20 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Sakit dengan Cara Alami

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit dapat menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar anda. Gigi berlubang biasanya sering diderita oleh anak kecil, namun orang dewasa juga bisa menderita masalah gigi berlubang. Anda tak perlu khawatir karena masalah ini merupakan sakit yang umum terjadi. Akan tetapi bukan berarti penyakit gigi ini bisa disepelekan. Sebab sakit gigi yang berlubang bisa menyebabkan penyakit lainnya. Bahkan bisa memunculkan komplikasi penyakit yang serius. Hal tersebut dikarenakan gigi berlubang bisa memicu terjadinya infeksi pada bagian jaringan lainnya yang ada pada tubuh anda. Hal yang ditakutkan bisa terjadi infeksi pada organ tubuh penting lainnya. Sehingga ada baiknya sakit karena gigi berlubang segera diobati.

1 Cara mengatasi gigi berlubang sakit saat mengunyah
1.4 Rutin memeriksa kesehatan gigi anda
1.4.1 Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak
1.4.1.2 Mengonsumsi bubur

Cara mengatasi gigi berlubang sakit saat mengunyah

Cara mengatasi gigi berlubang sakit saat mengunyah dapat anda lakukan sebagai berikut:

  • Mengubah kebiasaan saat makan

Anda bisa mengurang dan mengatasi sakit gigi berlubang dengan cara mulai mengubah kebiasaan buruk saat makan ataupun makanan apapun yang biasanya anda makan. Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengganti makanan yang anda konsumsi sehingga dapat mengurangi proses pembusukan gigi. Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk membantu memperkuat gigi. Anda bisa mengonsumsi keju, yoghurt dan susu. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan.

  • Mengunyah permen karet

Cara ini dianggap paling mudah anda lakukan. Dengan mengunyah permen karet bisa mengatasi masalah gigi yang berlubang. Anda hanya perlu memilih permen karet yang tidak memiliki kandungan gula di dalamnya. Anda bisa memilih permen karet yang memiliki kandungan xylitol yang berguna sebagai pemanis yang alami. Mengonsumsi permen karet tidak memicu tumbuhnya bakteri dan kuman dan mulut seperti saat mengonsumsi makanan. Bahkan permen karet dinilai bisa membantu tubuh untuk memproduksi air liur lebih banyak. Dengan demikian sisa makanan yang ada pada area mulut bisa dibuang.

  • Mengganti sikat gigi anda

Memilih bulu sikat gigi yang benar bisa membantu anda mengobati sakit karena gigi berlubang. Apabila bulu pada sikat gigi anda jarang anda ganti ditakutkan akan memicu kerusakan sehingga membuat kotoran tidak dibersihkan secara benar. Anda juga harus memperhatikan pemilihan ukuran pada sikat gigi. Jangan memilih sikat gigi yang terlalu besar. Namun, pilihlah sikat gigi yang memiliki ukuran sedang atau kecil. Perhatikan juga bulu sikat gigi anda, lihat apakah bulu sikat gigi anda bisa menjangkau hingga bagian paling dalam. Dengan demikian tidak akan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi anda.

  • Rutin memeriksa kesehatan gigi anda

Agendakan untuk melakukan pemeriksaan rutin terkait kesehatan area mulut anda terutama kesehatan gigi dan gusi. Terlebih saat anda sedang menderita sakit karena gigi yang berlubang. Dengan demikian jika anda rutin memeriksakan kesehatan gigi anda maka akan semakin awal untuk mencegah terjadinya infeksi pada area mulut. Terutama pada bagian gigi dan gusi, sebab bakteri dan kuman sangat mudah berkembang di area gigi dan gusi.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak dapat anda lakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi sup

Saat anak anda mengalami sakit karena gigi berlubang maka nafsu makan pun hilang. Sakit dan rasa nyeri membuat nafsu makan pada anak anda menurun. Dengan demikian, sebaiknya anda menyediakan makanan yang lembut sehingga saat mengonsumsinya tidak akan terlalu menyakitkan. Anda bisa menjadikan sup sebagai pilihan makanan yang sangat aman dan bisa membuat gigi yang sakit tidak ngilu. Anda bisa memasukkan kaldu dan sayuran yang lembut untuk memberikan asupan gizi dan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Anak anda akan lebih terbantu saat mengonsumsi sup sebab tidak merasa nyeri karena sup memiliki tekstur lembut dan mudah dikonsumsi.

  • Mengonsumsi bubur

Makanan yang satu ini sangat mudah dicari. Bubur menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa anda pilih untuk dikonsumsi saat sedang sakit gigi karena berlubang. Sama halnya dengan sup, bubur memiliki tekstur yang lembut sehingga bisa memudahkan anak anda untuk mengunyah dan mengosumsinya. Selain itu, bubur juga memiliki tekstur yang lembut namun tetap mengenyangkan. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak akan kekurangan sumber energi saat sakit gigi karena berlubang. Anda bisa mengonsumsi bubur sebanyak tiga kali selama sehari untuk meringankan rasa nyeri dan sakit. Anda bisa memilih bubur ayam ataupun bubur kacang hijau atau bubur dengan sayuran. Hindari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula terlalu banyak dan terlalu panas karena bisa menambahk nyeri pada gigi yang berlubang.

Cara mengatasi gigi yang sakit karena berlubang

Cara mengatasi gigi yang sakit karena berlubang dapat anda atasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Salah satu penyebab gigi berlubang adalah karena kurangnya asupan harian vitamin D anda. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada gigi anda. Kalsium dan fosfat pada vitamin D bisa membantu menguatkan gigi sehingga bisa mencegah terjadinya gigi berlubang. Anda bisa memperoleh vitamin D dengan cara berjemur setiap hari dan minum susu tinggi kalsium.

Cara mengatasi gigi berlubang biar tidak sakit

Cara mengatasi gigi berlubang biar tidak sakit yakni dengan cara mengonsumsi oatmeal. Oatmeal bisa menjadi pilihan makanan yang aman untuk anda konsumsi saat sakit gigi karena berlubang. Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat yang sangat sehat dan bisa diolah menjadi energi pada tubuh anda. Selain itu, oatmeal dipercaya memiliki kandungan serat, kalsium, mineral, nutrisi, vitamin A dan vitamin D yang bisa membantu anda untuk memulihkan gigi yang sakit. Oatmeal memiliki tekstur yang lembut dan juga lunak sehingga memudahkan anda untuk mengunyah saat kondisi sakit gigi yang berlubang. Mengonsumsi oatmeal bisa mencukupi asupan nutrisi yang akan diubah menjadi energi pada tubuh anda.

Cara mengatasi sakit gigi pada gigi berlubang

Cara mengatasi sakit gigi pada gigi berlubang dapat anda lakukan dengan cara mengonsumsi teh yang mengandung peppermint. Namun jangan langsung membuang bekas teh peppermint tersebut. Anda bisa memanfaatkannya dengan menjadikan obat sakit gusi akibat gigi yang berlubang. Teh peppermint memiliki kandungan yang bisa membantu menenangkan nyeri pada gusi anda yang mengalami bengkak. Anda bisa memasukkan bekas kantong teh peppermint terlebih dahulu ke kulkas. Kemudian, anda bisa mengompreskannya pada bagian gusi yang merasa nyeri tersebut.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tumbuh daging

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tumbuh daging dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Menggunakan lemon

Anda bisa memanfaatkan lemon sebagai obat yang manur untuk menyembuhkan sakit gigi yang tengah berlubang. Lemon memiliki kandungan asam yang bersifat akali yang alami. Hal tersebut membuat pH asam yang ada di dalam mulut menjadi lebih seimbang. Lemon juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa membunuh bakteri jahat yang menyebabkan gigi anda menjadi berlubang. Anda hanya perlu memeras lemon dan mencampurkannya dengan air hangat. Lalu anda bisa berkumur-kumur menggunakan air lemon tadi secara rutin untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab gigi anda menjadi berlubang.

  • Menggunakan jambu biji

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan gigi anda. Daun jambu biji memiliki kandungan antibakteri yang bermanfaat untuk merawat kesehatan pada gigi anda. Selain itu, daun jambu biji juga memiliki kandungan yang bersifat analgesik dan antiinflamasi yang bisa membantu kesembuhan sakit gigi berlubang anda. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji. Anda juga bisa merebusnya dan mencampurkan dengan air hangat. Kemudian kumur-kumur menggunakan air daun jambu biji tersebut secara rutin agar segera sembuh.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang dan goyang

Cara mengatasi sakit gigi berlubang dan goyang dapat diatasi dengan bahan alami sebagai berikut:

  • Jeruk nipis

Anda bisa menjadikan jeruk nipis sebagai bahan alami untuk menyembuhkan sakit gigi yang berlubang. Jeruk juga memiliki kandungan asam seperti lemon yang baik untuk kesehatan area mulut anda. Jeruk memiliki kandungan antibakteri dan kuman yang bisa menyembuhkan sakit gigi anda terutama jika disebabkan adanya bakteri jahat. Anda hanya perlu memeras jeruk nipis dan mencampurkannya menggunakan air hangat. Kemudian kumur-kumur dengan air jeruk nipis tersebut secara rutin.

  • Belimbing wuluh

Kandungan asam yang terdapat pada belimbing wuluh memiliki manfaat untuk mengatasi bakteri dan kuman penyebab sakit gigi. Anda hanya perlu menghaluskan belimbing wuluh dan pilih belimbing wuluh yang belum matang. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada area gigi yang terasa nyeri. Lakukan dengan rutin agar sakit gigi segera sembuh.

  • Daun sirih

Anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi sakit karena gigi berlubang dan goyang. Daun sirih sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk menyembuhkan sakit gigi yang berlubang dan goyah. Bahkan orang jaman dulu sering mengunyah sirih untuk menguatkan giginya. Daun sirih dipercaya bisa menguatkan gigi, memusnahkan bau mulut, menghentikan keluarnya darah pada gusi serta menjadi antiseptik yang alami untuk sakit gigi anda. Anda hanya perlu mengunyah sirih atau juga bisa dengan cara merebus daun sirih. Lalu camprukan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan secara rutin untuk mempercepat kesembuhan sakit gigi anda.

Mengatasi gigi bolong yang sakit

Mengatasi gigi bolong yang sakit dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Asam jawa

Anda bisa memilih asam jawa sebagai obat untuk menyembuhkan sakit gigi anda. Asam jawa merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antiseptik yang alami. Hal tersebut bisa membantu kesembuhan sakit gigi yang anda alami. Anda hanya perlu menyangrai asam jawa dan langsung menempelkannya pada bagian gigi berlubang yang nyeri.

  • Cengkeh

Cengkeh juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi yang berlubang. Kandungan eugenol yang ada pada cengkeh bisa membantu anda untuk meredakan rasa nyeri hebat akibat sakit gigi yang berlubang. Namun dalam mengonsumsinya harus dalam batas wajar. Sebab mengonsumsi eugenol yang berlebihan bisa merusak syaraf anda dan justru membuat nyeri semakin hebat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cengkeh sudah digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi yang berlubang sejak jaman dahulu. Minyak cengkeh bisa meredakan sakit gigi dan bisa mengatasi peradangan pada gusi. Anda hanya perlu meneteskan minyak cengkeh pada selembar kapas untuk mengatasi nyeri dan sakit pada gigi yang berlubang. Namun, anda tidak boleh menggunakan cengkeh yang utuh, cengkeh bubuk ataupun kapas di area sakit dalam waktu yang lama.

Cara alami mengatasi gigi berlubang yang sakit

cara mengatasi gigi berlubang yang sakit bisa menggunakan bahan alami. Cara alami mengatasi gigi berlubang yang sakit sebagai berikut ini:

  • Menjauhi asam fitat

Asam fitat ada dalam kacang merah dan juga sereal. Saat gigi anda tengah berlubang, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam fitat karena sudah terbukti dapat memperparah kerusakan pada enamel gigi anda. Sehingga ada baiknya anda menjauhi makanan-makanan yang dapat memperparah sakit gigi berlubang anda. Contohnya saja seperti kacang merah, kacang haricot, kacang pinto, kacang broad, gandum hitam dan jagung.

  • Mengonsumsi kentang rebus

Saat mengalami sakit gigi yang berlubang sebaiknya memilih makanan yang empuk seperti kentang yang direbus. Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk anda konsumsi saat sakit gigi berlubang. Anda bisa merebus kentang dan memberikan penyedap rasa dalam jumlah sedikit. Kentang memiliki kandungan zinc dan zat besi yang membantu mengatasi nyeri dan sakit pada gigi yang berlubang.

Cara mengatasi gigi yang berlubang dan sakit

Cara mengatasi gigi yang berlubang dan sakit dapat anda lakukan dengan cara berikut:

  • Telur

Anda bisa mengonsumsi telur saat mengalami sakit gigi yang berlubang. Telur bertekstur lembut sehingga aman untuk anda konsumsi dengan kondisi gusi yang meradang. Telur juga memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, mineral, omega 3 dan vitamin. Kandungan-kandungan tersebut bisa membantu memulihkan sakit karena gigi yang berlubang. Anda bisa mengolah telur menjadi berbagai jenis makanan yang menyehatkan sehingga bisa mengembalikan nafsu makan yang hilang karena nyeri gigi.

  • Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi pilihan makanan yang enak dan aman untuk anda konsumsi saat sakit gigi. Yoghut memiliki kandungan bakteri yang baik. Sehingga bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan bisa anda konsumsi baik sehat ataupun sakit. Namun anda harus memilih yoghurt yang tidak memiliki kandungan pemanis buatan. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi dan mengompresnya menggunakan air dingin.

Cara menangani gigi berlubang yang sakit

Cara menangani gigi berlubang yang sakit dapat anda lakukan dengan langkah berikut:

  • Pasta

Makanan yang satu ini bisa menjadi makanan yang aman dikonsumsi bagi anda yang sedang merasakan sakit gigi berlubang. Pasta memiliki tekstur yang lembut dan kaya akan kandungan karbohidrat yang tinggi. Terlebih pada pasta yang terbuat dari gandum. Pasta jenis satu ini memiliki kandungan lemak yang rendan dan kandungan nutrisi yang tinggi. Tekstur lembut dari pasta bisa mudah anda cerna saat tengah merasakan nyeri pada gigi anda yang berlubang.

  • Smoothies

Tak hanya makanan, anda juga bisa mengonsumsi smoothie yang memiliki tekstur lembut dan bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Namun, anda tidak boleh memasukkan tambahan pemanis buatan ataupun membuat smoothie dalam keadaan dingin. Karena hal tersebut bisa membuat gigi berlubang anda semakin terasa sakit. Kandungan nutrisi yang ada di dalam smoothies bisa mencukupi asupan gizi harian yang dibutuhkan dalam tubuh. Sehingga meskipun sedang sakit gigi anda tetap bisa mengonsumsi asupan yang tinggi akan nutrisi. Anda bisa mencampurkan berbagai sayuran dan buah seperti brokoli, pisang, alpukat, stroberi dan bluberry. Anda juga bisa menambahkan yoghurt tawar untuk membuat rasa smoothies semakin enak. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi protein bisa membantu mempercepat kesembuhan sakit gigi anda.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang parah

Cara mengatasi sakit gigi berlubang parah dapat anda lakukan dengan cara berikut:

  • Menghindari makan manis

Saat anda tengah mengalami sakit gigi yang berlubang sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Anda bisa mengalihkan camilan manis menjadi mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mempercepat kesembuhan sakit gigi anda.

  • Menggunakan pasta gigi yang berfluoride

Saat anda sedang mengalami sakit gigi yang berlubang sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung pasta gigi berfluoride. Kandungan tersebut bisa membantu meremineralisasi enamel pada gigi anda. Dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride bisa menanggulangi gigi sakit yang berlubang. Sehingga anda harus rutin menyikat gigi dengan benar.

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit secara alami

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit secara alami dapat anda lakukan dengan langkah berikut:

  • Berkumur-kumur

Anda dapat melakukan langkah yang sangat mudah ini. Berkumur-kumur bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada bagian gusi yang bengkak akibat gigi berlubang. Anda bisa memilih obat kumur yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri untuk meringakan bengkak pada gigi. Anda juga bisa membuat obat kumur sendiri, yakni dengan mencampurkan air hangat dengan garam. Lakukan kumur-kumur menggunakan air garam ini secara rutin setiap hari.

  • Jangan mengunyah

Saat gigi berlubang anda terasa nyeri, ada baiknya kurangi kegiatan sering mengunyah. Bagian gusi yang bengkak akibat gigi berlubang akan semakin sakit jika digunakan untuk sering mengunyah. Makanan yang masuk ke celah gigi berlubang dan tidak tersentuh saat menyikat gigi bisa menambah gigi semakin sakit karena bakteri menyukai hal tersebut. Jangan lupa untuk selalu menyikat gigi secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi anda.

 

Cara menghilangkan gigi berlubang yang sakit

Cara menghilangkan gigi berlubang yang sakit bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang cair

Saat sedang sakit gigi berlubang jangan mengonsumsi makanan yang keras. Konsumsilah makanna yang lembut atau cair. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi nasi tim ataupun bubur. Anda juga bisa mengonsumsi jus buah agar tetap sehat.

  • Mengompres menggunakan es

Bagi anda yang sedang merasakan nyeri karena gigi yang berlubang dapat mengompres menggunakan es sebagai cara mudah untuk meringankan sakit gigi yang berlubang. Anda juga bisa mengompres menggunakan es saat menderita gusi bengkak. Anda hanya perlu menaruh es batu pada kain dan menempelkannya pada bagian yang sakit. Hal tersebut dipercaya sebagai anastesi alami yang bisa membuat area gigi yang sakit menjadi mati rasa. Sehingga, gigi berlubang tidak akan terasa sakit.

Cara mengobati sakit gigi berlubang gusi bengkak

Cara mengobati sakit gigi berlubang gusi bengkak dapat dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit pada gigi yang berlubang. Dari jaman dahulu bawang putih sudah digunakan untuk mematikan bakteri yang menjadi penyebab munculnya plak pada gigi. Selain itu, bawang putih bisa meredakan rasa nyeri pada gigi yang berlubang. Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih hingga berbentuk pasta. Lalu aplikasikan pada area yang nyeri. Anda juga bisa mengombinasikannya menggunakan sedikit garam.

Penyebab gigi lubang sakit

Penyebab gigi lubang sakit diantaranya karena jarang menggosok gigi. Menggosok gigi merupakan cara terpenting yang bisa anda lakukan untuk merawat kesehatan gigi anda. Bagi anda yang jarang menggosok gigi anda bisa membuat sisa-sisa makanan menjadi menumpuk dan bisa menempel pada gigi anda. Kondisi seperti itu jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan munculnya karang gigi dan plak. Bakteri dapat mudah berkembang di bagian yang menumpuk pada karang di gigi anda sehingga membuatnya susah menghilang. Bakteri pada karang gigi tersebut bisa membuat gigi lama-lama menjadi busuk dan berlubang. Mengonsumsi minuman yang bersoda juga bisa memicu erosi pada bagian gigi anda. Asam pada minuman soda bisa merusak bagian pelindung terluar gigi anda. Jika enamel gigi tersebut rusak akan membuat gigi mudah berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang pada malam hari

cara mengatasi sakit gigi berlubang pada malam hari dapat anda lakukan dengan cara berikut:

  • Menggunakan ekstrak vanilla

Ekstrak vanila dipercaya bisa meringankan nyeri pada gigi yang berlubang. Ekstrak vanila memiliki kandungan vanila yang bisa mengatasi sakit gigi anda. Ekstrak vanila juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa menghilangkan nyeri pada sakit gigi yang berlubang. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak vanila pada kapas dan menempelkannya pada bagian yang sakit.

  • Menggunakan thyme mouthwash

Kandungan thyme mempunyai sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat mengatasi sakit gigi. Anda hanya perlu mengoleskan tetesan minyak thyme mouthwash pada kapas dan mengaplikasikannya pada bagian gigi yang sakit.

Cara mengatasi gigi berlubang agar tidak sakit

Cara mengatasi gigi berlubang agar tidak sakit dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Memijat menggunakan aloevera

Kandungan antibakteri pada lidah buaya bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi agar tidak berujung pada kerusakan gigi anda. Anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya pada bagian gigi berlubang yang terasa nyeri. Lalu berisi sedikit pijatan yang lembut. Lakukan secara rutin agar cepat sembuh.

  • Menggunakan cuka apel

Cuka apel dipercaya memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur-kumur agar sakit gigi reda. Anda juga bisa meneteskan cuka apel pada kapas lalu mengaplikasikannya pada bagian gigi yang terasa nyeri.

Cara mengatasi sakit gigi yang bolong

Cara mengatasi sakit gigi yang bolong yang terakhir dapat anda lakukan dengan menggunakan oil pulling. Larutan tersebut juga dikenal dengan nama ayurveda. Minyak ayurveda tersebut berasal dari kombinasai minyak kelapa dan minyak wijen yang bersifat antibakteri. Anda bisa memasukkan minyak tersebut. Gunakan untuk berkumur dan muntahkan jangan sampai tertelan. Minyak tersebut dipercaya dapat menyembuhkan gigi yang berlubang dan memusnahkan plak yang ada pada gigi. Bahkan minyak ayurveda bisa membuat gigi anda terlihat cerah.

Cara mengatasi gigi berlubang di atas dapat anda coba untuk mengatasi sakit gigi yang berlubang. Menghindari makanan dan minuman yang bisa memperparah kondisi sakit gigi yang berlubang bisa mempercepat kesembuhan sakit gigi anda. Apabila sakit gigi yang berlubang tak kunjung sembuh, anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter.

Leave A Reply

Your email address will not be published.