17 Cara mengatasi ketombe yang berlebihan dan Membandel

Cara mengatasi ketombe yang berlebihan sering membuat seseorang pusing. Masalah ketombe menjadi permasalahan sejuta umat. Ketombe dengan penanganan yang kurang tepat tentunya tidak akan menghilangkan ketombe dari kulit kepala anda. Anda perlu mencoba segala cara untuk dapat menghilangkan ketombe yang membuat gatal kulit kepala anda. Tak hanya selalu menggunakan shampo yang tepat. Ketombe dapat diatasi dengan menggunakan beberapa cara atau beberapa bahan alami yang dapat anda temukan di rumah. Sebab bila tidak segera ditangani, ketombe yang terasa gatal membuat anda harus menggaruknya. Jika anda menggaruk terlalu sering, kulit kepala anda dapat terluka dan bisa terkena infeksi.

Cara mengatasi ketombe yang berlebihan

Cara mengatasi ketombe yang berlebihan dapat anda lakukan dengan cara berikut:

Anda dapat mencuci rambut anda dengan rutin untuk menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala. Terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit kepala yang berminyak. Mencuci rambut anda dengan rutin dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang ada di kulit kepala anda.

  • Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil memiliki manfaat untuk menghilangkan pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Campurkan shampo dengan tea tree oil untuk menghilangkan ketombe. Anda juga dapat mencampurkan lidah buaya dengan tea tree oil dan mengaplikasikannya di kulit kepala anda. Namun, sebelum menggunakannya anda dapat mengaplikasikannya sedikit di bagian kulit tangan untuk mengetahui apakah anda mengalami alergi atau tidak.

  • Mengoleskan minyak kelapa

Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengaplikasikannya pada kulit kepala anda dan mendiamkannya beberapa menit. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Minya kelapa dapat  membuat kulit kepala anda lebih lembab.

Cara mengatasi ketombe yang membandel

Anda tak perlu lagi khawatir untuk mengatasi permasalahan ketombe yang tidak kunjung usai. Anda tidak perlu keramas setiap hari karena dapat membuat rusak rambut. Anda hanya perlu memilih bahan dan cara yang tepat untuk mengatasi ketombe yang membandel. Cara mengatasi ketombe yang membandel dapat menggunakan baking soda. Anda tentu belum tahu jika baking soda dapat digunakan sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Baking soda bekerja dengan cara mengelupas ketombe pada kulit kepala anda. Selain itu, baking soda dapat menghilangkan sel kulit mati serta mengurangi minyak pada kulit kepala anda. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan sedikit air dan mengaplikasikannya pada kulit kepala anda. Namun anda tidak perlu menggunakannya dengan shampo.

 

Cara menghilangkan ketombe berlebihan

Cara menghilangkan ketombe berlebihan tak perlu lagi menggunakan shampo atau obat mahal. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah dan dengan cara yang mudah pula. Simak beberapa cara berikut:

  • Cuka apel

Kandungan asam dan enzim yang dapat membunuh bakteri serta jamur dapat menghilangkan sumbatan yang ada di pori-pori kulit anda. Cuka apel juga dapat membuat pH kulit anda menjadi lebih seimbang. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air dan mengaplikasikannya pada rambut, lalu menutup kulit kepala anda menggunakan handuk. Lakukan cara ini minimal dua kali selama seminggu.

  • Lidah buaya

Bahan yang satu ini memang sudah dikenal sangat bermanfaat untuk kulit kepala. Lidah buaya memiliki kandungan kalsium, fosfor, lemak, protein, zat besi, vitamin C, A dan B1. Lidah buaya tak hanya dapat mencegah rambut rontoh dan menghitamkan rambut. Namun juga dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda.

  • Daun sirsak

Anda tentu belum tahu jika daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan keluhan ketombe. Daun sirsak memiliki kandungan acetogenim yang dapat membunuh racun dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan tersebut juga memusnahkan ketombe di kepala anda.

Mengatasi ketombe berlebihan

Cara mengatasi ketombe yang berlebihan dapat menghilangkan ketombe yang bersarang di kulit kepala anda. Mengatasi ketombe berlebihan di kulit kepala anda dapat dilakukan dengan cara yang mudah bahkan dapat anda lakukan di manapun dan kapanpun. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan ketombe berlebih:

  • Jeruk nipis

Anda mungkin baru mengetahui manfaat jeruk nipis yang dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda. Kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis vitamin c, B5, B3, B2 B1, lemak, serat, kalsium, zat besi, kalium, seng, gula, asam sitrat dan fosfor. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dapat bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda.

  • Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon memiliki kandungan yang dapat mencegah kerontokan dan ketombe pada rambut. Anda hanya perlu mengiris lemon tipis-tipis dan mengoleskannya pada kulit kepala anda.

  • Minyak kemiri

Minyak kemiri terkenal sebagai bahan yang dapat digunakan untuk menyuburkan rambut anda. Namun tahukah anda, jika minyak kemiri juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe yang membandel. Penggunaan minyak kemiri pada rambut pun tidak akan berefek merusak rambut anda.

Penyebab dan cara mengatasi ketombe

Penyebab dan cara mengatasi ketombe memiliki banyak faktor. Penyebab ketombe dapat disebabkan oleh dermatitis seboroik, yakni kondisi yang ditandai dengan kulit kepala yang berminyak dan memerah. Selain itu, anda juga harus rajin mencuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan ketombe. Malassezia merupakan salah satu jamur yang hidup di kulit kepala dan dianggap normal. Namun apabila keberadaanya dalam jumlah yang sangat banyak, jamur ini mengakibatkan penumpukan asam lemak dan membuat peradangan. Hal tersebutlah yang kemudian memunculkan ketombe pada kulit kepala. Terakhir, pada orang yang mengidap penyakit tertentu seperti HIV dan parkinson akan mudah terkena ketombe karena imun tubuh yang buruk.

Anda dapat mengatasi ketombe dengan melakukan manajemen stres. Seseorang yang memiliki stres berlebih akan menghasilkan hormon yang dapat membuat ketombe muncul. Rajin-rajinlah mencuci rambut dengan shampo dan kondisioner untuk menjaga kulit rambut agar tetap sehat. Terakhir anda dapat memulai juga dengan menyisir rambut dengan baik dan hati-hati. Hal tersebut berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit pada kepala dan melancarkan peredaran darah. Sehingga ketombe di rambut anda dapat teratasi.

 

Cara mengatasi ketombe berlebihan

Cara mengatasi ketombe berlebihan dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan seperti berikut:

  • Minyak zaitun
  • Minyak almond
  • Bawang merah

Selain bahan di atas, anda juga bisa memilih garam untuk mengusir ketombe di kulit kepala. Anda hanya perlu menaburkan garam dan menggosokkannya secara perlahan pada kulit kepala. Kemudian cuci menggunakan shampo dengan bersih. Selain garam, gunakan ramuan tomat untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala anda. Tomat dipercaya dapat mengembalikan pH alami kulit anda. Anda hanya perlu menghancurkan tomat dan mencampurkannya dengan minyak kelapa lalu mengoleskannya pada kulit kepala.

 Cara menghilangkan ketombe yang berlebihan

Cara menghilangkan ketombe yang berlebihan juga dapat dimulai dengan cara paling sederhana yakni:

  • Mengubah pola makan

Makanan yang anda konsumsi juga menjadi penyebab ketombe bersarang di kepala anda. Makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dapat membuat penumpukan glikogen dan menjadikannya jamur penyebab ketombe.

  • Eksfoliasi kulit kepala

Eksfoliasi kulit kepala anda menggunakan asam salisilat untuk memusnahkan sel-sel kulit mati. Terapkan metode ini dua kali dalam seminggu dalam kondisi rambut basah.

  • Gunakan hair oil mask

Anda dapat menggunakan hair oil mask untuk membuat produksi minyak di kepala lebih seimbang. Mengoleskan hair oil mask di kulit kepala dipercaya dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda.

Cara mengatasi ketombe kering

Cara mengatasi ketombe kering dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan probiotik. Probiotik memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh dapat emlawan infeksi jamur yang menjadi penyebab ketombe. Anda dapat memperoleh probiotik dari tempe, asinan kubis, kombucha dan kimchi. Selain itu, anda juga dapat menggunakan minyak sereh yang mengandung antimikroba untuk menghilangkan ketombe. Anda hanya perlu mengkombinasikan minyak sereh dengan shampo atau kondisioner dan memijatnya secara perlahan. Lakukan minimal 2 kali selama seminggu.

cara mengatasi ketombe yang berlebihan seperti di atas diharapkan mampu membasmi ketombe pada kulit kepala anda. Mengusir ketombe memang susah-susah gampang. Semua kembali lagi pada kondisi kulit kepala anda. Anda harus menemukan bahan dan cara yang cocok untuk membasmi ketombe tersebut. Namun dalam pemakaiannya tetap harus memperhatikan kondisi kulit kepala anda masing masing. Semoga  mendapatkan hasil yang sesuai keinginan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.