit terus menerus dapat menggunakan lemon. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menghilangkan sakit gigi. Anda dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari tanpa terganggu rasa sakit lagi. Anda juga tidak perlu khawatir atas efek samping penggunaan lemon pada gigi yang berlubang. Caranya dengan mengunyah lemon dan mengenakannya pada gigi yang berlubang. Selain itu, anda juga dapat memeras lemon dan menambahkan air hangat untuk berkumur-kumur selama beberapa detik.

Cara mengobati sakit gigi tidak berlubang

Cara mengobati sakit gigi tidak berlubang dengan menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida adalah pembasmi bakteri yang dipercaya memiliki khasiat mampu mengatasi gigi yang tidak berlubang maupun berlubang. Senyawa anorganik dalam hidrogen peroksida bersifat oksidator. Obat ini dapat anda gunakan dengan cara berkumur-kumur. Anda hanya perlu menuangkannya pada gelas dan mencampurkannya dengan air hangat untuk berkumur-kumur. Lakukan selama lima menit secara berulang-ulang.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih sangat mudah. Bawang putih memiliki manfaat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Anda hanya perlu mencampurkan bawang putih dan seperempat garam dan mengoleskan di gigi yang berlubang. Selain itu, anda dapat mengoleskan minyak bawang putih untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk cara yang paling mudah anda bisa mengunyah bawang putih yang masih mentah dan mengenakannya pada gigi yang berlubang.

Cara atasi gigi berlubang yang sakit

Cara atasi gigi berlubang yang sakit bisa dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dikenal memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri. Kandungan dalam lidah buaya bisa menetralkan email gigi yang telah rusak. Anda hanya perlu memisahkan daging lidah buaya dengan kulitnya. Lalu anda hanya tinggal mengaplikasikannya pada gigi yang berlubang.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak

Cara mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak bisa menggunakan merica. Merica tak hanya bisa digunakan sebagai penyedap pada makanan. Namun, juga digunakan untuk mengatasi gusi bengkak yang diakibatkan karena gigi yang telah berlubang. Merica memiliki kandungan analgesik, antiinflamasi dan antibakteri yang bisa menyembuhkan sakit gigi anda. Anda tinggal mengombinasikan garam dan merica pada segelas air hangat dan menggunakannya untuk berkumur. Selain itu, anda bisa memilih belimbing wuluh untuk mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang. Asam pada belimbing wuluh memiliki kandungan antibakteri. Anda tinggal menumbuk belimbing wuluh dan mengoleskannya pada gusi dan gigi yang sakit.

Solusi gigi berlubang sakit, cara mengatasi gigi bolong yang sakit

Solusi gigi berlubang sakit, cara mengatasi gigi bolong yang sakit bisa menggunakan daun sirih. Daun sirih telah terbukti sejak jaman dahulu untuk menguatkan gigi dan mengobati pendarahan gusi. Sirih memiki kandungan antiseptik alami yang dapat mengobati gigi yang bolong dan gusi bengkak. Orang-orang tua zaman dahulu sudah terbiasa mengunyah sirih untuk mencegah atau mengatasi masalah gigi. Anda hanya perlu mengunyah daun sirih secara langsung. Anda juga bisa menumbuk daun sirih dan mencampurkannya dengan air hangat lalu menggunakannya untuk berkumur-kumur.

Selain itu, anda dapat memilih asam jawa untuk menyembuhkan rasa sakit yang anda derita. Asam jawa dianggap memiliki antiseptik alami. Anda hanya perlu menempelkan asam jawa pada gigi yang bolong. Anda bisa juga memilih serai untuk mengobati sakit gigi. Serai dapat mencegah gusi bengkak akibat gigi berlubang. Anda tinggal merebus serai dengan air hangat. Lalu anda bisa berkumur-kumur dengan air serai tersebut.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada ibu hamil

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada ibu hamil haruslah berhati-hati. Karena apabila memilih bahan atau obat yang tidak tepat dapat membahayakan janin di dalam rahim sang ibu. Anda dapat melakukan langkah sebagai berikut:

  • Obat kumur yang mengandung antiseptik

Anda bisa memilih Obat kumur yang mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri dan kuman pada gigi. Dokter biasanya akan meresepkan benzocaine untuk mengobati jamur penyebab gigi berlubang. Namun dalam penggunaanya tidak boleh dalam jangka waktu yang panjang. Hindari menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan alkohol.

  • Hindari makanan manis dan tinggi kabohidrat

Ibu hamil sebaiknya menghindari makan-makanan yang terlalu manis dan mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan kedua jenis makanan itu mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat merusak gigi ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya memilih cemilan dan makanan yang sehat seperti sayur atau buah.

Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang yang sakit

Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang yang sakit? Jawabannya sangat mudah, anda bisa memilih Thyme untuk menyembuhkan nyeri pada gigi anda. Thyme memiliki kandungan utama timol yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Menggunakannya pun sangat mudah, anda tinggal meneteskan minyak thyme pada kapas lalu mengaplikasikannya pada gigi yang sakit. Atau anda juga bisa meneteskan thyme pada segelas air hangat dan menggunakannya untuk berkumur-kumur. Dengan demikian akan meredakan sakit gigi yang anda derita.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang saat hamil

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit tidak boleh dilakukan dengan sembarangan terutama saat hamil. Anda mungkin baru mengetahui jika susu memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang dapat menguatkan dan menghentikan pendarahan gusi. Anda hanya perlu mengonsumsi susu sebanyak dua kali sehari saat gusi dan gigi sakit atau berdarah. Setelahnya anda dapat menggosok gigi agar bekas susu tidak menimbulkan plak pada gigi. Selain itu, anda juga bisa menggunakan buah delima untuk mengatasi gigi berlubang di saat hamil. Buah delima terkenal dengan kandungan antibakterinya. Kandungan tersebut dapat mencegah plak dan menjaga kesehatan gigi. Anda hanya perlu berkumur-kumur menggunakan buah delima secara rutin. Atau juga bisa mengonsumsi jus buah delima tanpa menambahkan gula di dalamnya.

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit bisa dengan melakukan langkah-langkah yang telah disampaikan di atas. Anda tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut minim efek samping. Anda pun dapat melakukannya di rumah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Namun, apabila sakit gigi berlangsung lebih dari dua minggu ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.